Pendaftaran UNTAN 2017/2018 (Universitas Tanjungpura)

scmb.untan.ac.id 2017 -- SCMB UNTAN, PMB UNTAN, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTAN, Pendaftaran UNTAN Online, Pendaftaran Online UNTAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAN, Panduan Pendaftaran UNTAN, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNTAN, Universitas Tanjungpura. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran UNTAN 2017/2018. Informasi ini ditujukan bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNTAN. Informasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi yang ada di Pulau Kalimantan. Kalimantan Barat memiliki ibu kota yaitu Pontianak. Di Kalimantan Barat terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti IAIN Pontianak, POLNEP, dan UNTAN.

UNTAN atau Universitas Tanjungpura adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

UNTAN telah didirikan pada tanggal 20 Mei 1959. Salah satu ciri UNTAN adalah adanya Tugu Digulis atau yang disebut juga sebagai Bundaran UNTAN yang berada di bagian depan kampus.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Tanjungpura (UNTAN), yaitu :
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi,
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Manajemen Agribisnis, Agroteknologi, Sosial Ekonomi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan, Ilmu Teknologi Pangan, Peternakan, Ilmu Tanah, Manejemen Sumber Daya Perairan,
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Elektro S1, Teknik Informatika S1, Teknik Industri S1, Teknik Sipil S1, Arsitektur S1, Teknik Lingkungan S1, Teknik Mesin S1, Teknik Kimia S1, Teknik Kelautan S1, Teknik Pertambangan S1, Perencanaan Wilayah dan Kota S1, Teknik Sipil S2, Teknik Elektro S2
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari Program Studi Sosiatri, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi, Administrasi Perkantoran, Antropologi Sosial, Hubungan internasional, Komunikasi.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan PGSD, Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan PG-PAUD, Pendidikan Biologi.
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari Program Studi Kehutanan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Matematika, Statistik, Fisika, Geofisika, Ilmu Kelautan, Kimia, Biologi, Sistem Komputer, Sistem Informasi
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Kedokteran, Farmasi, Keperawatan 

Dari sedikit informasi yang telah diberikan di atas tentang UNTAN, mudah-mudahan bisa menambah wawasan anda terutama yang berniat kuliah di UNTAN.

Bagi anda yang ingin kuliah di UNTAN, maka anda perlu mengetahui informasi penting berkaitan dengan mahasiswa baru, yaitu jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNTAN.

Dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru, UNTAN membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, baik jalur nasional ataupun jalur mandiri. Berikut penjelasannya.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAN Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi.

UNTAN adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur seleksi nasional ini. Penjelasan mengenai jalur-jalur tersebut dapat anda simak berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional yang hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya di alamat pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa juga melakukan verifikasi data pada alamat tersebut. Setelah itu, selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.idbaca disini


Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Untuk siswa-siswi peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga tidak mampu, maka dapat mengajukan diri atas usulan Kepala Sekolah untuk mendapatkan Bidikmisi. Calon peserta dapat mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi masuk PTN yang diperuntukkan bagi calon peserta yang telah lulus sekolah jenjang SMA / sederajat yang telah lulus 3 tahun terahir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

Bagi peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga berekonomi rendah, maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan Bidikmisi. Bidikmisi yang diusulkan adalah Bidikmisi jalur SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah salah satu program Pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sama kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk memperoleh Pendidikan di Perguruan Tinggi.

Dalam hal ini Pemerintah memberikan biaya bantuan pendidikan untuk membiayai pendidikan mahasiswa tersebut selama 8 semester (S1) atau 6 semester (D3). Mahasiswa penerima Bidikmisi diharapkan dapat menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu.

Pendaftaran Bidikmisi diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya di alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id lalu pilih menu "sekolah".

Setelah siswa direkomendasikan oleh Kepala Sekolah, maka akan mendapatkan kode akses pendaftaran yang dapat digunakan untuk login pendaftaran ke alamat Bidikmisi di atas dengan memilih menu "siswa". Lakukan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan ketentuan lainnya dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran Bidikmisi.

Calon peserta dapat memilih Bidikmisi di UNTAN, maka dapat memilih Bidikmisi jalur SNMPTN atau Bidikmisi jalur SBMPTN, dan apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di website UNTAN.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAN Jalur Mandiri

Jalur mandiri UNTAN merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNTAN yang diselenggarakan secara langsung oleh UNTAN.

1. Pendaftaran Jalur SM UNTAN

Jalur Seleksi Mandiri UNTAN dapat dikatakan sebagai jalur alternatif masuk ke UNTAN. Calon peserta yang sebelumnya telah mendaftar dan mengikuti seleksi jalur sebelumnya tetapi pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri ini.

Beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut :

Persyaratan Umum
  1. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di perguruan tinggi.
  2. Calon peserta yang memilih Program Reguler A, merupakan lulusan SMA / MA / SMK / MAK / SMK atau yang setara / paket C yang memiliki rapor sampai kelas XII untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini
  3. Calon peserta yang memilih Program Reguler B, yaitu Program Studi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Sistem Komputer, Farmasi dan Keperawatan, merupakan lulusan SMA/MA untuk lulusan 4 tahun terakhir termasuk lulusa tahun ini.
  4. Calon peserta yang memilih Program Reguler B Selain dari Program Studi yang disebutkan di atas pada no. 2, maka tahun lulusan tidak dibatasi.
Persyaratan Khusus
  1. Calon Peserta hanya boleh memilih dua program studi pada setiap kelompok ujian.
  2. Bagi calon peserta yang memilih program studi pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan minimal 160 cm untuk pria.
  3. Bagi calon peserta yang memilih Program Studi Pend. Biologi, Pend. Fisika, Pend. Kimia, Biologi, Fisika, Kimia, Sistem Komputer, Farmasi dan Keperawatan harus menyerahkan surat keterangan bebas buta warna dari Dokter Spesialis.
  4. Bagi calon peserta yang memilih program studi Ilmu Hukum Reguler B, diwajibkan mengikuti tes wawancara.
  5. Program Studi Pendidikan Dokter, hanya menerima calon mahasiswa yang berasal dari SMA/MA jurusan IPA
  6. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter diwajibkan mengikuti tes psikologi dan tes kesehatan setelah ujian tulis dilaksanakan
Setelah anda dapat memenuhi persyaratan pendaftaran di atas, sselanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran secara online melalui alamat website http://scmb.untan.ac.id . Informasi lainnya dapat anda lihat pada alamat tersebut.

2. Pendaftaran Pascasarjana UNTAN

UNTAN kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang untuk Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan lakukan pendaftaran dengan mengikuti seleksi jalur penerimaan yang dibuka. Informasi lebih lanjut dapat anda baca pada alamat website resmi Pascasarjana UNTAN di pascasarjana.untan.ac.id


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNTAN. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Jangan lupa untuk belajar dan diiringi doa agar harapan untuk lulus seleksi bisa terwujudkan. Admin mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web infopmb.com yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman lainnya.