Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN 2017/2018

Bidikmisi SNMPTN 2017 -- PMB Jalur Bidikmisi, Pendaftaran Online Bidikmisi SNMPTN, Info Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN, Panduan Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN, Cara Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN, Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN, Jadwal Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi kepada anda tentang Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN 2017/2018. Informasi ini ditujukan untuk anda siswa-siswi berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN. Informasi selengkapnya dapat anda berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Mahalnya biaya pendidikan menjadi pertimbangan tersendiri bagi seseorang untuk melanjutkan pendidikan ke suatu Perguruan Tinggi. Bukan hanya Perguruan Tinggi Swasta yang dianggap memiliki biaya pendidikan mahal, tetapi juga Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki biaya pendidikan mahal.

Ketika mengetahui biaya pendidikan di Perguruan Tinggi yang dituju mahal, maka niat seseorang untuk melanjutkan pendidikan terkadang dapat terhenti. Hal ini pernah di alami oleh teman adik saya yang akan lulus SMA tahun ini.

Pada saat Ia ditanya ’mengapa kamu tidak jadi kuliah?’. Jawabnya : karena biaya kuliah terasa mahal, orang tuaku tidak mampu untuk membiayai pendidikan yang bayarannya begitu mahal.
Sayang sekali jika Ia sampai tidak kuliah karena Ia juga adalah orang yang cerdas serta berprestasi selama di Sekolah.

Berita ini terdengar sampai kepada Kepala Sekolah, mendengar hal itu, Kepala Sekolah segera memanggil siswa tersebut dan memberikan nasehat serta motivasi agar siswa tersebut mau melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Akhirnya setelah diberi nasehat dan motivasi, siswa tersebut kembali memiliki motivasi untuk melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi.

Untuk mengatasi kasus seperti itu, Pemerintah melalui DIKTI menyalurkan suatu dana bantuan pendidikan untuk siswa-siswi berprestasi dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi yang disebut dengan Bidikmisi.

Bidikmisi adalah program pemberian bantuan biaya pendidikan dari DIKTI untuk siswa-siswi (calon mahasiswa) berprestasi dari suatu Sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Jika anda berprestasi, berasal dari keluarga kurang mampu, dan ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri, maka anda dapat mendaftarkan diri mengikuti ketentuan dan prosedur Pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN.

Seperti kita ketahui bahwa SNMPTN adalah jalur seleksi undangan untuk siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri, sedangkan Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk siswa-siswi berprestasi (calon mahasiswa) yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Jadi, tepat sekali untuk siswa-siswi berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri, maka dapat mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN.

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri mengikuti seleksi Bidikmisi SNMPTN, maka harus bisa memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran Bidikmisi dan juga persyaratan pendaftaran SNMPTN. Berikut informasinya untuk anda.

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun ini
  2. Lulusan 1 tahun lalu yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi.
  3. Usia maksimal pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S-1 (Sarjana) atau Diploma 4.
  5. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    1. PTN dengan pilihan seleksi masuk :
      • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
      • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
      • Seleksi Mandiri PTN
    2. Politeknik, UT, dan ISI
    3. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
  1. SMA/SMK/MA/MAK Negeri ataupun Swasta, termasuk Sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar
Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa
  1. Siswa yang akan lulus dari SMA/MA/SMK pada tahun ini
  2. Memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  3. Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  4. Siswa memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (untuk SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  5. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN tujuan anda

Itulah persyaratan pendaftaran Bidikmisi Jalur SNMPTN yang harus anda penuhi. Anda harus memenuhi kedua persyaratan di atas, baik persyaratan Bidikmisi dan juga persyaratan SNMPTN.

Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran di atas, maka selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Tata cara pendaftaran Bidikmisi telah diberikan pada artikel sebelumnya. Pada artikel tersebut juga terdapat informasi lainnya seperti jadwal pelaksanaan, dan keterangan penting lainnya. Silahkan kunjungi artikel Pendaftaran Bidikmisi.

Setelah mendaftar Bidikmisi, maka selanjutnya anda mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNMPTN. Tata cara pendaftaran SNMPTN, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN pada SNMPTN, dan hal lain dapat anda baca pada Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN. Apabila anda mendapatkan Bidikmisi tersebut, maka gunakanlah dengan tepat untuk membiayai pendidikan anda hingga selesai dengan tepat waktu. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.