Pendaftaran Anggota Polri-Polisi 2018-2019

penerimaan.polri.go.id 2018 -- Pendaftaran Polri / Polisi / Polwan, Pendaftaran Polri Online, Cara dan Syarat Pendaftaran Anggota Polri, Pendaftaran Bintara, Tamtama, Brimob, Akpol, SIPSS, Brigadir Polisi (Pria dan Wanita), Bintara Khusus Penyidik Pembantu, Informasi Penerimaan dan Pendaftaran Anggota Polri, Kepolisian Negara Republik Indonesia. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Anggota Polri 2018-2019. Informasi ini ditujukan bagi anda yang berminat menjadi calon anggota Polri. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Polri atau Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Kepolisian yang dimiliki oleh negara Indonesia yang tugas menjaga keamanan dan ketertiban umum, serta tugas-tugas lainya.

Pimpinan tertinggi dalam organisasi Polri yaitu seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia atau disingkat Kapolri

Sejak pertama kali dibentuk, jabatan Kapolri telah mengalami beberapa pergantian. Jabatan Kapolri pertama kali dipegang oleh Komisaris Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo.

Sedangkan untuk Tanda kepangkatan Kepolisian Republik Indonesia, terdiri dari beberapa kepangkatan dari yang terendah hingga tertinggi yaitu seperti berikut ini : Tamtama, Bintara, Bintara Tinggi, Perwira Pertama (Pama), Perwira Menengah (Pamen), Perwira Tinggi.

Dari masing-masing kepangkatan tersebut masih terbagi-bagi lagi, misalnya untuk kepangkatan pada Bintara terdiri dari yang terendah sampai tertinggi yaitu Brigadir Polisi Dua (Bripda), Brigadir Polisi Satu (Briptu), Brigadir Polisi (Brigpol), dan Brigadir Polisi Kepala (Bripka).

Itulah sedikit informasi mengenai Polri. Mudahan-mudahan informasi tersebut dapat menambah wawasan anda dan dapat menambah motivasi anda untuk menjadi calon anggota Polri.

Bagi anda yang berminat untuk menjadi anggota Polri, maka anda dapat mendaftarkan diri anda dan memilih salah satu jenis seleksi anggota Polri yaitu Tamtama Polri, Brigadir / Bintara Polisi, Bintara Khusus Penyidik Pembantu. Akademi Kepolisian (Akpol), dan SIPSS Polri.

Silahkan anda pilih salah satu jenis seleksi calon anggota Polri tersebut dan penuhi persyaratan pendaftaran serta ketentuan pendaftaran yang telah ditetapkan.

Berikut ini admin akan menjelaskan lebih lanjut mengenai jenis-jenis seleksi calon anggota Polri. Simak informasinya dengan baik.

1. SIPSS

SIPSS atau Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana merupakan saah satu jenis keanggotaan Polri dimana untuk penerimaan anggota SIPPS diperuntukkan bagi serendah-rendahnya lulusan Sarjana (S1).

Bagi anda lulusan Sarjana yang berkeinginan untuk menjadi anggota Polri, silahkan anda daftarkan diri anda dan pilih SIPSS.

Untuk informasi lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SIPSS.

2. AKPOL

AKPOL atau Akademi Kepolisian adalah suatu lembaga pendidikan kedinasan yang diselenggarakan oleh Polri yang bertujuan untuk mencetak Perwira Polri melalui pendidikan akademik.

Lama pendidikan AKPOL yaitu 4 tahun dan setelah lulus akan diberi pangkat Inspektur Dua Polisi. Pendekatan pendidikan yang digunakan yaitu melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan.

Penerimaan anggota Polri untuk AKPOL diperuntukkan bagi serendah-rendahnya lulusan jenjang SMA/MA/SMK/sederajat.

Bagi anda yang telah lulus dari jenjang pendidikan tersebut dan memiliki cita-cita untuk menjadi anggota Polri, maka anda bisa mendaftarkan diri dan memilih AKPOL.

Informasi lengkap mengenai AKPOL seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, tahapan seleksi, jadwal, dan informai lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran AKPOL.

3. Bintara Polisi / Brigadir Polisi

Bintara Polisi dikenal juga dengan sebutan Brigadir Polisi. Bintara Polisi merupakan salah satu jenis keanggotaan Polri dimana untuk penerimaan anggota baru diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat.

Bagi anda lulusan jenjang pendidikan di atas dan memiliki minat untuk menjadi calon anggota Polri, maka anda bisa mendaftar dan memilih Bintara Polisi.

Informasi berupa tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran lengkap, jadwal pelaksanaan, tahapan seleksi, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bintara Polisi atau Pendaftaran Brigadir Polri.

4. Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu

Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu adalah Bintara Polri yang bertugas sebagai pelaksana teknis Bidang Reskrim, serta  tugas-tugas lainnya.

Penerimaan calon anggota Polri untuk Bintara Khusus Penyidik Pembantu ini diperuntukkan bagi serendah-rendahnya lulusan Sarjana (S1) untuk program studi tertentu.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda dengan memenuhi semua ketentuan pendaftaran. Informasi lebih lanjut dapat anda baca padaa artikel Pendaftaran Bintara Khusus Penyidik.

5. Pendaftaran Tamtama Polri / Brimob

Tamtama Polri dikenal juga dengan sebutan Brimob. Tamtama Polri merupakan salah satu keanggotaan Polri dimana untuk penerimaan anggota baru diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/ sederajat.

Bagi anda yang ingin menjadi Brimob, silahkan daftarkan diri anda dengan memenuhi persyaratan serta ketentuan pendaftaran Brimob. Informasi lebih lanjut dapat anda baca pada Pendaftaran Tamtama Polri.

Dari sekian banyaknya seleksi calon anggota Polri yang ada, silahkan anda pilih salah satu sesuai dengan keinginan anda dan disesuaikan dengan ketentuan pendaftaran dari jenis seleksi yang akan anda ikuti.

Perlu diketahui bahwa seleksi calon anggota Polri mengunakan sistem gugur. Jadi peserta yang ingin lulus seleksi harus bisa lulus dari setiap tahapan seleksi yang diberikan. Jika satu kali pun tidak lulus seleksi pada tahap tertentu, maka akan dinyatakan gugur.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar harapan anda untuk bisa lulus seleksi calon anggota Polri dapat terkabulkan. Amin.

Untuk melengkapi informasi di atas, silahkan lihat jadwal pendaftaran anggota Polri berkut ini.

Jadwal Pendaftaran Anggota Polri
  • Pendaftaran SIPSS : seiitar bulan Januari atau Februari
  • Pendaftaran Akpol, Bintara Polri, TI dan Musik, Tamtama : sekitar bulan Maret atau April

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Anggota Polri. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua.
Ayo bantu bagikan informasi ini kepada teman lain yang membutuhkan. Caranya tekan tombol G+1 yang tersedia lalu pilih teman anda. *gratis. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.