Pendaftaran SNMPTN Undangan 2017/2018

www.snmptn.ac.id 2017 -- PMB SNMPTN Undangan, Pendaftaran Jalur Undangan SNMPTN, Pendaftaran SNMPTN Undangan, PMB Jalur SNMPTN, Pendaftaran SNMPTN Online, PDSS SNMPTN, Pendaftaran Maba Jalur SNMPTN, Pendaftaran Online SNMPTN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Undangan, Panduan Pendaftaran SNMPTN Undangan, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran SNMPTN Undangan 2017/2018. Semoga dengan adanya informasi pada artikel yang admin berikan ini dapat membantu anda dalam persiapan pendaftaran SNMPTN. Informasi selengkapnya dapat anda peroleh di dari penjelasan berikut ini.


Ada banyak sekali jalur-jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang dibuka untuk menerima mahasiswa baru setiap tahun ajaran baru. Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut terbagi menjadi jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri.

Saat ini kita ketahui bahwa jalur seleksi nasional terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, sedang jalur mandiri terkadang adapula yang merupakan jalur mandiri undangan lokal dan juga jalur mandiri ujian tertulis.

Dari beberapa jalur yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjaring calon mahasiswa baru yang memiliki kualitas sesuai standar yang ditentukan.

Berbicara mengenai jalur undangan nasional, telah kita ketahui bersama bahwa jalur tersebut dikenal dengan nama SNMPTN.

Mungkin ada yang bertanya " Apa kepanjangan SNMPTN? "

SNMPTN memiliki kepanjangan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Nah, itulah kepanjangan dari SNMPTN.

Dalam beberapa tahun terakhir, SNMPTN menjadi suatu jalur penerimaan mahasiswa baru paling favorit. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya jumlah peserta yang mengalami penambahan disetiap tahunnya.

Untuk tahun 2015 yang lalu, jumlah peserta SNMPTN mencapai 852.093 peserta. Melihat begitu banyaknya peserta yang berminat mengikuti SNMPTN, maka pesaing anda semakin banyak pula. Namun tetaplah menjadi orang yang berjiwa optimis agar tetap membuat diri anda semangat dalam belajar untuk meraih cita-cita.

SNMPTN dikenal sebagai jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Karena memang jalur ini diperuntukkan bagi sekolah-sekolah yang mendapatkan undangan dari panitia SNMPTN.

Sekolah-sekolah yang mendapatkan undangan dari panitia SNMPTN nantinya dapat mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti SNMPTN. Siswa-siswi tersebut tentunya adalah siswa-siswi yang berprestasi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut di setiap semester.

Dari keterangan di atas, dapat diketahui bahwa siswa-siswi yang bisa mengikuti jalur SNMPTN ini adalah siswa-siswi yang berprestasi.

Lalu bagaimana dengan siswa-siswi lainnya yang tidak berprestasi ?

Tenang, untuk siswa-siswi lain yang tidak berprestasi atau yang prestasinya biasa-biasa saja, maka dapat mengikuti seleksi SBMPTN yang pelaksanaannya dilakukan setelah SNMPTN.

Bagaimana untuk siswa-siswi yang telah mengikuti SNMPTN tetapi tidak lulus seleksi?

Untuk siswa-siswi yang telah mengikuti seleksi SNMPTN, namun pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus seleksi, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti jalur seleksi SBMPTN.

Peserta yang mengikuti seleksi SNMPTN akan mendapatkan berbagai kelebihan yang dimiliki jalur SNMPTN, kelebihannya diantaranya yaitu :
  • Biaya pendaftaran SNMPTN adalah gratis karena biayanya telah ditanggung oleh pemerintah.
  • Seleksi dilakukan tanpa ujian tertulis, sehingga tidak membebani peserta untuk mempelajari banyak materi. Namun seleksi dilakukan dengan memberi penilaian terhadap nilai rapor, nilai UN, pertofolio, dan prestasi lainnnya yang relevan.
  • Kuota penerimaan jalur SNMPTN yang mencapai 40% dari jumlah seluruh penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri.
  • Untuk peserta SNMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan pendidikan yang disebut Bidikmisi.
Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki SNMPTN, maka menjadi daya tarik tersendiri bagi para peminatnya, mungkin termasuk anda.

Untuk bisa mendaftarkan diri mengikuti jalur SNMPTN, terlebih dahulu anda harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia SNMPTN. Persyaratan yang diberikan ini diperuntukkan bagi sekolah sebagai pemberi rekomendasi dan bagi siswa sebagai calon peserta SNMPTN. Berikut informasi persyaratan selengkapnya.

A. Persyaratan Pendaftaran SNMPTN

Persyaratan pendaftaran SNMPTN berikut ini diberikan untuk Sekolah dan calon peserta SNMPTN

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
  1. SMA/SMK/MA Negeri ataupun Swasta, termasuk Sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. 
Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa
  1. Peserta adalah siswa SMA/MA/SMK yang akan lulus pada tahun 2017
  2. Memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya
  3. Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  4. Siswa memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (untuk SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  5. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN
Setelah mengetahui informasi persyaratan pendaftaran di atas, maka selanjutnya anda juga perlu mengetahui informasi mengenai ketentuan SNMPTN agar anda lebih memahami tentang SNMPTN. Ketentuan ini telah sesuai dengan yang ada di web SNMPTN. Berikut informasinya untuk anda.

B. Ketentuan Pendaftaran SNMPTN
  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK yang masa belajarnya 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, dan portofolio akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS
Itulah beberapa ketentuan yang perlu anda ketahui agar lebih paham tentang SNMPTN. Setelah mengetahui informasi tersbut, selanjutnya silahkan anda melakukan pendaftaran SNMPTN. Pendaftaran SNMPTN dilakukan oleh pihak Sekolah dan juga oleh siswa calon peserta SNMPTN. Berikut tata cara pendaftarannya.

C. Tata Cara Pendaftaran SNMPTN

Pendaftaran SNMPTN dilakukan online melalui tiga tahapan. Tahap pertama yaitu pengisian data di PDSS oleh kepala sekolah dan verifikasi oleh siswa. Tahap kedua yaitu pemeringkatan. Tahap ketiga yaitu pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa. Berikut Tata Cara Pendaftaran SNMPTN :

1. Pengisian Data di PDSS oleh Kepala Sekolah
  1. Kepala Sekolah membuka alamat pengisian data PDSS, yaitu pdss.snmptn.ac.id , buka disini
  2. Melakukan pengisian data sekolah dan data siswa pada PDSS dengan klik "halaman sekolah"
  3. Setelah selesai mengisi data-data pendaftaran, maka akan mendapatkan Password untuk masing-masing siswa.
  4. Kepala sekolah memberikan password kepada masing-masing siswa.
  5. Siswa login ke alamat PDSS yaitu pdss.snmptn.ac.id , buka disini
  6. Kemudian klik "halaman siswa"
  7. Login menggunakan NISN dan Password dari Kepala Sekolah untuk melakukan verifikasi data pendaftaran yang telah diisi sebelumnya oleh Kepala Sekolah.
  8. Jika siswa tidak melakukan verifikasi data, maka data tersebut dianggap benar.
  9. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN secara online
2. Pemeringkatan

Panitia melakukan pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) pada semester tiga, semester empat dan semester lima. Siswa yang memenuhi standar pemeringkatan tersebut dapat mendaftar SNMPTN.

3. Pendaftaran SNMPTN Oleh Siswa Calon Peserta SNMPTN
  1. Siswa membuka alamat pendaftaran SNMPTN, yaitu web.snmptn.ac.id , buka disini
  2. Siswa login ke alamat tersebut menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah.
  3. Setelah login, siswa harus mengisi biodata lengkap, memilih PTN, memilih program studi, dan lain-lain serta mengunggah pas foto berwarna sesuai dengan ketentuan.
  4. Khusus untuk siswa yang mendaftar pada program studi olahraga dan seni, diwajibkan untuk mengupload portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang dimiliki yang telah disyahkan oleh kepala sekolah sesuai dengan pedoman yang ada di www.snmptn.ac.id
  5. Setelah mengisi semua formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar, cetaklah kartu tanda peserta SNMPTN
  6. Simpan kartu tersebut sebagai bukti bahwa anda adalah peserta SNMPTN.
Itulah cara-cara yang dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk memberikan rekomendasi kepada siswa calon peserta SNMPTN dan juga cara-cara yang dilakukan oleh siswa sebagai calon peserta SNMPTN.

Melihat salah satu langkah pendaftaran yang dilakukan oleh siswa calon peserta SNMPTN yaitu memilih PTN dan program studi. Pada saat memilih kedua pilihan tersebut, terdapat ketentuan yang perlu anda perhatikan agar anda tidak salah dalam menentukan pilihan PTN dan program studinya.

Berikut ini admin akan memberikan ketentuan mengenai jumlah pilihan PTN dan program studi yang dapat anda jadikan acuan ketika mendaftar SNMPTN. Berikut informasinya

D. Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi pada SNMPTN
  1. Setiap calon peserta diperbolehkan memilih maksimal dua PTN yang diinginkan dengan ketentuan :
    • Jika pendaftar memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada satu propinsi dengan Sekolah asal.
    • Jika pendaftar memilih satu PTN, maka PTN yang diinginkan bisa di propinsi manapun.
  2. Setiap calon peserta diperbolehkan memilih maksimal tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi.
  3. Khusus untuk calon peserta lulusan SMK/MAK, hanya diijinkan memilih program studi yang relevan dengan bidang keilmuan sebelumnya
  4. Urutan pilihan menentukan prioritas anda. Jadi letakkanlah pada urutan pertama untuk PTN dan program studi yang paling anda minati
Itulah beberapa ketentuan yang perlu anda perhatikan agar anda tidak salah dalam menentukan jumlah pilihan PTN dan program studinya.

Agar anda dapat memperkirakan kelulusan SNMPTN, maka anda juga perlu mengetahui kriteria apa yang digunakan oleh panitia untuk menentukan kelulusan peserta SNMPTN. Berikut informasinya.

E. Kriteria Penerimaan SNMPTN
  1. Peserta telah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan (SMA/MA/SMK)
  2. Peserta telah dinyatakan lulus seleksi SNMPTN 2017
  3. Peserta telah dinyatakan lulus verifikasi data serta memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi pilihan
Itulah beberapa kriteria yang digunakan oleh panitia SNMPTN untuk menentukan kelulusan peserta SNMPTN. Jika anda dapat memenuhi kriteria kelulusan tersebut, maka anda memiliki peluang yang besar untuk dapat dinyatakan lulus SNMPTN.

Informasi berikutnya adalah tentang tahapan seleksi SNMPTN. Berikut penjelasan selengkapnya.

F. Tahapan Seleksi SNMPTN
  1. Peserta diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi
  2. Peserta yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung
Selanjutnya anda perlu mengetahui informasi penting lainnya berkaitan dengan SNMPTN yaitu jadwal lengkap pelaksanaan SNMPTN. Berikut informasinya.

G. Jadwal Resmi Pelaksanaan SNMPTN 2016 (tunggu update-an 2017)
  • Pengisian dan verifikasi PDSS pada 18 Januari s.d 20 Februari
  • Pendaftaran SNMPTN Online pada 29 Februari s.d 12 Maret
  • Pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN pada 22 Maret s.d 21 April
  • Proses seleksi SNMPTN pada 24 Maret s.d 8 Mei.
  • Pengumuman SNMPTN pada 9 Mei, buka disini
Itulah jadwal pelaksanaan yang dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan SNMPTN tahun ini. Dengan adanya jadwal tersebut, maka anda dapat mengontrol kegiatan pelaksanaan SNMPTN.

Informasi selanjutnya yang perlu diketahui adalah daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lengkap se-Indonesia yang telah tergabung dalam SNMPTN. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah tergabung dalam SNMPTN ini adalah PTN yang telah ditentukan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Berikut informasinya.

H. Daftar PTN pada SNMPTN
  1. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  2. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  3. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Teuku Umar (UTU)
  4. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  5. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Sumatera Utara (USU)
  6. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Samudra (UNSAM)
  7. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Negeri Padang (UNP)
  8. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Andalas (UNAND)
  9. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Riau (UNRI)
  10. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-SUSKA)
  11. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Jambi (UNJA)
  12. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  13. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  14. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Bangka Belitung (UBB)
  15. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Bengkulu (UNIB)
  16. Pendaftaran SNMPTN Undangan Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  17. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Lampung (UNILA)
  18. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN Raden Fatah)
  19. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Indonesia (UI)
  20. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN Jakarta)
  21. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  22. Pendaftaran SNMPTN Undangan Institut Pertanian Bogor (IPB)
  23. Pendaftaran SNMPTN Undangan Institut Teknologi Bandung (ITB)
  24. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  25. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  26. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)
  27. Pendaftaran SNMPTN Undangan UPN Veteran Jakarta (UPNVJ)
  28. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Siliwangi (UNSIL)
  29. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Tanjungpura (UNTAN)
  30. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)
  31. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UINSGD)
  32. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
  33. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  34. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Diponegoro (UNDIP)
  35. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Sebelas Maret (UNS)
  36. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo)
  37. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  38. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Gadjah Mada (UGM)
  39. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN-SUKA)
  40. Pendaftaran SNMPTN Undangan UPN Veteran Yogyakarta (UPNYK)
  41. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Tidar (UNTIDAR)
  42. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  43. Pendaftaran SNMPTN Undangan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  44. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Airlangga (UNAIR)
  45. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Trunojoyo (UTM)
  46. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSBY)
  47. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Negeri Malang (UM)
  48. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Brawijaya (UB)
  49. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang)
  50. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Jember (UNEJ)
  51. Pendaftaran SNMPTN Undangan UPN Veteran Jawa Timur (UPN JATIM)
  52. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Udayana (UNUD)
  53. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Pendidikan Ghanesa (UNDIKSHA)
  54. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Mataram (UNRAM)
  55. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Nusa Cendana (UNDANA)
  56. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Timor (UNIMOR)
  57. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Palangka Raya (UPR/UNPAR)
  58. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)
  59. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Mulawarman (UNMUL)
  60. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Borneo Tarakan (Borneo/UBT)
  61. Pendaftaran SNMPTN Undangan Institut Teknologi Kalimantan (ITK)
  62. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Negeri Makassar (UNM)
  63. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Hasanudin (UNHAS)
  64. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Islam Negeri Aluddin (Alauddin)
  65. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Tadulako (UNTAD)
  66. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Haluoleo (UHO)
  67. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Negeri Gorontalo (UNG)
  68. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Negeri Manado (UNIMA)
  69. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)
  70. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR)
  71. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Sembilan Belas Novembar (USN)
  72. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Pattimura (UNPATTI)
  73. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Khairun (UNKHAIR)
  74. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Cenderawasi (UNICEN)
  75. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Musamus Merauke (UNMUS)
  76. Pendaftaran SNMPTN Undangan Universitas Papua (UNIPA)

Itulah sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dapat anda pilih ketika mendaftar SNMPTN. Anda dapat memilih PTN tersebut saat anda melakukan pengisian data pendaftaran. Pilahlan PTN yang tepat agar anda dapat diterima di PTN tersebut. Selanjutnya anda perlu mengetahui informasi penting selanjutnya yaitu Bidikmisi SNMPTN.

I. Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN

Seperti yang telah dijelaskan di bagian awal bahwa peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, serta berprestasi di Sekolah, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN.

Peserta yang akan mendaftar Bidikmisi Jalur SNMPTN, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, kemudian bisa melakukan pendaftaran Bidikmisi. Bidikmisi jalur SNMPTN selanjutkan kita sebut saja Bidikmisi SNMPTN.

Alur Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN yaitu Kepala Sekolah memberikan rekomendasi untuk calon peserta Bidikmisi SNMPTN dengan mengisi data calon peserta di alamat berikut bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/ dan selanjutnya peserta dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/ . Setelah mendaftar Bidikmisi, maka selanjutnya mendaftar SNMPTN seperti tata cara yang telah dijelaskan di atas.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Bidikmisi SNMPTN seperti tata cara pendaftaran oleh Kepala Sekolah dan siswa peserta Bidikmisi, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, serta ktentuan lainnya telah dijelaskan pada artikel tersendiri. Silahkan kunjungi artikel Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran SNMPTN Undangan. Semoga dengan informasi yang telah admin berikan tersebut dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran SNMPTN.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi SNMPTN dan diterima di PTN pilihan anda. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjungi setia web infopmb.com yang setiap hari selalu berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca informasi pada artikel yang tersedia.

Sebagai penutup, mari kita sama-sama berdoa semoga jalan menuju kesuksesan dapat terbuka selebar-lebarnya dan  kita bisa meraih kesuksesan itu sejak muda. Amin.

Kata bijak hari ini "Mari kita belajar dengan sungguh-sungguh agar hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan kita"

Silahkan Baca Juga Jalur Undangan Lainnya :