Pendaftaran UNDIP 2017/2018 (Universitas Diponegoro)

um.undip.ac.id 2016 -- UM UNDIP, PMB UNDIP, Pendaftaran UNDIP Online, Pendaftaran Online UNDIP, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNDIP, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP, Panduan Pendaftaran UNDIP, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNDIP, Universitas Diponegoro. 2019. 2020.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNDIP 2017/2018. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNDIP. Informasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Semarang adalah salah satu kota yang berkembang pesat dan saat ini mendudukan kota terbesar kelima di Indonesia. Di kota Semarang, banyak sekali didirikan Perguruan Tinggi, misanya Perguruan Tinggi Negeri seperti UNDIPUNNES, UIN Walisongo, serta masih banyak Perguruan Tinggi lainnya.

UNDIP atau Universitas Diponegoro adalah Universitas Negeri yang terletak di kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi kampus Universitas Diponegoro (UNDIP) tersebar di Kota Semarang dan Jepara.

Sejarah singkat tentang berdirinya Universitas Diponegoro (UNDIP) yaitu UNDIP didirikan pada 9 Januari 1957 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.

Moto dari Universitas Diponegoro (UNDIP) adalah "Become an excellent research university".

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Diponegoro (UNDIP) yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Kedokteran Umum, Keperawatan, Gizi, Dokter Spesialis, Magister Biomedik, Magister Ilmu Gizi, dan Magister Keperawatan.
  • Fakultas Teknik  terdiri dari Program Studi Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Perancangan Wilayah Dan Kota, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi, dan Teknik Siskom.
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Oseanografi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan, dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Sains dan Matematika terdiri dari Program Studi Matematika (S1, S2), Biologi (S1, S2), Kimia (S1, S2), Fisika (S1, S2), Statistika (S1), Informatika (S1), dan Insel (D3).
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis terdiri dari Program Studi Manajemen (S1 dan S2), IESE (S1), Akuntansi (S1), Doktor Ilmu Ekonomi (S3), MAKSI (S2), dan MIESP (S2).
  • Fakultas Peternakan dan Pertanian. Jurusan Peternakan terdiri dari D3 MUP, S1 Peternakan, S2 MIT, dan S3 DIP. Jurusan Pertanian terdiri dari S1 Agribisnis, S1 Agroekotek, S1 Teknologi Pangan, dan S2 Agribisnis.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum (S1, S2, S3), dan Kenotariatan (S2).
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Magister Susastra (S2), Magister Linguistik (S2), Magister Ilmu Sejarah (S2), Sastra Inggris (S1), Sastra Indonesia (S1), Sejarah (S1), Ilmu Perpustakaan (S1), Sastra Jepang (S1), Antropologi Sosial (S1), Kearsipan (D3), Bahasa Inggris (D3), Perpustakaan dan Informasi (D3), dan Bahasa Jepang (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Doktor Administrasi Publik (S3), Doktor Ilmu Sosial (S3), Magister Ilmu Administrasi (S2), Magister Ilmu Komunikasi (S2), Magister Ilmu Politik (S2), Ilmu Administrasi Publik (S1), Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi (S1), Administrasi Bisnis (S1), Hubungan Internasional (S1). Hubungan Masyarakat (D3), Pertanahan (D3), Keuangan Daerah (D3), Manajemen Pemasaran (D3), Administrasi Perkantoran (D3).
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (S1), Biostatistik dan Kependudukan (S1), Epidemiologi dan Penyakit Tropik (S1), Kesehatan Lingkungan (S1), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (S1), Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (S1), Magister Promosi Kesehatan (S2), Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2), Magister Kesehatan Lingkungan (S2), dan Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat (S3).
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi Psikologi.

Melihat sekian banyaknya program studi yang ada di UNDIP, tentunya akan semakin memudahkan bagi calon mahasiswa baru dalam menentukan pilihan program studi yang ada di UNDIP.

Jika salah satu dari beberapa program studi yang ada di UNDIP tersebut ada yang anda minati, mari silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNDIP tahun ini.

Pada tahun ini UNDIP membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan juga jalur mandiri. Pembahasan selengkapnya mengenai jalur nasional dan jalur mandiri UNDIP dapat anda simak berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselengarakan oleh Pemerintah. Jalur tersebut terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Di UNDIP, kedua jalur tersebut dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1). Jadi bagi anda yang ingin kuliah jenjang Sarjana di UNDIP, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN.

Jalur SNMPTN dikenal dengan sebutan jalur seleksi undangan masuk PTN, dan biaya seleksi telah ditanggung oleh Pemerintah. Sedangkan jalur SBMPTN dikenal dengan sebutan jalur seleksi ujian tulis, dan biaya seleksi ditanggung oleh masing-masing peserta. Berikut informasi selengkapnya.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dari tiap sekolah.

Seleksi jalur SNMPTN didasarkan pada prestasi-prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapot, nilai UN, portofolio, dan prestasi-prestasi lain yang relevan.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui 3 tahapan, yaitu (1) pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) Pemeringkatan, (3) Pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Untuk peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu dan ingin mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah, maka dapat mengusulkan diri atas dasar rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mengikuti seleksi Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis (CBT/PBT) untuk semua peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk peserta yang memilih Progam Studi bidang Keolahragaan atau Seni.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat website resminya yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id. Untuk informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan hal penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

Bagi calon mahasiswa yang dirinya berasal dari keluarga miskin, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah yang disebut dengan Bidikmisi.

Peserta harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mendaftar Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Calon peserta yang ingin mendaftar harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah memperolah rekomendasi, selanjutnya dapat melakukan pendaftaran ke alamat resmi Bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bidikmisi yang dibuka oleh UNDIP yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, serta Bidikmisi jalur mandiri jika dibuka. Untuk lebih jelasanya dapat dilihat di web UNDIP atau baca di Pendaftaran Bidikmisi

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola secara langsung oleh UNDIP. Jalur mandiri UNDIP terbagi menjadi beberapa jalur yaitu UM S1, PSSB D-III, UM D-III, dan UM Pascasarjana. Pembahasan selengkapnya diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran UM S1 UNDIP

UM S1 merupakan jalur seleksi mandiri UNDIP untuk menyeleksi calon mahasiswa baru jenjang Sarjana. Calon peserta harus membayar biaya pendaftaran untuk bisa mengikuti seleksi jalur ini. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

2. Pendaftaran PSSB D-III UNDIP

PSSD atau Program Seleksi Siswa Berpotensi Akademik adalah jalur seleksi undangan untuk siswa-siswi berprestasi untuk kuliah di UNDIP jenjang Diploma III. Seleksi didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki siswa.

3 Pendaftaran UM D-III UNDIP

UM D3 merupaka jalur seleksi masuk program Diploma III UNDIP yang seleksinya dilakukan melalui ujian tes tertulis. Bagi yang telah mengikuti seleksi PSSB D3 tetap tidak lulus atau bagi yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jenjang DIploma III, maka dapat mengikuti seleksi jalur UM D-III

4. Pendaftaran Seleksi Masuk Pascasarjana UNDIP

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana, maka anda bisa memilih UNDIP sebagai kampus tempat anda kuliah. Pendaftaran dibuka dalam 2 gelombang pada Semester Gasal maupun Genap melalui Jalur Ujian Mandiri Pascasarjana UNDIP.

5. Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di UNDIP, maka bisa mengikuti jalur seleksi yang dibuka dimana pendaftaran dilakukan dalam 1 gelombang pada Semester Gasal maupun Genap melalui Jalur Ujian Mandiri PPDS

6. Pendaftaran Program Pendidikan Akuntansi (PPA)

UNDIP juga membuka jalur seleksi bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke Program Pendidikan Akuntansi (PPA) dimana pendaftaran dilakukan dalam 2 gelombang pada Semester Gasal maupun Genap melalui Jalur Ujian Mandiri PPA

Penting!!!
Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran jalur mandiri UNDIP dapat anda baca pada alamat website UNDIP yaitu um.undip.ac.id

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNDIP. Semoga infomasu yang telah admin sampaikan tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua terutama yang ingin kuliah di UNDIP.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNDIP melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel disini.

Sekian info dari admin dan salam sukses. Mari turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat.