Pendaftaran SPAN-PTKIN 2017/2018

www.span-ptkin.ac.id 2017 -- Pendaftaran SPAN-PTKIN Online, Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN, Pendaftaran Online SPAN-PTKIN, Tata Cara Mendaftar SPAN-PTKIN, Persyaratan Pendaftaran SPAN-PTKIN, Jadwal Pelaksanaan SPAN-PTKIN, Jalur Seleksi Nasional (SPAN-PTKIN), Jalur Undangan (SPAN-PTKIN), Jalur Tanpa Tes Tertulis (SPAN-PTKIN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 2019. 2020.

Terlebih dahulu admin mendoakan kebaikan untuk kita semua semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat-Nya agar kita selalu mendapatkan kesempatan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dalam hidup ini.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN 2017/2018. Informasi ini diberikan dengan tujuan agar bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran SPAN-PTKIN. Informasi selengkapnya bisa anda dapatkan setelah membaca pembahasan berikut ini.

Ada beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia, diantaranya yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, jalur mandiri prestasi, jalur mandiri ujian tertulis, dan lain-lain. 

Ketika anda ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia, maka anda dapat mengikuti seleksi salah satu dari beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru seperti yang disebutkan di atas.

Fokus pembahasan kita kali ini yaitu tentang SPAN-PTKIN. Sedikit informasi bahwa sebelum dikenal dengan nama SPAN-PTKIN, sebelumnya dikenal dengan SPAN-PTAIN. Namun kedua kata tersebut memiliki makna yang sama.

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Selain itu, SPAN-PTKIN juga dikenal dengan jalur seleksi nasional yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, namun seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dlihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang sesuai.

Calon peserta yang memiliki prestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN / IAIN / STAIN melalui SPAN-PTKIN.

Ada 2 tujuan penyelenggaraan SPAN-PTKIN yaitu sebagai berikut :
  1. Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Sekolah / Madrasah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/STAIN.
  2. Mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah.
Melihat tujuan SPAN-PTKIN yang begitu baik, maka harus diwujudkan melalui pelaksanaan yang baik pula dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

Dengan demikian, maka setiap siswa (calon peserta SPAN-PTKIN) yang memiliki prestasi yang baik, serta secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut disetiap semester akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi SPAN-PTKIN.

Misalnya saja anda adalah seorang siswa yang berprestasi di suatu sekolah yang ada di sebuah desa, dan ada siswa lain yang berprestasi juga di sekolah yang ada di kota, maka keduanya memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi SPAN-PTKIN.

Untuk bisa mengkuti seleksi SPAN-PTKIN, maka terlebih dahulu harus dapat memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran SPAN-PTKIN yang telah ditentukan oleh panitia seleksi, slain itupula, anda harus mengetahui ketentuan umum pendaftaran. Berikut ini informasi selengkapnya.

Ketentuan Umum SPAN-PTKIN Pendaftaran SPAN-PTKIN
  1. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.
  2. Sekolah/Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing.
Persyaratan Pendaftaran Siswa Pelamar SPAN-PTIKIN
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2017
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah / Madrasah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai
Setelah mengetahui informasi mengenai persyaratan pendaftaran di atas serta dapat memenuhinya, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN.

Pendaftaran SPAN-PTKIN ini dilakukan oleh Sekolah/Madrasah sebagai pemberi rekomendasi dan juga dilakukan oleh siswa sebagai calon peserta SPAN-PTKIN. Tata cara pendaftarannya dijelaskan berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN oleh Kepala Sekolah / Madrasah
  1. Kepala Sekolah / Madrasah membuka lamat resmi pendaftaran SPAN-PTKIN : www.span.ptkin.ac.id ,  buka disini
  2. Kepala sekolah/madrasah mengisikan data sekolah dan siswa pada formulir pendaftaran yang tersedia.
  3. Setelah mengisi formulir pendaftaran, Kepala sekolah/madrasah mendapatkan User ID dan Password untuk masing-masing calon peserta
  4. Kepala sekolah/madrasah memberikan User ID dan Password kepada siswa
  5. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN
Tata Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN oleh Siswa
  1. Siswa yang dimaksud disini adalah siswa calon peserta SPAN-PTKIN
  2. Silahkan buka alamat pendaftaran SPAN-PTKIN, yaitu www.span.ptkin.ac.id , buka disini
  3. Silahkan login menggunakan User ID dan Password yang diperoleh dari Kepala sekolah / madrasah
  4. Isilah biodata diri, mengunggah foto, memilih program studi, mengunggah prestasi lain, dan dan mengisi formulir pendaftaran lainnya yang tersedia.
  5. Setelah selesai mengisi data pada formulir pendaftaran tersebut, silahkan cetak dan simpan kartu pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SPAN-PTKIN.
Pada saat melakukan pendaftaran, tentunya anda memilih PTKIN dan program studi yang ada di PTKIN tersebut. Ada beberapa ketentuan yang perlu anda perhatikan ketika memilih PTKIN dan program studinya, Berikut informasinya.

Jumlah Pilihan PTKIN dan Program Studi pada SPAN-PTKIN
  1. Siswa pelamar dapat memilih maksimal 2 (dua) PTKIN yang diminati.
  2. Siswa pelamar dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
  3. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
Itulah ketentuan pemilihan PTKIN dan program studinya. Seperti yang disebutkan di atas bahwa urutan pemilihan PTKIN dan program studi menyatakan pilihan, maka dari itu anda harus meletakkan diposisi pertama untuk PTKIN dan program studi yang paling anda minati.

Setelah melaksanakan pendaftaran, maka anda harus menunggu keputusan kelulusan SPAN-PTKIN. Perlu diketahui bahwa kelulusan SPAN-PTKIN didasarkan pada kriteria berikut ini.

Kriteria Penerimaan SPAN-PTKIN
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan (SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara),
  2. Lulus SPAN-PTKIN 2016
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima
Jika anda telah memenuhi kriteri tersebut, mudah-mudahan harapan anda untuk lulus SPAN-PTKIN bisa terkabulkan. Berusaha dan berdoalah agar Allah mengabulkan keinginan kita. Amin

Selanjutnya anda perlu mengetahui jadwal pelaksanaan SPAN-PTKIN agar anda bisa mengikuti SPAN-PTKIN dengan tepat waktu. Berikut jadwal selengkapnya.

Jadwal Pelaksanaan SPAN-PTKIN 2016/2017
  • Pendaftaran SPAN-PTKIN : 9 Maret - 30 April
  • Pencetakan kartu peserta : 30 April - 5 Mei 
  • Proses seleksi dilakukan : 6 Mei - 19 Mei
  • Pengumuman SPAN-PTKIN : 23 Mei 2016 pukul 07.00 WIB
  • Pendaftaran Ulang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima
Itulah jadwal yang mesti anda perhatikan sebagai acuan dalam pelaksanaan SPAN-PTKIN. Namun perlu diketahui bahwa terkadang jadwal dapat berubah dikarenakan suatu hal. Untuk itu, anda perlu memantaunya secara rutin disini.

Selanjutnya anda perlu mengetahui PTKIN mana saja yang tergabung dalam SPAN-PTKIN tahun ini. Untuk mengetahui jawabannya, maka anda dapat melihatnya dibawah ini.

Daftar PTKIN pada SPAN-PTKIN
  1. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Sumatera Utara Medan
  2. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  4. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Raden Fatah Palembang
  5. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  6. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  7. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  8. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Walisongo Semarang
  9. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  10. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Sunan Ampel Surabaya
  11. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Alauddin Makasar
  12. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Raden Intan Lampung
  13. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Bukittinggi
  14. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Imam Bonjol Padang
  15. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  16. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
  17. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Padangsidimpuan
  18. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Bengkulu
  19. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  20. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  21. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Pontianak
  22. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Surakarta
  23. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Purwokerto
  24. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Salatiga
  25. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Antasari Banjarmasin
  26. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Mataram
  27. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Jember
  28. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Tulungagung
  29. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Samarinda
  30. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Palangkaraya
  31. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Sultan Amai Gorontalo
  32. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Ambon
  33. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Manado
  34. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Dato Karama Palu
  35. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Palopo
  36. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Kendari
  37. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Ternate
  38. Pendaftaran SPAN-PTKIN IAIN Batu Sangkar
  39. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Malikussaleh Lhokseumawe
  40. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Kerinci Jambi
  41. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Curup
  42. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Jurai Siwo Metro Lampung
  43. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  44. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Pekalongan
  45. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Kudus
  46. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Pamekasan
  47. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Kediri
  48. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Ponorogo
  49. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Pare-Pare
  50. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Watampone
  51. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Al-Fatah Jayapura
  52. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Sorong
  53. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah
  54. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Bengkalis
  55. Pendaftaran SPAN-PTKIN STAIN Meulaboh
Itulah daftar PTKIN yang dapat anda pilih ketika melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN. Urutkan pada posisi pertama PTKIN yang paling anda minati.

Demikianlah informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan yan baik ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran SPAN-PTKIN yang telah admin sampaikan dapat memberikan penjelasan bagi anda.

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang saat ini sedang membutuhkan agar mereka juga bisa memperoleh informasi dengan cepat. Cara membagikannya yaitu cukup klik tombol G+1 yang tersedia lalu pilih teman anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi SPAN-PTKIN dan bisa diterima di PTKIN pilihan anda dan nantinya anda bisa belajar serta memperoleh ilmu yang bermanfaat sebanyak-banyaknya.

Ucapan terima kasih admin sampaikan pula kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Mari sama-sama berdoa semoga Allah SWT mempermudah urusan kita untuk bisa sukses semua mungkin. Amin.