Pendaftaran SNMPTN 2018/2019

www.snmptn.ac.id 2018 -- PMB Jalur SNMPTN Undangan, Pendaftaran SNMPTN Online, Persyaratan Pendaftaran SNMPTN, PDSS SNMPTN, Jadwal Pelaksanaan SNMPTN, Info Pendaftaran SNMPTN, Panduan Pendaftaran SNMPTN, Pendaftaran Online SNMPTN, Tata Cara Mendaftar SNMPTN, Jalur Seleksi Nasional (SNMPTN), Jalur Undangan (SNMPTN), Jalur Tanpa Tes Tertulis (SNMPTN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran SNMPTN 2018/2019. Informasi ini diberikan sebagai panduan untuk anda yang akan melakukan serangkaian proses pendaftaran SNMPTN. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Banyak sekali jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh suatu Perguruan Tinggi Negeri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut diantaranya adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB, jalur mandiri PTN, dan lain sebagainya.

Semua jalur yang dibuka tersebut bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru sehingga akan diperoleh mahasiswa baru yang memiliki kualitas baik.

SNMPTN merupakan salah satu jalur yang banyak dikenal dikalangan pelajar, guru, mahasiswa, ataupun dosen sebagai jalur undangan seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Banyak sekali siswa yang berharap untuk dapat mengikuti seleksi SNMPTN. Namun mereka terkendala masalah prestasi.

Mengapa demikian?

Ya karena SNMPTN ini diperuntukkan hanya bagi mereka (siswa-siswi) yang memiliki prestasi akademik yang tinggi di suatu Sekolah dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut di setiap semester. Untuk siswa-siswa yang demikian itu, maka memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi SNMPTN.

Jika anda bukanlah siswa atau siswa yang memiliki prestasi yang tinggi, maka anda tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN. Namun anda dapat mengikuti jalur seleksi lainnya, yaitu jalur SBMPTN atau jalur mandiri PTN.

Ada beberapa kelebihan dari jalur SNMPTN ini yaitu :

* Seleksi SNMPTN dilakukan tanpa ujian tertulis. Peserta SNMPTN tidak akan diuji melalui soal-soal, karena seleksinya didasarkan pada prestasi calon peserta yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang relevan.

* Biaya seleksi SNMPTN gratis. Mengapa gratis? karena biaya seleksinya telah ditanggung oleh Pemerintah sehingga dengan gratis ini dapat meringankan pengeluaran biaya pendaftaran.

* Bagi calon peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu serta berprestasi tinggi, maka dapat mengajukan pendaftaran untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi.

* Kuota Penerimaan jalur SNMPTN paling banyak dari jumlah kuota seluruh penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri. Dengan demikian, maka dapat diketahui bahwa penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN ini memberikan kuota paling banyak sehingga peluang untuk diterima di PTN lebih besar dari jalur lainnya.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh SNMPTN, maka dapat menjadi motivasi tersendiri bagi yang mengikutinya agar bisa lulus seleksi.

Jika anda termasuk siswa-siswi yang berprestasi tinggi, maka daftarkan diri anda mengikuti seleksi SNMPTN. Namun harus diketahui bahwa siswa-siswi yang akan mendaftar SNMPTN harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Kepala Sekolah akan menentukan siswa-siswi yang mana yang akan didaftarkan mengikuti seleksi SNMPTN. Siswa-siswi tersebut tentunya adalah siswa-siswi yang berprestasi tinggi di Sekolah yang dilihat dari prestasi-prestasi yang diraih di setiap semester serta dilihat juga dari nilai rapor.

Penyelenggaraan SNMPTN memiliki 2 tujuan, yaitu :
  1. Memberikan kesempatan kepada siswa SMA, MA, SMK, termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri untuk memperoleh pendidikan tinggi
  2. Memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik tinggi

Itulah tujuan dari penyelenggaraan SNMPTN. Untuk mewujudkan itu, maka pelaksanaan SNMPTN harus dapat terlaksana sebaik mungkin dan memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Ada beberapa ketentuan yang harus dipahami ketika akan mendaftar SNMPTN. Ketentuan tersebut diperuntukkan bagi sekolah dan juga bagi siswa calon peserta SNMPTN. Berikut informasinya

A. Ketentuan Umum Pendaftaran SNMPTN
  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

        B. Persyaratan Pendaftaran SNMPTN

        Ada beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi ketika akan mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNMPTN. Persyaratan tersebut diperuntukkan bagi Sekolah dan juga bagi siswa. Berikut informasinya.

        1. Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
        1. Sekolah jenjang SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN
        2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. 

        2. Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa

        Calon peserta adalah Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun ini yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :
        1. Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
          • Akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
          • Akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
          • Akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
          • Belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya
        2. Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
        3. Siswa memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (untuk SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
        4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN

              Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi oleh siswa dan sekolah yang akan mendaftar SNMPTN. Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran di atas, maka anda dapat melakukan pendaftaran SNMPTN seperti tata cara yang admin berikan berikut ini.

              C. Tata Cara Pendaftaran SNMPTN

              Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui tiga tahapan. Tahap pertama yaitu pengisian PDSS oleh kepala sekolah dan verifikasi oleh siswa. Tahap kedua yaitu pemeringkatan oleh panitia. Tahap ketiga yaitu pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa. Cara pendaftarannya dijelaskan selengkapnya berikut ini.

              1. Pengisian PDSS oleh Kepala Sekolah
              1. Kepala Sekolah mengakses alamat pengisian data PDSS, yaitu pdss.snmptn.ac.id
              2. Kepala Sekolah melakukan pengisian data sekolah dan data siswa pada PDSS dengan klik "halaman sekolah".
              3. Setelah selesai mengisi data-data pendaftaran, maka akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa.
              4. Kepala sekolah memberikan NISN dan Password kepada masing-masing siswa.
              5. Siswa login ke alamat pdss.snmptn.ac.id dan memilih "halaman siswa"
              6. Login menggunakan NISN dan Password dari Kepala Sekolah untuk melakukan verifikasi data pendaftaran yang telah diisi sebelumnya oleh Kepala Sekolah.
              7. Jika siswa tidak melakukan verifikasi data, maka data tersebut dianggap benar.
              8. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN secara online
              Baca panduan selengkapnya :

              2. Pemeringkatan

              Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN selain telah didaftarkan di PDSS juga harus dapat memenuhi standar Pemeringkatan yang ditentukan oleh Panitia. Panitia Pusat melalui sistem membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut :
              1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
                • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
                • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
                • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktek Kejuruan).
              2. Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan Panitia Pusat, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2018

              3. Pendaftaran SNMPTN Oleh Siswa Calon Peserta SNMPTN
              1. Siswa mengakses alamat pendaftaran SNMPTN online, yaitu web.snmptn.ac.id
              2. Siswa login ke alamat tersebut menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah.
              3. Ketika sudah login, siswa harus mengisi biodata lengkap, memilih PTN, memilih program studi, serta mengunggah pas foto berwarna sesuai dengan ketentuan.
              4. Khusus untuk siswa yang mendaftar pada program studi olahraga dan seni, diwajibkan untuk mengupload portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang dimiliki yang telah disyahkan oleh kepala sekolah sesuai dengan pedoman yang ada di www.snmptn.ac.id
              5. Setelah semua data terisi lengkap dan benar, cetaklah kartu tanda peserta SNMPTN
              Baca panduan selengkapnya : Pendaftaran Web SNMPTN ac id

              Tambahan : bacaan khusus untuk peserta yang memilih program studi bidang olahraga dan seni : Portofolio Seni dan Keolahragaan SNMPTN

              Itulah cara-cara yang dapat dilakukan ketika mendaftar SNMPTN secara online. Seperti yang disebutkan di atas, bahwa ketika siswa mendaftar SNMPTN, maka siswa akan dimita untuk mengisi data pilihan PTN dan program studinya.

              Baca informasi selengkapnya : Cara Mendaftar SNMPTN

              Pada saat memilih  PTN dan program studinya, maka anda harus memperhatikan ketentuan yang berlaku sehingga tidak salah dalam menentukan pilihan. Berikut informasinya.

              D. Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi pada SNMPTN
              1. Setiap pendaftar paling banyak bisa memilih dua PTN yang diinginkan. Jika pendaftar memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada satu propinsi dengan Sekolah asal. Jika pendaftar memilih satu PTN, maka PTN yang diinginkan bisa di propinsi manapun.
              2. Setiap siswa pendaftar paling banyak bisa memilih tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi.
              3. Khusus untuk siswa SMK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan saja

              Dengan adanya ketentuan tersebut, semoga bisa menjadi panduan anda ketika memilih PTN dan program studinya.

              Ketika telah mendaftar, maka peserta akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan program studi. Jika tidak lulus di PTN pertama, maka akan diseleksi di PTN kedua (bagi yang memilih 2 PTN) yang disesuaikan dengan uritan program studi.

              Ada beberapa kriteria yang menjadikan dasar penentuan kelulusan jalur penerimaan SNMPTN. Anda perlu mengetahuinya agar dapat memprediksikan sendiri hasil seleksi SNMPTN. Berikut informasinya.

              E. Kriteria Penerimaan SNMPTN

              Peserta diterima di PTN, jika:
              1. Lulus satuan pendidikan;
              2. Lulus SNMPTN 2018; dan
              3. Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

                    Itulah kriteria penerimaan SNMPTN. Jika anda ingin lulus SNMPTN, maka harus memenuhi kriteria penerimaan tersebut. Selanjutnya baca informasi mengenai tahapan seleksi SNMPTN.

                    F. Tahapan Seleksi SNMPTN

                    Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
                    • Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi,
                    • Pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN 1 maka akan diseleksi di PTN 2 berdasar urutan prodi dan ketersediaan daya tampung.

                    Selanjutnya anda perlu mengetahui jadwal pelaksanaan SNMPTN. Berikut informasinya.

                    G. Jadwal Resmi Pelaksanaan SNMPTN
                    • Jadwal pelaksanaan SNMPTN dapat anda baca pada artikel yang berjudul Jadwal SNMPTN dan SBMPTN. Silahkan kunjungi artikel tersebut.
                    Selanjutnya anda perlu mengetahui tentang biaya pendaftaran SNMPTN.

                    H. Biaya Pendaftaran SNMPTN

                    Biaya SNMPTN yang pada mulanya diisukan dibayar oleh calon peserta, pada kenyataannya sekarang telah diumumkan bahwa biaya SNMPTN adalah gratis karena biaya tersebut telah ditanggung oleh pemerintah.

                    Selanjutnya untuk melengkapi informasi anda, maka anda perlu mengetahui informasi tentang daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam SNMPTN. Berikut informasi selengkapnya.

                    I. Daftar PTN pada SNMPTN

                    Itulah daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam SNMPTN tahun ini. Silahkan pilih Perguruan Tinggi Negeri yang anda minati dan pilihlah program studi yang sesuai dengan kemampuan anda.

                    Ada sedikit cerita berkaitan dengan pemilihan PTN dan program studinya : Pada beberapa tahun lalu, ada seorang calon mahasiswa yang mendaftar di suatu Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN. Setelah diseleksi, Ia dinyatakan lulus SNMPTN. Namun setelah sekitar 2 semester berjalan, mahasiswa tersebut mengalami kendala dan mengeluh dikarenakan program studi yang dipilihnya tidak sesuai harapan.

                    Ia lulus seleksi untuk program studi pilihan kedua, sebenarnya ia berharap untuk lulus dengan program studi pilihan pertamanya. Namun karena banyaknya persaingan, Ia dinyatakan lulus untuk program studi pilihan kedua.

                    Pada saat pendaftaran SNMPTN, Ia menentukan pilihan program studi yang kedua ini dengan sembarangan. Ternyata pada saat pengumuman Ia dinyatakan lulus untuk program studi yang kedua, sehingga Ia mengalami banyak kendala dalam menjalai perkuliahannya.

                    Dari cerita tersebut, admin memberikan saran kepada calon peserta SNMPTN yang akan mendaftar, pilihan PTN sesuai keinginan anda, serta pilih Program studi pilihan pertama, kedua, atau ketiga yang sesuai dengan kemampuan dan minat anda agar ketika lulus SNMPTN nantinya dapat menjalani perkuliahan dengan lancar dan menyenangkan.

                    Informasi Tambahan

                    Pendaftaran Bidikmisi Jalur SNMPTN

                    Bagi calon peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta berprestasi tinggi, maka dapat mengajukan pendaftaran bantuan dana pendidikan yang disebut Bidikmisi.

                    Peserta yang akan mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya peserta akan mendapatkan kode akses pendaftaran Bidikmisi.

                    Gunakan kode akses tersebut untuk melakukan pendaftaran Bidikmisi melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi SNMPTN telah dijelaskan pada artikel tersendiri dengan judul Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN

                    Silahkan Baca Juga Jalur Undangan Lainnya :

                    Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran SNMPTN. Semoga infomasi tersebut dapat menjadi acuan bagi anda saat mendaftar SNMPTN.

                    Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi melalui jalur SNMPTN dan nantinya dapat menjalani perkuliahan di PTN pilihan anda dengan enjoy. Admin mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia infopmb.com yang setiap hari selalu berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel.

                    Semoga informasi yang dimuat di web ini semuanya dapat bermanfaat bagi anda. Mari kita sama-sama berdoa semoga impian kita untuk sukses sejak muda dapat terkabulkan. Amin.

                    Silahkan bagikan (G+1) atau share (fb) informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan agar mereka juga dapat memperoleh informasi dengan cepat dan tepat. Terima kasih.