Pendaftaran UNILA 2017/2018 (Universitas Lampung)

www.unila.ac.id 2017 -- PMB UNILA, Simanila UNILA, Pendaftaran UNILA Online, Pendaftaran Online UNILA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNILA, Penerimaan Mahasiswa Baru UNILA, Seleksi Mahasiswa Baru UNILA, Info Pendaftaran UNILA, Cara Pendaftaran UNILA, Panduan Pendaftaran UNILA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNILA, Universitas Lampung. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNILA 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam proses pendaftaran mahasiswa baru UNILA. Mari simak selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

UNILA atau Universitas Lampung adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama dan tertua di kota Lampung yang telah didirikan pada tanggal 23 September 1965. UNILA terletak di Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Rajabasa, Bandarlampung, Lampung, Indonesia.

Bagi anda yang tinggal di Lampung, maka tidak perlu kuliah keluar provinsi karena di Lampung telah ada UNILA yang saat ini telah masuk dalam jajaran Universitas ternama di Indonesia.

Pada saat ini telah banyak Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Lampung (UNILA), baik jenjang Diploma, Sarjana, maupun Pascasarjana, berikut info selengkapnya :

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Akuntansi D3, Keuangan, Perbankan & Asuransi D3, Pemasaran D3, Perpajakan D3, Akuntansi S1, Ekonomi Pembangunan S1, Manajemen S1, Akuntansi S2, Ekonomi Pembangunan S2, Manajemen S2, Ilmu Ekonomi S3, Profesi Akuntansi Sp1.
Fakultas Hukum
  • Doktoral Ilmu Hukum S3, Magister Hukum S2, Ilmu Hukum S1,
Fakultas Keguruan Dan ilmu Pendidikan
  • Bimbingan Konseling S1, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S1, Pendidikan Bahasa Inggris S1, Pendidikan Biologi S1, Pendidikan Ekonomi S1, Pendidikan Fisika S1, Pendidikan Geografi S1, Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi S1, Pendidikan Kimia S1, Pendidikan Matematika S1, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah S1, Pendidikan Seni Tari  S1, Pendididikan Bahasa Prancis S1, Pendidikan Anak Usia Dini S1, Pendidikan IPS S2, Teknologi Pendidikan S2, Manajemen Pendidikan S2, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2, Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah S2, Keguruan IPA S2, Keguruan Guru SD S2, Pendidikan Matematika S2, Pendidikan Bahasa Inggris S2, dan Pendidikan Fisika S2.
Fakultas Pertanian
  • Perkebunan D3, Agribisnis S1, Agroteknologi S1, Budidaya Perairan S1, Kehutanan S1, Teknologi Hasil Pertanian S1, Peternakan S1, Teknik Pertanian S1, Magister Agribisnis S2, Magister Agronomi S2, Magister Teknologi Industri Pertanian S2, Manajemen Sumberdaya Alam S2, Magister Ilmu Kehutanan S2, Teknologi Pangan S2, Ilmu Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat S2, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian S2, Agroekoteknologi S2, Doktor Ilmu Pertanian S3
Fakutas Teknik
  • Survai Dan Pemetaan D3, Teknik Mesin D3, Teknik Arsitektur Bangunan Gedung D3, Teknik Elektro S1, Teknik Geofisika S1, Teknik Kimia S1, Teknik Mesin S1, Teknik Sipil S1, Teknik Arsitektur S1, Teknik Geodesi S1, Teknik Informatika S1, Teknik Sipil S2, Teknik Mesin S2
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Sekretaris D3, Hubungan Masyarakat D3, Perpustakaan D3, Ilmu Komunikasi S1, Ilmu Pemerintahan S1, Sosiologi S1, Administrasi Publik S1, Administrasi Bisnis S1, Hubungan Internasional S1, Magister Ilmu Pemerintahan S2, Magister Ilmu Administrasi (FISIP) S2.
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Manajemen Informatika D3, Fisika S1, Kimia S1, Matematika S1, Ilmu Komputer S1, Biologi S1, Ilmu Kimia (FMIPA) S2, Ilmu Biologi (FMIPA) S2, Ilmu Matematika (FMIPA) S2, Magister Fisika S2.
Fakultas Kedokteran
  • Pendidikan Dokter S1

Melihat begitu banyak program studi yang telah ada di UNILA, maka anda memiliki banyak pilihan untuk memilih program studi tentunya yang sesuai dengan minat dan bakat anda.

Jika salah satu program studi yang anda minati ada di UNILA, mari silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNILA.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri anda mejadi calon mahasiswa baru UNILA, tentu saja anda harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNILA.

Seperti tahun sebelumnya, UNILA kembali membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, sedangkan jalur mandiri dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNILA tersebut, maka anda dapat menyimak penjelasannya berikut ini.


A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNILA Jalur Nasional


Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh Pemerintah. Jalur-jalur tersebut terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Jalur SNMPTN dikenal sebagai jalur undangan masuk PTN dan biaya seleksi telah ditanggung oleh Pemerintah. Sedangkan jalur SBMPTN dikenal dengan jalur tertulis dan biaya seleksi ditanggung oleh peserta,

UNILA adalah salah satu Universitas Negeri yang tergabung dalam seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Jadi anda bisa memilih jalur SNMPTN atau SBMPTN jika ingin masuk ke UNILA. Pembahasan mengenai kedua jalur tersebut dapat disimak berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Salah satunya masuk ke UNILA.

Jalur SNMPTN ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang selalu konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester.

Mencermati pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa tidak semua siswa bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN karena hanya siswa-siswi berprestasi yang bisa mengikuti jalur ini. Jadi, suatu kebanggaan tersendiri bagi siswa-siswi yang bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini.

Calon peserta yang ingin mendaftar SNMPTN harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah melakukan pengisian data siswa di PDSS. Selanjunya siswa melakukan verifikasi dengan menggunakan NISN dan password dari Kepala Sekolah. Selanjutnya melakukan pendaftaran SNMPTN secara online melalui alamat www.snmptn.ac.id

Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTN, dan ketentuan lainnya dapat anda baca selengkapnya di Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang merupakan peserta SNMPTN, maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah yang dikenal dengan nama Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi ujian tulis masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Salah satunya adalah masuk ke UNILA.

Jalur SBMPTN dapat diikuti oleh peserta yang telah lulus dari sekolah jenjang SLTA yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir. Calon peserta tidak harus memilih prestasi yang unggul, calon peserta yang tidak memiliki prestasi pun bisa mendaftar jalur SBMPTN ini.

Selain itu, bagi peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN tetapi pada saat pengumuman telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat juga mengikuti jalur SBMPTN.

Melihat banyaknya peserta yang mendaftar, tentunya persaingan akan semakin banyak pula. Maka dari itu, anda harus melakukan persiapan diri sebaik mungkin untuk menghadapi tes dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Calon peserta dapat melakukan pendaftaran SBMPTN secara online melalui alamat pendaftaran..sbmptn.ac.id. Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan,  jumlah pilihan PTN, daftar PTN se-Indonesia, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

Bagi peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial, maka dapat mengajukan diri atas rekomendasi Kepala Sekolah untuk mendapatkan Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Salah satu Program Pemerintah untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga miskin yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi adalah dengan memberikan bantuan biaya pendidikan. Bantuan biaya pendidikan tersebut dikenal dengan nama Bidikmisi.

Calon peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah Kepala Sekolah memberikan rekomendasi, maka peserta akan diberi kode akses pendaftaran. Peserta dapat menggunakan kode akses pendaftaran tersebut untuk melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Jalur penyaluran Bidikmisi di UNILA yang bisa diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, serta Bidikmisi jalur mandiri jika dibuka. Informasi lebih lanjut silahkan baca Pendaftaran Bidikmisi

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNILA Jalur Mandiri

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNILA juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Jalur mandiri UNILA dikenal dengan sebutan Simanila.

Simanila terbagi menjadi 3 jalur, yaitu jalur Simanila Reguler, Simanila Paralel, dan Simanila Vokasi. Selain itu, dibuka pula penerimaan mahasiswa baru program Spesialis & Profesi, jalur PMPAP, dan penerimaan jenjang Pascasarjana. Penjelasan dari masing-masing jalur tersebut akan diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran Simanila Reguler

Simanila Reguler adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana untuk semua program studi di UNILA. Perkuliahan diselenggarakan secara normal dari pagi hingga siang atau sampai sore hari.

Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi tidak lulus, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti jalur Simanila Reguler ini.

2. Pendaftaran Simanila Paralel

Sedikit berbeda dengan Simanila Reguler, bahwa Simanila Paralel dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana pada beberapa program studi tertentu di UNILA. Perkuliahan diselenggarakan mulai dari sore sampai malam hari. Biasanya untuk mahasiswa yang telah bekerja memilih kelas Paralel ini.

3. Pendaftaran Simanila Vokasi

Simanila Vokasi adalah jalur seleksi mandiri untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma 3. Jalur ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada masyaratkat yang putra-putrinya ingin melanjutkan pendidikan lanjut di bidang keterampilan dan kompetensi keahlian khusus.

4. Pendaftaran PMPAP

PMPAP merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan di UNILA. Jalur ini khusus diperuntukkan bagi peserta Lulusan SMA Di Provinsi Lampung yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir.

5. Pendafaran Program Spesialis & Profesi

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Progam Spesialis & Profesi di UNILA, maka anda dapat mengikuti seleksi masuk untuk program tersebut sesuai ketentuan dari UNILA.

6. Pendaftaran Pascasarjana UNILA

UNILA kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana yang terdiri dari Magister (S2) dan Doktor (S3).

Calon peserta yang ingin mendaftar harus membeli PIN di Bank BRI. Saat membeli PIN, anda juga akan mendapatkan KAP (Kode Akses Pendaftar). Gunakan PIN dan KAP tersebut untuk melakukan pendaftaran secara online.


Penting!!!

Untuk informasi selengkapnya mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri UNILA, maka dapat anda lihat di alamat simanila.unila.ac.id . Sedangkan informasi penerimaan program Pascasarjana UNILA dapat anda lihat di pasca.unila.ac.id

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNILA. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan juga bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang tersedia. 

Sekian info dari admin, jangan lupa untuk berkunjung kembali dan semoga kita bisa menjadi orang sukses sejak muda. Amin. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman lainnya.