Pendaftaran UBT 2018/2019 (Universitas Borneo Tarakan)

www.borneo.ac.id 2018 -- PMB UBT, Pendaftaran UBT Online, Pendaftaran Online UBT, Pendaftaran Mahasiswa Baru UBT, Penerimaan Mahasiswa Baru UBT, Seleksi Mahasiswa Baru UBT, Info Pendaftaran UBT, Cara Pendaftaran UBT, Panduan Pendaftaran UBT, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UBT, Universitas Borneo Tarakan. 2020. 2021.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UBT 2018/2019 (Universitas Borneo Tarakan). Informasi ini ditujukan bagi anda yang berminat untuk kuliah di UBT. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Kalimantan Utara ini merupakan pemekaran di Kalimantan Timur. PTN yang ada di Kalimantan yaitu UNMUL, UBTITK, dan lainnya

UBT atau Universitas Borneo Tarakan adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, tepatnya di Jl. Amal Lama No.1 Tarakan.

Universitas Borneo Tarakan (UBT) telah didirikan pada tanggal 9 Oktober 1999 sebagai Perguruan Tinggi Swasta, kemudian pada 19 November 2010 sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 65 Tahun 2010 bahwa Universitas Borneo Tarakan (UBT) berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Borneo Tarakan (UBT), yaitu :
  • Fakultas Teknik, terdiri dari prodi : S1 Teknik Elektro dan S1 Teknik Sipil.
  • Fakultas Ekonomi, terdiri dari prodi : S1 Ekonomi Pembangunan dan S1 Manajemen.
  • Fakultas Hukum terdiri dari prodi : S1 Ilmu Hukum.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, terdiri dari prodi : S1 Bimbingan Konseling Sekolah, S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, dan S1 Pendidikan Matematika.
  • Fakultas Pertanian, terdiri dari prodi : S1 Agribisnis dan S1 Agroteknologi.
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, terdiri dari prodi : S1 Budidaya Perairan dan S1 Manajemen Sumberdaya Perairan.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan, terdiri dari prodi : D3 Ilmu Keperawatan dan D3 Ilmu Kebidanan
  • Pascasarjana terdiri dari Magister Ilmu Hukum

Dari informasi yang telah diberikan di atas, mungkin saja dapat menambah sedikit informasi untuk anda terutama bagi anda yang ingin kuliah di UBT.

Bagi anda yang ingin kuliah di UBT, maka anda perlu mengetahui beberapa informasi penting, salah satunya yaitu tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UBT.

Pada tahun ini, UBT turut berpartisipasi dalam jalur seleksi nasional dan juga membuka jalur mandiri untuk menerima mahasiswa baru.

Silahkan anda pilih jalur seleksi nasional atau jalur mandiri untuk masuk ke UBT. Admin sarankan agar anda mencoba terlebih dahulu jalur seleksi nasional.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jalur seleksi nasional dan jalur mandiri dapat anda pahami selengkapnya berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UBT Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang adakan oleh Pemerintah. Jalur nasional tersebut yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi. UBT merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur nasional tersebut. Berikut informasinya.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional masuk ke PTN yang ada di Indonesia dimana seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui 3 tahapan. Tahap pertama yaitu pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di alamat pdss.snmptn.ac.id. Tahap kedua yaitu Pemeringkatan, dan tahap ketiga yaitu Pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id , buka disini.

Panduan Pendaftaran SNMPTN, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, pilihan PTN dan program studi, dan informasi penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang merupakan peserta SNMPTN, maka dapat mengajukan diri mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia merupakan jalur seleksi bersama yang dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) untuk semua calon peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk peserta yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan.

Untuk yang berminat mendaftar SBMPTN, maka dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id

Tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel yang telah dirangkum secara khusus tentang SBMPTN yang berjudul Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

Untuk calon peserta SBMPTN yang mengalami kendala dari segi biaya kuliah dan biaya hidup karena berasal dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan diri untuk mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Kekurangan ekonomi bukan menjadi alasan untuk tidak kuliah. Pada saat ini, Pemerintah telah melaksanakan program pemberian bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Program tersebut dikenal dengan nama Program Bidikmisi.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar Bidikmisi harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran. Salah satu persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi yaitu mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, maka selanjutnya dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id lalu pilih menu siswa

Bidikmisi yang dapat diajukan di UBT terdiri dari Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila dibuka, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Untuk lebih jelasanya dapat anda kunjungi website resmi UBT di alamat www.borneo.ac.id

Untuk panduan pendaftaran Bidikmisi, persyaratan lengkap, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran Bidikmisi.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UBT Jalur Nusantara (SPMB)

Pendaftaran UMB-PT

Jalur SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru marupakan jalur seleksi nusantara yang diadakan oleh suatu organ yang disebut dengan P-SPMBN.

P-SPMBN menyelenggarakan 2 jenis seleksi yaitu UMB-PT dan UMB-PTS dan 1 jenis tes yaitu TPBI. UBT merupakan salah satu Universitas Negeri yang tergabung dalam jenis seleksi UMB-PT.

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi merupakan jalur seleksi ujian tertulis masuk ke Perguruan Tinggi Negeri sala satunya yaitu UBT.

Bagi anda yang berminat, silahkan melakukan pendaftaran secara online melalui alamat penerimaan.spmb.or.id , buka disini.

Untuk panduan pendaftaran, biaya pendaftaran, daftar PTN lain pada UMB-PT, lokasi ujian, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UMB-PT atau Pendaftaran SPMB Online.

C. Penerimaan Mahsiswa Baru UBT Jalur Mandiri

Jalur Mandiri merupakan jalur seleksi masuk UBT yang diselenggarakan secara langsung oleh panitia UBT. Berikut informasinya.

1. Pendaftaran PMDK D3 UBT

UBT membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK khusus Program D3 Keperawatan dan Program D3 Kebidanan.

Penerimaan melalui jalur PMDK D3 ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang memiliki nilai raport baik serta memiliki peringkat antara peringkat 1 hingga peringkat 10 di kelas.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap (Form-PD31)
  2. Fotocopy Raport dari semester 1 sampai dengan semester 5 yang dilegalisir Kepala Sekolah
  3. Formulir Biodata Pelamar yang sudah diisi lengkap (Form-PD32)
  4. Rekomendasi dari Kepala Sekolah (Form-PD33)
  5. Bukti pembayaran  (bukti setor) biaya pendaftaran per siswa yang disetor melalui Bank BRI
File Formulir Form-PD31, Form-PD32, dan Form-PD33 dapat didownload di alamat bakk.borneo.ac.id

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar, slahkan menghubungi pihak sekolah untuk melakukan pendaftaran dengan mengirimkan berkas secara kolektif ke BAKK Universitas Borneo Tarakan. 

Informasi lebih lanjut dapat anda tanyakan pada contact person kami yaitu Sdr. Patria Julianto (No. HP : 0811530581), dan Sdri. Yuni Retnowati (No. HP : 08125841544)

2. Pendaftaran Program Pascasarjana UBT

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diloma atau Sarjana, UBT juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Untuk informasi lebih lanjut maka dapat dilihat di alamat bakk.borneo.ac.id

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UBT.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UBT (Universitas Borneo Tarakan). Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Admin selaku pengurus web infopmb.com turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UBT. Terima kasih admin ucapkan untuk anda yang telah membaca artikel ini dan mari rekomendasikan kepada teman-teman untuk membaca informasi di web ini. 

Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Ayo berikan G+1 atau share (fb) artikel ini pada teman-teman lainnya.