Pendaftaran UNIMED 2018/2019 (Universitas Negeri Medan)

spmb.unimed.ac.id 2018 -- PMB UNIMED, Pendaftaran UNIMED Online, Pendaftaran Online UNIMED, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMED, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMED, Panduan Pendaftaran UNIMED, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNIMED, Universitas Negeri Medan. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikn informasi tentang Pendaftaran UNIMED 2018/2019 (Universitas Negeri Medan). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai mahasiswa baru UNIMED. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Medan merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. Di Medan banyak didirikan Perguruan Tinggi ternama seperti UIN Sumatera Utara, USU, UNIMED, dan lain-lain.

UNIMED atau Universitas Negeri Medan adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Medan, tepatnya berada di Jl. Pasar V Medan Estate, Kecamatan Medan Tembung.

UNIMED telah didirikan pada tanggal 23 Juni 1963. Moto dari UNIMED adalah "The Character Building University"

Pada saat ini, telah ada beberapa Fakultas dan Program Studi di UNIMED, yaitu :

Program Studi Kelompok Saintek
  • Terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Elektro, Kimia, Biologi, Ilmu Keolahragaan, Matematika, Fisika, Pendidikan Teknik Otomotif, 
Program Studi Kelompok Soshum
  • Terdiri dari Program Studi Pendidikan Sejarah, Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN), Pendidikan Geografi, Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKA), Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Akuntasi, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Tata Rias, Pendidikan Antropologi, Pend. Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Tata Niaga, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Tata Busana.
Program Studi Kelompok Bahasa
  • Terdiri dari Program Studi Pend. Bahasa, Sastra Indonesia & Daerah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Perancis, Pendidikan Bahasa Jerman, Sastra Indonesia, dan Sastra Inggris.

Dari beberapa program studi yang ada di atas, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNIMED dan pilih program studi yang anda minati tersebut.

Pada saat anda ingin melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIMED, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNIMED.

Pada tahun ini, UNIMED kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri.

Jalur seleksi nasional terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB, dan Bidikmisi, sedangkan jalur mandiri dibuka untuk jenjang Pascasarjana. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukkan bagi siswa-sisiwi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi jalur SNMPTN dilakukan dengan berdasarkan pada prestasi-prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor, nilai UN, dan prestasi lainnya yang relevan. Dengan kata lain bahwa seleksi jalur SNMPTN dilakukan tanpa ujian tertulis.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui 3 tahapan. Tahap pertama yaitu pengisian data di PDSS di alamat pdss.snmptn.ac.id oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa. Tahap kedua yaitu pemeringkatan, dan tahap ketiga yaitu pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id

Untuk panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan program studi, dan keterangan penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi calon peserta yang telah lulus dari sekolah 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi jalur SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta, dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang diperuntukkan bagi calon peserta yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan.

Calon peserta dapat melakukan pendaftaran SBMPTN melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Untuk panduan pendaftaran lengkap serta ketentuan-ketentuan SBMPTN dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Pada saat ini, kekurangan ekonomi keluarga tidak menjadi alasan utama untuk tidak kuliah. Pemerintah telah burupaya untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi untuk kuliah dengan cara memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup.

Bagi yang berminat untuk mendaftar, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Selanjutnya calon peserta dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bidikmisi yang dapat diikuti di UNIMED yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila dibuka, akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Untuk lebih jelasnya maka dapat anda lihat langsung di website resmi UNIMED.

Untuk informasi berupa panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan ketentuan lainnya dapat anda baca selengkapnya pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran UMB-PT

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Calon pserta yang berminat dapat melakukan pendaftaran secara online melalui alamat SPMB yaitu penerimaan.spmb.or.id . Silahkan lakukan pendaftaran melalui alamat tersebut.

Untuk informasi berupa tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, lokasi ujian, biaya pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran UMB-PT atau Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran SPMB Online

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNIMED

UNIMED kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka.

Persyaratan Pendaftaran Program Pascasarjana


Untuk Program Magister (S2)

  1. Berkualifikasi Sarjana (S1) sesuai bidangnya, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).
  2. Sehat Fisik dan mental
  3. Lulus ujian Masuk
  4. Mendapat ijin dari atasan (bagi yang sudah bekerja)
Untuk Program Doktor (S3)
  1. Berkualifikasi magister (S2) sesuai dengan bidang studinya, dengan Indeks Prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 (skala 4)
  2. Membuat rencana awal proposal disertasi dalam bahasa indonesia (minimal 8 halaman, kertas kuarto, font Times New Roman 12 dengan spasi 1,5, yang memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teori, kerangka berpikir, dan metodologi penelitian.

Untuk informasi pendaftaran lainnya, maka dapat anda lihat langsung di website resmi Pascasarjana UNIMED pada alamat pps.unimed.ac.id

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ad di website resmi SPMB UNIMED pada alamat spmb.unimed.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UNIMED (Universitas Negeri Medan). Semoga informasi informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin selaku pengurus web infopmb.com mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi ini. Jangan lupa untuk belajar agar keinginan anda dapat terkabulkan. Amin. Ayo berikan G+1 atau share FB.