Pendaftaran UNIMA 2018/2019 (Universitas Negeri Manado)

www.unima.ac.id 2018 -- PMB UNIMA, Pendaftaran UNIMA Online, Pendaftaran Online UNIMA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMA, Panduan Pendaftaran UNIMA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNIMA, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Manado. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNIMA 2018/2019 (Universitas Negeri Manado)18. Informasi ini utamanya ditujukan bagi anda yang berminat untuk kuliah di UNIMA. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Kota Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Di kota Manado terdapat Perguruan Tinggi Negeri seperti UNIMA, UNSRAT, Polimdo, Poltekkes Manado, IAIN Manado, dan lain-lain.

UNIMA atau Universitas Negeri Manado adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri ada di Kota Manado yang terletak di Jalan Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia.

Universitas Negeri Manado (UNIMA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang telah tua yang didirikan pada tanggal 22 September 1955 yang pada mulanya adalah PTPG Tondano yang sekarang telah menjadi Universitas Negeri Manado (UNIMA).

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Negeri Manado (UNIMA), yaitu :
  • Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Luar Biasa/Pendidikan Khusus, Bimbingan dan konseling, Psikologi, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Agama Hindu, Pendidikan Anak Usia Dini
  • Fakultas Ilmu Sosial terdiri dari Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, PPKN, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan IPS.
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan terdiri dari Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Ilmu Keolahragaan.
  • Fakultas MIPA terdiri dari Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika, Fisika Geotermal, Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Pendidikan Biologi, Ilmu Biologi, Pendidikan IPA.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Informatika / Komunikasi.
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi D3 Pemasaran, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Manajemen, S1 Akuntansi
  • Fakultas Bahasa dan Seni terdiri dari Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Perancis, Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Seni Rupa
  • Program Pascasarjana UNIMA

Dari sejumlah program studi yang ada di UNIMA tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baruu UNIMA dan memilih program studi pilihan anda.

Pada saat anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNIMA, maka anda perlu mengetahui kemudian memilih salah satu jalur seleksi masuk ke UNIMA yang dibuka pada tahun ini.

UNIMA turut berpartisipasi pada jalur seleksi nasional yang diadakan oleh Pemerintah dan juga membuka jalur mandiri yang kedua jalua tersebut bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa baru yang memiliki kualitas dan dapat memenuhi ketentuan dari masing-masing jalur seleksi.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai jalur seleksi masuk ke UNIMA, baik itu jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri yang dibuka pada tahun ini

1. Pendaftaran Jalur Seleksi Nasional : SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Seleksi dilakukan tanpa ujian tertulis namun didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki oleh siswa karena memang jalur ini hanya diperuntukan bagi siswa berprestasi.

Pendaftaran SNMPTN diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya ke PDSS di alamat pdss.snmptn.ac.id kemudian siswa juga melakukan verifikasi data di alamat tersebut. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id

Tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan,persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, daftar PTN se-Indonesia, dan ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran Jalur Seleksi Nasional : SBMPTN

SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah selain SNMPTN. Jalur ini diadakan untuk menjaring calon mahasiswa baru melalui ujia tertulis (CBT/PBT) untuk semua peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan khusus untuk peserta program yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Panduan pendaftaran, persyaratan, biaya, jadwal, kriteria penerimaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi merupakan program pemberian bantuan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik dan tidak berasal dari keluarga mampu secara ekonomi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Sebelum mendaftar, calon peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Bidikmisi yang dapat diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN atau Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila dibuka, maka dapat mendaftar Bidikmisi jalur mandiri. Namun untuk lebih jelasnya dapat di lihat di website UNIMA.

Ketengan lain yang anda butuhkan seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi

4. Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UNIMA

Selain jalur nasional (SNMPTN dan SBMPTN), UNIMA juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri.

Jalur mandiri ini diselenggarakan secara langsung oleh UNIMA sebagai panitia seleksi. Bagi anda yang berminat untuk mengikuti seleksi jalur mandiri, silahkan daftarkan diri anda dengan memenuhi semua ketentuan yang berlaku. Informasi lebih lanjut dapat anda baca di alamat www.unima.ac.id 

5. Pendaftaran Mahasiswa Pindahan

Selain menerima mahasiswa secara reguler, UNIMA juga menerima mahasiswa pindahan. Anda yang ingin pindah kuliah ke UNIMA, maka dapat melakukan proses pendaftaran pada setiap awal semester baru.

UNIMA menerima mahasiswa pindahan dari PTN atau PTS yang dimana mahasiswa pindahan tersebut harus dapat memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh UNIMA. Informasi lebih lanjut dapat anda baca secara langsung di alamat www.unima.ac.id

6. Pendaftaran Jalur Seleksi Masuk Pascasarjana UNIMA

UNIMA kembali melakukan penerimaan mahasiwa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UNIMA, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur yang dibua. Informasi pendaftaran selengkaonya dapat anda baca pada alamat www.unima.ac.id 

Dari sekian banyaknya jalur seleksi masuk ke UNIMA, silahkan anda pilih salah sau jalur seleksi yang diprediksikan dapat memberikan peluang besar untuk kelulusan anda.

Penting!!!

Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIMA.

Baca juga :

Demikian informasi tentang Pendaftaran UNIMA (Universitas Negeri Manado). Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Admin turut mendoakan yang terbaik bagi anda pembaca setia web infopmb.com. Cukup sekian info dari admin adn mari kita berdoa semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Amin. Ayo berikan G+1 atau share (fb) artikel ini pada teman-teman lainnya.