Pendaftaran UNG 2018/2019 (Univeritas Negeri Gorontalo)

pmb.ung.ac.id 2018 -- PMB UNG, Pendaftaran UNG Online, Pendaftaran Online UNG, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNG, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNG, Panduan Pendaftaran UNG, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNG, Universitas Negeri Gorontalo. 2020. 2021.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNG 2018/2019 (Univeritas Negeri Gorontalo). Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran online mahasiswa baru UNG. Ayo simak informasi selengkapnya.

http://www.infopmb.com/

UNG atau Univeritas Negeri Gorontalo adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Gorontalo, Sulawesi Utara, Indonesia.

Moto dari UNG yaitu Kampus peradaban. Pendirian UNG dimulai sejak 1 September 1963 yang pada saat itu bernama Junior College FKIP Universitas Sulawesi Utara-Tengah (UNSULUTTENG) Manado di Gorontalo. Kemudian terus mengalami perkembangan hingga akhirnya bernama Univeritas Negeri Gorontalo dan berstatus negeri.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), yaitu :
  • Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pendidikaan Anak, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Kebumian,Pendidikan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Geografi
  • Fakultas Ilmu Sosial terdiri dari Program Studi Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Sejarah, Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan
  • Fakultas Sastra dan Budaya terdiri dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Pariwisata
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Kriya Seni, Teknik Elektronika, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Informatika, Pendidikan Teknik Kriya
  • Fakultas Ilmu-ilmu Pertanian terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan
  • Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan terdiri dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Kepelatihan dan Olahraga
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Ekonomi
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu terdiri dari Program Studi Teknologi Hasil
Program Magister (S2)
  • Program Studi Administrasi Pendidikan, Pendidikan Dasar, Pendidiikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Teknologi Pendidikan (TP), Ilmu Administrasi, Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, Agribisnis, Kelautan dan Perikanan
Program Doktor (S3)
  • Program Studi Ilmu Administrasi, Program Studi Pendidikan IPA, Program Studi Pendidikan Bahasa, dan Program Studi Ilmu Pendidikan

Itulah beberapa Fakultas, dan Program Studi yang ada di UNG yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru di UNG.

Sekarang anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UNG untuk melakukan penyeleksian calon mahasiswa baru. Berikut informasinya untuk anda.

1. Pendaftaran UNG Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang dikenal dengan sebutan jalur undangan karena jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mendapatkan undangan.

Siswa-siswi yang mendapatkan undangan tersebut tentunya siswa-siswi yang secara konsisten terus berprestasi di setiap semesternya dan siswa-siswi tersebut saat ini berada di kelas akhir yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Proses pendaftaran SNMPTN dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswanya di PDSS SNMPTN di alamat pdss.snmptn.ac.id , kemudian siswa juga melakukan verifikasi data pada alamat tersebut.


Setelah proses pendaftaran di PDSS SNMPTN selesai, maka selanjutnya akan dilakukan pemeringkatan oleh panita, dan tahap akhir yaitu siswa melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN ke alamat web.snmptn.ac.id , buka disini.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran UNG Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang dikenal dengan sebutan jalur tertulis karena memang seleksi jalur SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis berbasis komputer (CBT) atau berbasis kertas (PBT)

Selain ujian teertulis, bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan sendiri oleh siswa tanpa melalui pihak sekolah seperti pada SNMPTN. Namun bagi yang mengalami kesulitan dapat berkonsultasi dengan pihak sekolah.

Proses pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Prodi, kriteria penerimaan, daftar PTN lengkap, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran UNG Jalur Mandiri

Selain melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNG juga melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Bagi anda yang sebelumnya mengikuti jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti jalur mandiri ini.

Seleksi jalur mandiri biasanya dibuka setelah jalur nasional berakhir dan untuk seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca melalui alamat www.ung.ac.id

4. Pendaftaran Bidikmisi UNG

Bidikmisi adalah program pemberian bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa baru dari keluarga kurang mampu agar proses perkuliahan mahasiswa tersebut dapat berjalan lancar terutama dilihat dari pembayaran biaya kuliah.

Proses pendaftaran Bidikmisi dimulai oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya. Setelah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, selanjutnya siswa dapar melanjutkan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id lalu pilih menu siswa.

Bidimisi yang dapat diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, serta apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Untuk lebih jelasanya dapat dilihat di web UNG.

Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi.

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNG

UNG juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana, baik jenjang Magister ataupun jenjang Doktor.

Bagi anda yang ingin melakukan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru jenjang Magister atau Doktor di UNG, silahkan lakukan pendaftaran dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Informasi lebih lanjut dapat anda baca melalui alamat pps.ung.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UNG (Univeritas Negeri Gorontalo) yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya serta bermanfaat bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dari jalur yang anda ikuti dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNG. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses. Mari turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.