Pendaftaran Bidikmisi 2016/2017

bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id 2016 -- PMB Jalur Bidikmisi, Pendaftaran Bidikmisi Online, Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Ristek Dikti, Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN / SBMPTN / PMDK-PN / UT / ISI / Jalur Mandiri PTN-PTS, Pendaftaran Bidikmisi Siswa / Sekolah, Bidikmisi Ristek Dikti.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Bidikmisi 2016/2017. Dengan adanya informasi yang admin sampaikan ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam mendaftar Bidikmisi. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.


Terkadang mahalnya biaya kuliah bisa menjadi permasalahan bagi seseorang untuk dapat melanjutkan pendidikan ke  Perguruan Tinggi. Berbagai cerita serupa sering terjadi di setiap tahun saat penerimaan calon mahasiswa baru.

Bacalah contoh berikut ini agar dapat menginspirasi anda :
Nando adalah seseorang dari keluarga kurang mampu yang merupakan lulusan dari Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SMA/MA/SMK/MAK). Nando memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke suatu Perguruan Tinggi Negeri yang selama ini diinginkan. Setelah memperoleh informasi dari internet bahwa biaya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri tersebut terasa mahal baginya. Ia akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri tersebut. Mengetahui hal tersebut, maka Kepala Sekolahnya membantunya untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang disebut dengan Bidikmisi. Akhirnya Nando dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri dengan biaya bantuan Bidikmisi.
Dengan adanya informasi tersebut, semoga bagi anda yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, maka dapat melanjutkan pendidikan tersebut dengan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi.

Bidikmisi tersebut nantinya akan diberikan kepada mahasiswa selama menempuh pendidikan secara normal di suatu Perguruan Tinggi. Bidikmisi diberikan selama 4 tahun untuk jenjang Sarjana (S1), dan 3 tahun untuk jenjang Diploma III (D-III).

Bidikmisi ini merupakan program pemerintah yang disalurkan melalui DIKTI untuk mengatasi permasalahan-permasalahan seperti cerita di atas. Semoga dengan Bidikmisi ini dapat meringankan beban biaya pendidikan dan biaya hidup dari seorang mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Bidikmisi diberikan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta.

Ada beberapa jalur penyaluran Bidikmisi yang telah dijelaskan oleh DIKTI, diantaranya yaitu :

1. Bidikmisi SNMPTN

Jika anda ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), serta anda adalah siswa-siswi berprestasi, dan berasal dari keluarga kurang mampu, maka anda bisa mendaftar Bidikmisi SNMPTN.

Ketika anda akan mendaftar Bidikmisi SNMPTN, langkah pertama yaitu anda harus mendaftar Bidikmisi, kemudian anda mendaftar SNMPTN. Informasi lebih jelas telah dibahan pada artikel tersendiri. Silahkan kunjungi artikel Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN.

2. Bidikmisi SBMPTN

Pendaftar Bidikmisi SBMPTN ada 2 yaitu : pendaftar Bidikmisi SNMPTN yang telah dinyatakan tidak lulus seleksi dan pendaftaran Bidikmisi SBMPTN yang baru kali ini mendaftar.

Untuk pendaftar Bidikmisi SNMPTN yang telah dinyatakan tidak lulus seleksi, jika ingin mendaftar Bidikmisi SBMPTN, maka tidak perlu lagi melakukan pendaftaran Bidikmisi karena sudah nama anda sudah terdaftar di Bidikmisi. Langsung saja anda mendaftar SBMPTN menggunakan KAP dan PIN telah diperoleh pada saat pendaftaran Bidikmisi.

Untuk pendaftaran Bidikmisi yang belum pernah mendaftar sebelumnya, maka terlebih dahulu melakukan pendaftaran Bidikmisi dengan memenuhi persyaratan pendaftaran yang ada. Setelah mendaftar Bidikmisi, selanjutnya mendaftar SBMPTN dan kemudian mengikuti ujian seleksi. Jika lulus seleksi SBMPTN, maka selanjutnya panitia Bidikmisi akan melakukan surver ke rumah anda untuk menentukan kelayakan anda dalam mendapatkan Bidikmisi.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Bidikmisi SBMPTN dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN.

3. Bidikmisi PMDK PN

Jika anda ingin kuliah di politeknik negeri, anda siswa-siswi berprestasi, dan berasal dari keluarga kurang mampu, maka anda bisa mendaftar Bidikmisi jalur PMDK PN. Untuk dapat mendaftar Bidikmisi PMDK PN maka anda terlebih dahulu mendaftar Bidikmisi kemudian selanjutnya mendaftar PMDK PN.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Bidikmisi PMDK PN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi PMDK PN.

4. Bidikmisi Jalur Mandiri PTN atau PTS

Selain disalurkan melalui jalur nasional, Bidikmisi juga disalurkan melalui jalur mandiri. Bidikmisi jalur mandiri dibuka oleh PTN dan juga PTS. Hampir semua PTN membuka Bidikmisi jalur mandiri, sedangkan PTS tidak semuanya membuka Bidikmisi.

Informasi lebih rinci mengenai pembahasan Bidikmisi Jalur Mandiri PTN atau PTS dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri.

5. Bidikmisi Universitas Terbuka (UT)

Bagi anda yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Terbuka (UT), maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Bidikmisi UT.

6. Bidikmisi Institut Seni Indonesia (ISI)

Jika anda ingin melanjutkan pendidikan ke Instutut Seni Indonesia namun anda terkendala dalam hal ekonomi, maka anda dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Bidikmisi ISI.

Selain itu, ada pula Bidikmisi untuk Perguruan Tinggi Kegamaam Islam Negeri (PTKIN) yang disalurkan melalui jalur berikut :

1. Bidikmisi SPAN PTKIN

Bidikmisi SPAN-PTKIN diberikan untuk siswa-siswi berprestasi dari lulusan Sekolah Tingkat Atas yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Kegamaam Islam Negeri (PTKIN) namun terkendala masalah ekonomi. Maka calon mahasiswa yang demikian itu dapat mendaftarkan diri mengikuti Bidikmisi SPAN-PTKIN.

2. Bidikmisi UM PTKIN

Bidikmisi UM-PTKIN sama seperti pada Bidikmisi SPAN-PTKIN. Bedanya yaitu pada Bidikmisi UM-PTKIN bahwa calon peserta yang mendaftar tidak harus memiliki kemampuan akademik yang tinggi.

3. Bidikmisi Jalur Mandiri PTKIN

Selain Bidikmisi PTKIN jalur nasional seperti Bidikmisi SPAN-PTKIN dan Bidikmisi UM-PTKIN, ada pula Bidikmisi Jalur Mandiri PTKIN. Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi Bidikmisi PTKIN jalur nasional tetapi tidak lulus, maka dapat mendaftar Bidikmisi jalur mandiri.
Sebagai tambahan informasi yaitu Bidikmisi PTKIN adalah Bidikmisi yang disalurkan oleh Perguruan Tinggi Kegamaam Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia yang diberikan untuk calon mahasiswa miskin berprestasi yang ingin kuliah di PTKIN. Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi PTKIN dapat anda lihat langsung di website resmi masing-masing PTKIN.

Itulah beberapa jalur penyaluran Bidikmisi yang dapat anda pilih sesuai keinginan anda tentunya disesuaikan dengan ketentuan dan persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan.

Untuk dapat mendaftar Bidikmisi, maka anda harus dapat memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan. Berikut persyaratan pendaftarannya.

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016
  2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi.
  3. Usia maksimal pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    1. PTN dengan pilihan seleksi masuk :
      • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
      • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
      • Seleksi Mandiri PTN
    2. Politeknik, UT, dan ISI
    3. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Setelah anda dapat memenuhi persyaratan pendaftaran di atas, maka selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran bidikmisi yang dapat dilakukan secara online ataupun offline. Disini akan dijelaskan tata cara pendaftaran Bidikmisi yang dilakukan secara online.

Bagi anda yang tidak terbiasa dengan dunia online, terutama pendaftaran online, mungkin anda merasa kesulitan dalam hal melakukan proses pendaftaran secara online. Untuk itu, disin admin akan memberikan penjelasan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran Bidikmisi secara online. Berikut informasinya untuk anda.

Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi secara Online

Tata cara berikut diberikan untuk Kepala Sekolah dan juga untuk siswa calon peserta Bidikmisi.

Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi Online Oleh Kepala Sekolah
  1. Kepala Sekolah membuka alamat resmi pendaftaran Bidikmisi pada link berikut ini : http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/
  2. Kepala Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi Bidikmisi dengan login ke alamat tersebut untuk melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
  3. Setelah mendapatkan Kode Akses Sekolah, kemudian Kepala Sekolah kembali login ke http://bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/ menggunakan NPSN dan Kode Akses Sekolah untuk merekomendasikan peserta Bidikmisi.
  4. Setelah merekomendasikan peserta Bidikmisi, kemudian sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing-masing peserta Bidikmisi.
  5. Masing-masing peserta Bidikmisi akan diberi nomor pendaftaran dan kode akses oleh Kepala Sekolah.
  6. Selanjutnya  peserta Bidikmisi melakukan pendaftaran online Bidikmisi secara mandiri dengan tata cara yang dijelaskan berikut ini.
Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi Online Oleh Calon Peserta
  1. Calon Peserta membuka alamat : http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/
  2. Login ke alamat tersebut menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa yang telah didapatkan dari Kepala Sekolah.
  3. Kemudian calon peserta Bidikmisi mengisi biodata diri dengan lengkap dan benar.
  4. Jika telah selesai dan sesuai dengan identitas diri anda, cetaklah kartu tanda peserta Bidikmisi.
  5. Calon peserta Bidikmisi yang telah melakukan pendaftaran Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur nasional atau jalur mandiri sebagai salah satu syarat Bidikmisi, yaitu mengikuti seleksi Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi PMDK-PN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS. Untuk Bidikmisi PTKIN dapat anda lihat langsung di website masing-masing PTKIN.

Itulah tata cara pendaftaran Bidikmisi secara online yang dapat anda ikuti. Dengan diberikannya tata cara pendaftaran seperti di atas, semoga dapat mempermudah anda dalam melakukan proses pendaftaran online Bidikmisi.

Setelah mendaftar Bidikmisi seperti tata cara di atas, selanjutnya anda harus melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru lainnya, yaitu mengikuti seleksi SNMPTN, SBMPTN, PMDK PN, SPAN PTKIN, UM PTKIN, atau jalur mandiri. Informasi mengenai tata cara pendaftaran jalur-jalur tersebut serta informasi lainnya dapat anda baca pada link yang akan diberikan dibawah postingan ini

Selanjutnya anda perlu melengkapi informasi anda dengan mengetahui jadwal pelaksanaan Bidikmisi. Berikut informasi selengkapnya untuk anda.

Jadwal Pelaksanaan Bidikmisi
  • Pendaftaran Sekolah dilaksanakan pada 1 Februari - 1 September
  • Pendaftaran Siswa dilaksanakan pada 1 Februari - 1 September
  • Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN dilaksanakan pada 25 Februari - 11 Maret
  • Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN dilaksanakan pada 25 Februari - 1 Mei
  • Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN dilaksanakan pada 22 April - 18 Mei
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini tentang Pendaftaran Bidikmisi. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran Bidikmisi secara online.

Admin juga turut mendoakan semoga anda mendapatkan Bidikmisi. Jika anda mendapatkan Bidikmisi, gunakanlah dengan tepat untuk membiayai pendidikan anda dan biaya hidup anda saat menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.

Tidak lupa pula admin infopmb.com mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang anda butuhkan.

Mari kita sama-sama berdoa semoga kita bisa menjadi orang-orang yang berilmu tinggi dan berguna bagi masyarakat. Mari kita gunakan ilmu tersebut untuk meraih kesuksesan semua mungkin. Amin.

Silahkan Baca Juga :
Pendaftaran SNMPTN
Pendaftaran SBMPTN
Pendaftaran SNMPTN Undangan
Pendaftaran SBMPTN Online
Pendaftaran PMDK-PN
Pendaftaran PMDK-PN Online
Pendaftaran SPMB
Pendaftaran SPMB Online
Pendaftaran SPAN-PTKIN
Pendaftaran SPAN PTKIN Online
Pendaftaran UM-PTKIN
Pendaftaran UM-PTKIN Online

Baca Juga Beasiswa Lainnya:
Pendaftaran Beasiswa DIKTI
Pendaftaran Beasiswa LPDP
Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.