Pendaftaran UNRI 2018/2019 (Universitas Riau)

um.unri.ac.id 2018 -- PMB UNRI, Pendaftaran UNRI Online, Pendaftaran Online UNRI, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI, Panduan Pendaftaran UNRI, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNRI, Universitas Riau. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberian informasi tentang Pendaftaran UNRI 2018/2019 (Universitas Riau). Dengan adanya informasi pada artikel ini, mudah-mudahan bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNRI. Lihat informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka.

Di Provinsi Riau terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti UIN SUSKA, UNRI, Politeknik Negeri Bengkalis, STAIN Al-Kautsar Bengkalis dan lain-lain.

UNRI atau UR atau Universitas Riau adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Pekanbaru yang kampusnya beralamatkan di Kampus Bina Widya, Jl. HR Subantas KM 12,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

UNRI didirikan pada tanggal 25 September 1962 oleh masyarakat dan pemerintah daerah Riau sebagai sebuah yayasan. Saat ini yayasan tersebut telah berubah dan menjadi sebuah Universitas yaitu Universitas Riau yang merupakan salah satu Universitas terkemuka di Indonesia.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Riau (UNRI), yaitu :

Fakultas dan Prodi jenjang Diploma dan Sarjana
  • Fakultas Kedokteran : S1 Pendidikan Dokter
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : S1 Administrasi Negara, S1 Administrasi Niaga, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Sosiologi, S1 Ilmu Komunikasi, D4 Pariwisata
  • Fakultas Teknik : S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Arsitektur, S1 Teknik Informatika, D3 Teknik Sipil, D3 Teknik Kimia, D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Elektro
  • Fakultas Hukum : S1 Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi : S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan, D3 Akuntansi, D3 Perpajakan
  • Fakultas Pertanian : S1 Agroteknologi, S1 Agribisnis, S1 Teknologi Hasil Pertanian, S1 Kehutanan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam : S1 Matematika, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Biologi, S1 Sistem Informasi, D3 Manajemen Informatika, D3 Kimia Terapan.
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan : S1 Teknologi Hasil Perikanan, S1 Sosial Ekonomi Perikanan, S1 Manajemen Sumberdaya Perairan, S1 Budidaya Perairan, S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, S1 Ilmu Kelautan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Jepang, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Sejarah, S1 Pendidikan Luar Sekolah, S1 Pendidikan Konseling, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  • Program Studi Ilmu Keperawatan : S1 Ilmu Keperawatan
Program Pascasarjana UNRI
  • S3 Ilmu Lingkungan, S2 Ilmu Lingkungan, Manajemen Strata Dua, Magister Sosiologi, Ilmu Administrasi, Ilmu Politik, Magister Akuntansi, Magister Kimia, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Agribisnis, Magister Ilmu Pertanian, Magister Matematika, Magister Teknik Sipil, Magister Teknik Kimia, Magister Ilmu Kelautan, Magister Ilmu Hukum, Magister Fisika, Magister ILmu Ekonomi, Magister Pendidikan Ekonomi

Melihat banyaknya program studi yang ada di UNRI, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNRI pada tahun ini.

Bagi anda yang berminat untuk kuliah di UNRI, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNRI,

Dengan mengetahui jalur-jalur masuk tersebut, tentunya anda dapat menentukan pilihan jalur mana yang harus diikuti agar nantinya bisa lulus seleksi melalui jalur yang dipilih tersebut.

Pada tahun ini, UNRI kembali berpartisipasi dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional. Selain itu, UNRI juga membuka jalur mandiri yang dikenal dengan UM UNRI.

Penjelasan mengenai jalur nasional dan jalur mandiri UNRI tersebut dapat anda simak dengan baik berikut ini.

A. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola secara langsung oleh Pemerintah. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi undangan nasional yang hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya ke alamat pdss.snmptn.ac.id, kemudian siswa-siswi melakka verifikasi data di alamat tersebut. Setelah itu melakukan pendaftaran SNMPTN secara online ke alamat web.snmptn.ac.id

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN, dan ketentuan lainya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan melalui ujian soal yang dapat dikerjakan secara tertulis (PBT) atau dapat juga menggunakan komputer (CBT) dimana ujian soal tersebut diberikan untuk semua peserta, dan untuk peserta yang memilih prorgam studi bidang seni atau keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Calon peserta yang berminat mengikuti seleksi SBMPTN terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id

Untuk panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya telah admin rangkum pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah salah satu program dari Pemerintah untuk memberkan kesempatan yang sama kepada calon mahasiswa tidak mampu untuk menuntut ilmu di Perguruan Tinggi.

Dalam hal ini Pemerintah memberikan suatu bantuan berupa biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi yaitu untuk membiayai kuliah mahasiswa tersebut selama 8 semester (S1) dan 6 semester (D3) dan mahasiswa tersebut harus dapat mnyelesaikan kuliahnya dengan tepat waktu.

Pengajuan Bidikmisi dilakukan sejak awal seleksi penerimaan mahasiswa baru. Calon peserta harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah saat ingin mendaftar.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Calon peserta dapat mengikuti Bidikmisi jalur SNMPTN atau Bidikmisi jalur SBMPTN, dan apabila dbuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri UNRI. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di website UNRI atau baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi

B. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI Jalur Mandiri

Jalur mandiri UNRI merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola secara lengsung oleh UNRI. Jalur ini juga dapat dikatakan sebagai jalur alternatif masuk UNRI. Jalur mandiri UNRI terdiri dari jalur-jalur berikut ini.

1. Pendaftaran PBUD / UTM UNRI

PBUD/PBM UR atau Penelusuran Bibit Unggul Daerah/ Penelurusan Bakat dan Minat Universitas Riau adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang merupakan jalur seleksi undangan lokal yang diadakan oleh UNRI diperuntukkan bagi para siswa berprestasi dari masing-masing sekolah.

Proses pendaftaran dilakukan seperti alur berikut ini :
  • Kepala Sekolah yang mendaftarkan Kepala Sekolah mendaftarkan Sekolah sebagai Peserta PBUD UR pada alamat pbud.unri.ac.id
  • Kepala sekolah merekomendasikan para siswa berprestasinya sebagai peserta PBUD/PBM UR tahun ini dengan mengisi data rapor siswa.
  • Setelah mengisi data-data siswa, akan diberi nomor pendaftaran olah Panitia.
  • Kepala Sekolah memberikan nomor pendaftaran pada siswa
  • Dengan menggunakan nomor pendaftaran dari Kepala Sekolah, kemudian siswa membayar biaya pendaftaran di Bank BNI.
  • Setelah membayar, maka akan mendapatkan PIN.
  • Dengan menggunakan nomor pendaftaran dan PIN, siswa melakukan pendaftaran dengan mengisi data pribadi dan pilihan program studi, dan data lainnya pada alamat pbud.unri.ac.id
Hal terkait pendaftaran jalur PBUD / UTM UNRI dapat anda tanyakan langsung pada panitia :
Panitia PBUD Universitas Riau, Jl. Binawidya KM 12.5 Simpang Baru Pekanbaru Riau, Indonesia 28293, Telp. 0761- 63272 Fax. 0761- 63272
2. Pendaftaran UM Mandiri UNRI

UM Mandiri UNRI atau Ujian Masuk Mandiri UNRI adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan oleh UNRI untuk menerima mahasiswa baru tertulis dan ujian lainnta sesuai ketentuan masing-masing program studi.

Jalur UM Mandiri UNRI ini dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Bagi yang berminat mengikuti seleksi jalur UM Mandiri UNRI, silahkan daftarkan diri anda.

Berikut diberikan alamat masing-masing website untuk beberapa jenjang Pendidikan di UNRI.
  • Pascasarjana S2 dan S3 : http://um.unri.ac.id/pascasarjana
  • Program Diploma 3 (D3) : http://um.unri.ac.id/d3
  • Program Transfer Diploma (D3) ke S1 : http://um.unri.ac.id/transfer
Silahkan mengunjungi masing-masing alamat website tersebut untuk melakukan pendaftaran dan membaca informasi lainnya berkaitan dengan pendaftaran UM Mandiri UNRI.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNRI (Universitas Riau). Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah anda berikan untuk membaca informasi di web infopmb.com ini. 

Sekian info dari admin dan mari kita sama-sama berdoa semoga kita bisa menjadi orang yang sukses sejak muda. Amin. Mari turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.