Pendaftaran UNSRAT 2018/2019 (Universitas Sam Ratulangi)

www.unsrat.ac.id 2018 -- PMB UNSRAT, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRAT, Pendaftaran UNSRAT Online, Pendaftaran Online UNSRAT,  Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRAT, Panduan Pendaftaran UNSRAT, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNSRAT, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Sam Ratulangi. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNSRAT 2018/2019 (Universitas Sam Ratulangi). Informasi ini ditujukan bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNSRAT. Mari simak informasi selangkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Manado adalah Ibukota dari provinsi Sulawesi Utara. Di Manado terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti UNSRAT, UNIMA, Polimdo, IAIN Manado, Poltekkes Kemenkes Manado, dan lain-lain.

Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) telah didirikan pada tanggal 14 September 1965. Moto yang dimiliki Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) adalah Sitou Timou Tomou Tou.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), yaitu :

Program Diploma dan Sarjana UNSRAT

Fakultas Kedokteran
  • Jurusan Kedokteran Umum terdiri dari program studi Program Pendidikan Dokter, Ilmu Kedokteran Gigi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan.
  • Jurusan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) terdiri dari program studi Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Bedah, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Rehabilitasi Medik.
Fakultas Teknik
  • Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Arsitektur
Fakultas Pertanian
  • Jurusan Budidaya Pertanian terdiri dari Program Studi Agronomi, dan Ilmu Kehutanan
  • Jurusan Tanah terdiri dari Program Studi Ilmu Tanah
  • Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan terdiri dari Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
  • Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian terdiri dari Program Studi Sosial Ekonomi, dan Pertanian / Agrobisnis
  • Jurusan Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Teknik Pertanian, dan Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Peternakan
  • Jurusan Peternakan Produksi terdiri dari Program Studi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak  Sosial Ekonomi Peternakan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan terdiri dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Ilmu Kelautan, Agrobisnis Perikanan
  • Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan terdiri dari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Fakultas Ekonomi
  • Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, International Business Administration, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Keuangan perbankan, Manajemen koperasi, Manajemen parawisata.
Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Jurusan Sosiologi terdiri dari Program Studi Sosiologi
  • Jurusan Ilmu Komunikasi terdiri dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Perpustakaan .
  • Jurusan Ilmu Administrasi terdiri dari Program Studi Administrasi Negara, Administrasi Niaga
  • Jurusan Ilmu Pemerintahan terdiri dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik.
  • Jurusan Antropologi terdiri dari Program Studi Antropologi
Fakultas Sastra
  • Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sejarah Sejarah, dan Sastra Jerman
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Farmasi, Biologi, Fisika, Kimia, Matematika
Program Magister UNSRAT
  • Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, Linguistik, Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah, Ilmu Pangan, Ilmu Peraira, Entomolog, Agronomi, Ilmu Hukum, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, dan Magister Arsitektur
Program Doktor UNSRAT
  • Entomologi, Linguistik, Ilmu Hukum, dan Ilmu Kelautan

Itulah informasi pembuka tentang Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat menambah wawasan yang telah anda miliki sebelumnya.

Dari informasi di atas khususnya mengenai program studi yang ada di UNSRAT, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNSRAT pada tahun ini.

Anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNSRAT perlu mengetahui informasi penting mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNSRAT pada tahun ini.

Pada tahun ini, UNSRAT kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UNSRAT Seleksi Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi yang diselengarakan oleh Pemerintah. Jalur-jalur tersebut terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi.  Berikut penjelasan selangkapnya.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi dimana seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa.

Proses pendaftaran dilakukan dengan melalui 3 tahapan yaitu tahap pertama pendaftaran PDSS oleh Kepala Sekolah di alamat pdss.snmptn.ac.id lalu kemudian siswa juga melakukan verifikasi data pada alamat tersebut. Tahap kedua yaitu pemeringkatan, dan tahap berikutnya yaitu pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id , baca disini


Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN

SBMPTN marupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diperuntukan bagi semua peserta dan ada ujian tambahan begi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online mandiri oleh siswa melalui alamat resminya yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id . Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan proses pendaftaran.

Tara cara pendaftaran, biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan keterangan penting lainnya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi merupakan program yang dijalankan oleh Pemrintah untuk mengatasi kekurangan ekonomi yang di alami oleh beberapa keluarga sehingga anak-anaknya tidak bisa melanjutkan kuliah dikarenakan masalah biaya.

Dengan adanya Bidikmisi ini, maka biaya pendidikan dan biaya hidup anak-anak dri keluarga kurang mampu akan dtangggung oleh Pemerintah selama menempuh pendidikan pada masa pendidikan normal yaitu 8 semester untuk jenjang Sarjana dan 6 semester untuk jenjang Diploma III.

Proses pendaftaran Bidikmisi dilakukan bersamaan dengan pendaftaran jalur seleksi masuk UNSRAT. Calon peserta dapat memilih jalur Bidikmisi yang akan diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN atau Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri.

Pendaftaran Bidimisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id . Untu panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca secara lengkap pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UNSRAT Seleksi Mandiri

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNSRAT juga menerima mahassiswa baru melalui jalur seleksi mandiri seperti berikut ini.

1. Pendaftaran Jalur Tumou Tou (T2)

Jalur Tumou Tou (T2) merupakan jalur seleksi lokal masuk ke UNSRAT. Jalur ini diperuntukkan untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana. Informasi pendaftaran selengkapnya anda baca di laman um.unsrat.ac.id

2. Pendaftaran Jalur Sumikolah

Selain jalur Tumou Tou (T2), jalur mandiri lainnya yang dibuka oleh UNSRAT yaitu jalur Sumikolahyang juga untuk menerima calon mahasiswa baru jenjang Sarjana. Keterangan lainnya yang diperlukan dapat dibaca pada alamat um.unsrat.ac.id

3. Pendaftaran Pascasarjana UNSRAT

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNSRAT juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Bagi anda yang berminat kuliah jenjang Pascasarjana di UNSRAT, silahkan daftarkan diri anda. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman pasca.unsrat.ac.id

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSRAT.

Baca juga :

Itulah informasi tentang Pendaftaran UNSRAT (Universitas Sam Ratulangi) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua terutama yang ingin kuliah di UNSRAT.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UNSRAT melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengajak anda untuk turut membagikan info ini kepada teman-teman lain yang membutuhkan. Caranya klik tombol G+1 yang tersedia lalu pilih teman anda. *gratis. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.