Pendaftaran UIN Raden Fatah 2017/2018

www.radenfatah.ac.id 2017 -- PMB UIN Raden Fatah, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah, Pendaftaran UIN Raden Fatah Online, Pendaftaran Online UIN Raden Fatah, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah, Panduan Pendaftaran UIN Raden Fatah, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UIN Raden Fatah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UIN Raden Fatah 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UIN Raden Fatah Palembang.

http://www.infopmb.com/

Palembang adalah Ibukota dari provinsi Sumatera Selatan. Di Palembang terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti UNSRI, POLSRI, Poltekkes Palembang, dan UIN Raden Fatah.

UIN Raden Fatah adalah salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Palembang yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

UIN Raden Fatah atau yang memiliki kepanjangan nama Universitas Islam Negeri Raden Fatah pada sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang yang kini telah resmi menjadi UIN Raden Fatah

Fakultas dan Program Studi yang telah ada di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah adalah :
  • Fakultas Syari'ah terdiri dari Al-Akhwal al-Syakhsiyah (AS) / Hukum Keluarga, Perbandingan Mazhab dan Hukum (PMH), Jinayah Siyasah (JS) / Pidana dan politik, Mu'amalah (M) / Perdata dan Niaga.
  • Fakultas Tarbiyah terdiri dari Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Jurusan/Program Studi Kependidikan Islam (KI), Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah (PGKMI), Jurusan/Program Studi Bahasa Inggris (PBI), Jurusan / Program studi Tadris / Pendidikan Matematika, Jurusan / Program Studi Tadris / Pendidikan Biologi.
  • Fakultas Ushuluddin. Jurusan Perbandingan Agama (PA), Jurusan Tafsir Hadist (TH), Jurusan Aqidah Filsafat (AF), Jurusan Psikologi Islam (PI).
  • Fakultas Adab terdiri dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam (a) Konsentrasi Ilmu Politik. (b) Konsentrasi Ilmu Perpustakaan.
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) : (a) Konsentrasi Jurnalistik, (b) Konsentrasi Public Relation (humas), Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) (a) Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (kesos), (b) Konsentrasi Konseling Keagamaan. Jurusan Sistem Informasi (SI). Jurusan Jurnalistik.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari Ekonomi Islam (EKI), D3 Perbankan Syari'ah (DPS).
  • Program Doktor terdiri dari Program Studi Peradaban Islam (PI), Pendidikan Agama Islam (PAI),
  • Program Magister/Strata Dua (S2) terdiri dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir (IQT), Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Hukum Tata Negara (HTN), dan Ekonomi Syari’ah (ES)

Dari sejumlah program studi yang ada di UIN Raden Fatah, mungkin saja ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa UIN Raden Fatah.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UIN Raden Fatah, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UIN Raden Fatah untuk menerima calon mahasiswa baru pada tahun ini.

Berikut ulasan selengkapnya mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UIN Raden Fatah. Simak dengan baik.

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah Jalur Seleksi Nasional

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukkan bagi siswa-sisiwi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang berkeinginan untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Meskipun SNMPTN merupakan jalur masuk ke PTN, namun UIN Raden Fatah sebagai PTKIN turut berpartisipasi dalam jalur seleksi SNMPTN ini.

Proses pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui 3 tahapan. Pertama, yaitu pendaftaran sekolah dan siswa di pdss.snmptn.ac.id , tahap selanjutnya aitu Pemeringkatan, dan tahap terakhir yaitu pendaftaran SNMPTN oleh siswa di web.snmptn.ac.id

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, keiteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, pilihan PTN, dan lain sebagainya dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id . Sebelum calon peserta melakukan pendaftaran, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.


Untuk informasi pendaftaran lengkap berupa tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan prodi, dan keterangan lainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

3. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi masuk ke PTN dimana selesinya dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta serta ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang hanya diperuntukan bagi calon peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Untuk informasi lengkap mengenai pendaftaran SBMPTN dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

4. Pendaftaran UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi masuk ke PTKIN dimana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diperuntukkan bagi semua peserta.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id . Keterangan lengkap mengenai pendaftaran UM-PTKIN dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Cara Pendaftaran UM-PTKIN

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah Jalur Seleksi Mandiri

1. Pendaftaran SPMB UIN Raden Fatah

SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah adalaj jalur seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru yang dibuka dan diselenggarakan oleh panitia dari UIN Raden Fatah.

Jalur SPMB ini dapat menjadi alernatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional di atas namun telah dinyatakan tidak lulus pada saat pengumuman, maka jalur SPMB ini bisa menjadi alternatifnya.

Pendaftaran jalur SPMB dapat dilakukan secara online melalui alamat website spmb.radenfatah.ac.id . Silahkan akses alamat tersebut untuk mendaftar dengan melengkap biodata pendaftaran online. Keterangan lain yang anda butuhkan dapat anda baca selengakapnya pada alamat tersebut.

2. Pendaftaran Bidikmisi UIN Raden Fatah

Bagi calon mahasiswa baru UIN Raden Fatah yang berasal dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi.

Pendaftaran dilakukan dengan mengumpulkan berkas-berkas atau persyaratan pendaftaran di Kabag BAA Cq Kasubag Kemahasiswaan. Berkas-berkas atau persyaratan pendaftaran dapat anda lihat di website resmi UIN Raden Fatah di alamat www.radenfatah.ac.id


3. Pendaftaran Program Pascasarjana UIN Raden Fatah

UIN Raden Fatah juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Penerimaan Mahasiswa baru Program Pascasarjana ini dibuka untuk beberapa gelombang. Jadi bagi yang belum mendapatkan kesempatan pada gelombang I, maka dapat mengikuti seleksi paa gelombang berikutnya.

Tempat Pendaftaran / Registrasi Ulang
Gedung Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, Lantai 2 Ruang Administrasi & Keuangan
Jl. Prof. K. H. Zainal Abidin Fikry Km. 3,5 Palembang 30126
Telp. (0711) 353520-354668 Fax. (0711) 353520-356209
Informasi lebih lanjut dapat anda baca melalui alamat website www.pascaradenfatah.ac.id atau dapat menghubungi contact panitia seperti di atas.

Penting!!!
Untuk informasi yang belum dimuat disini maka dapat  anda lihat langsung di website resmi UIN Raden Fatah. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang ada, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN Raden Fatah.


Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UIN Raden Fatah yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua terutama yang sedang membutuhkan informasi ini.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru UIN Raden Fatah. Mari sama-sama berdoa semoga Allah SWT memberikan kemudahan untuk kita dalam meraih kesuksesan semua mungkin. Amin Ya Robbal Alamin.

Mari turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda dan ajak teman anda untuk membaca disini.