Pendaftaran UIN SUSKA 2017/2018 (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)

pmb.uin-suska.ac.id 2017 -- PMB UIN-SUSKA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN-SUSKA, Pendaftaran UIN-SUSKA Online, Pendaftaran Online UIN-SUSKA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN-SUSKA, Panduan Pendaftaran UIN-SUSKA, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PPs UIN-SUSKA, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 2019. 2020.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UIN SUSKA 2017/2018. Informasi ini utamanya ditujukan bagi anda yang ingin kuliah di UIN SUSKA. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Riau adalah Ibukota dari Pekan Baru, Indonesia. Di Riau terdapat beberapa Perguruan Tinggi ternama seperti STAIN Al-Kautsar Bengkalis, Politeknik Negeri Bengkalis, Universitas Riau (UNRI), dan UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA).

UIN SUSKA atau UIN Sultan Syarif Kasim Riau adalah salah satu Perguruan Tinggi berstatus Negeri yang terletak di kota Pekanbaru, tepatnya terletak di Jl. HR. Soebrantas, No. 155, KM. 15, Simpang Baru Panam, Pekanbaru, Indonesia.

Pada mulanya adalah Institut Agama Islam Negeri Sultan Syarif Qasim (IAIN Susqa) Pekanbaru yang didirikan pada tanggal 19 September 1979 yang kini telah berkembang dan diresmikan menjadi Universitas Islam Negeri pada 4 Januari 2005.

Moto yang dimiliki oleh Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-SUSKA) adalah "Change Towards Advance".

Ada beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN SUSKA, yaitu :
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Kependidikan Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPS/Ekonomi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
  • Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum terdiri dari program studi : Akhwalul Syakhsiyah, Muamalah, Jinayah Siyasah, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Ekonomi Islam, Perbankan Syariah (Diploma III), Ilmu Hukum
  • Fakultas Ushuluddin terdiri dari program studi : Akidah Filsafat, Tafsir Hadist, Perbandingan Agama
  • Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi terdiri dari program studi : Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Ilmu Komunikasi, Manajemen Dakwah
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari program studi Teknik Informatika, Teknik Industri, Sistem Informasi, Matematika, Teknik Elektro
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi : Psikologi
  • Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial terdiri dari program studi Manajemen, Manajemen Perusahaan (Diploma III), Akuntansi, Akuntansi (Diploma III), Administrasi Negara
  • Fakultas Pertanian dan Peternakan terdiri dari program studi Agroteknologi, Peternakan
  • Program Pasca Sarjana terdiri dari program studi Pemikiran Islam Asia Tenggara (S2), Pemikiran Modren dalam Islam (S2), Hukum Islam (S2), Pendidikan Islam (S2), Manajemen Pendidikan Islam (S2), Ekonomi Islam (S2), Hukum Islam (S3), Pendidikan Islam (S3).

Dari beberapa program studi yang ada di UIN SUSKA tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Untuk itu, silahkan anda mendaftarkan diri di UIN SUSKA dan memilih program studi yang anda minati tersebut.

Sebelum anda melakukan pendaftaran, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberapa jalur penerimaan mahasiswa abru yang dibuka oleh UIN SUSKA pada tahun ini. Berikut informasinya.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SUSKA Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi yang diselenggarakan secara langsung oleh Pemerintah untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memiliki potensi unggul.

Ada beberapa jalur seleksi nasional yang diikuti oleh UIN SUSKA, diantaranya yaitu sebagai berikut

1. Pendaftaran SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi undangan yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi dari tiap sekolah jenjang SMA / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, dan STAIN yang ada di Indonesia.

Pendaftaran SPAN-PTKIN diawal oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan para siswa terbaiknya ke alamat www.span-ptkin.ac.id. Setelah mendapatkan rekomendasi, kemudian siswa akan diberi kode login untuk melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN juga ke alamat www.span-ptkin.ac.id
Untuk informasi penting lainnya seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal, jumlah pilihan PTKIN dan program studi, dan hal-hal terkait lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN

2. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Bagi yang ingin mendaftar, maka harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka selanjutnya dapat mendaftar SNMPTN secara online ke alamat web.snmptn.ac.idbaca disini.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul  Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

3. Pendaftaran UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur kelanjutan dari jalur SPAN-PTKIN. Apabila anda sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN namun tidak lulus, atau bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN, maka anda masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda secara online ke alamat www.um-ptkin.ac.id Panduan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN

4. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN merupakan jalur kelanjutan dari SNMPTN. Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNMPTN, atau telah mengikuti jalur SNMPTN tetapi tidak lulus, maka dapat mendaftar jalur SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, kriteria penerimaan, biaya, dan lain sebagainya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

5. Pendaftaran Bidikmisi

Salah satu program Pemerintah untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk bisa kuliah yaitu dengan memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang disebut dengan Bidikmisi.

Setiap calon peserta yang berkeinganan untuk mendaftar, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Setelah mendapatkan rekomendasi, maka dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi secara online melalu alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bidikmisi yang dapat diikuti adalah Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, dan apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Info lebih lanjut dapat dilihat di website resmi UIN SUSKA.

Informasi penting lainnya seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan hal terkait Bidikmisi dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SUSKA Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara langsung oleh UIN SUSKA untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Ada beberapa jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh UIN SUSKA, diantaranya yaitu :

1. Pendaftaran Jalur Undangan Mandiri

Jalur Undangan Mandiri merupakan jalur seleksi tanpa tes yang diperuntukan bagi siswa berprestasi dimana sekolah yang dapat mendaftarkan siswa berprestasinya adalah sekolah yang mendapatkan undangan dari panitia UIN SUSKA.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.uin-suska.ac.id . Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca langsung di alamat tersebut.

2. Pendaftaran Jalur Ujian Tulis

Jalur Ujian Tulis adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk UIN SUSKA yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis.

Jalur ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang telah mengikuti seleksi jalur-jalur sebelumya tetapi tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti jalur ujian tulis ini.

Bagi yang berminat, silahkan melakukan pendaftaran secara online ke alamat pmb.uin-suska.ac.id . Informasi lainnya dapat anda baca pada alamat tersebut.

3. Pendaftaran Jalur Pascasarjana

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana di UIN SUSKA, maka anda dapat melakukan pendaftaran ke alamat pmb.uin-suska.ac.id

Ujia yang akan diberikan terdiri dari ujian tertulis dan ujian lisan. Persiapkan diri anda agar siap menghadapi ujian tersebut dan nantinya bisa dinyatakan lulus seleksi masuk Pascasarjana UIN SUSKA.

Demikian informasi tentang Pendaftaran UIN SUSKA. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Jangan lupa untuk berusaha dengan sungguh-sungguh dengan diiringi doa agar keinginan anda untuk bisa lulus seleksi masuk ke UIN SUSKA dapat terkabulkan. Amin.


Cukup sekian informasi dari admin infopmb.com dan semoga kita bisa menjadi orang yang berilmu serta dapat memanfaatkan ilmu tersebut untuk meraih kesuksesan semuda mungkin. Amin.

Ayo berbagi (G+1) informasi ini pada teman lainnya dan jangan lupa pula untuk menyukai halaman web kami. Terima kasih.