Pendaftaran SBMPTN Online 2016/2017

www.sbmptn.or.id 2016 -- PMB Jalur SBMPTN, Pendaftaran Online SBMPTN, Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis SBMPTN, Pendaftaran Jalur Nasional SBMPTN, Informasi Pendaftaran SBMPTN, Buku Petunjuk Pendaftaran SBMPTN, Passing Grade SBMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, www.sbmptn.ac.id.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran SBMPTN Online 2016/2017. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran SBMPTN.


Ketika anda telah lulus dari Sekolah Menengah Tingkat Atas, pasti ada sebagian dari kalian yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta.

Berdasarkan hasil pengalaman tahun lalu, bahwa sebagian besar siswa lulusan dari Sekolah Menengah Tingkat Atas ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Dikarenakan tidak lulus seleksi, maka melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Swasta, namun ada juga sebagian kecil yang langsung mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta.

Mereka menganggap kuliah di Perguruan Tinggi Negeri menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Memang benar demikian, namun semuanya tergantung kepada yang menjalaninya. Dimanapun anda kuliah, jika anda nyaman menjalaninya, maka akan memberikan pengetahui baru yang lebih banyak.

Ketika anda ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri, tentunya anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri tersebut untuk menerima mahasiswa baru.

Banyak sekali jalur-jalur penerimaan mahasiswa yang dibuka oleh suatu Perguruan Tinggi Negeri, diantaranya adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB, Jalur Mandiri, Jalur Kerjasama, dan lain-lain.

Semua jalur-jalur tersebut dibuka untuk menerima mahasiswa baru tentunya sesuai dengan ketentuan dan persyaratan masing-masing jalur. Jalur SBMPTN adalah jalur yang akan kita bahas kali ini.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Seleksi SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang diikuti oleh peserta yang memilih program studi Seni atau Keolahragaan.

Sedikit informasi mengenai pelaksanaan SBMPTN pada tahun lalu, bahwa pelaksanaan berjalan lancar sesuai ketentuan yang berlaku. Peserta yang mendaftar mencapai 693.185 orang dan peserta yang lulus seleksi sebanyak 121.653 orang. Dari jumlah tersebut, diketahui bahwa sekitar 17,5 % peserta yang mendaftar SBMPTN dinyatakan lulus seleksi.

Melihat keterangan tersebut, dapat kita ketahui bahwa peserta yang mendaftar SBMPTN begitu banyak. Dengan banyaknya peserta yang mendaftar, maka persaing akan semakin berat.

Namun anda harus tetap menjadi orang yang optimis. Yakinlah bahwa anda bisa lulus seleksi SBMPTN. Keyakinan anda tersebut harus diiringi dengan doa dan usaha sungguh-sungguh. Usaha yang dapat anda lakukan misalnya mengikuti les, bimbel, try out, serta belajar mandiri di rumah mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun lalu dan juga soal perdiksi soal SBMPTN tahun ini.

Semoga dengan usaha yang anda lakukan tersebut dapat membantu anda untuk bisa lulus seleksi SBMPTN. Admin juga turut mendoakan yang terbaik untuk anda.

Baiklah, sekarang langsung saja kita akan membahas tentang Pendaftaran SBMPTN Online. Pada judul tersebut terdapat kata "online". Mengapa? karena pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online.

Ketika anda akan mendaftar SBMPTN, maka terlebh dahulu anda harus memahami secara keseluruhan ketentuan pendaftaran SBMPTN yang dimulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, biaya pelaksanaan, Bidikmisi SBMPTN, kelompok ujian, jenis ujian, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan program studi, daftar PTN pada SBMPTN, dan keterangan lainnya yang berkaitan dengan pendaftaran SBMPTN.

Kita akan membahas keseluruhan ketentuan pendaftaran SBMPTN yang telah disebutkan di atas.

A. Persyaratan Pendaftaran SBMPTN

Berikut ini adalah persyaratan pendaftaran SBMPTN yang harus dipenuhi oleh setiap calon peserta
  1. Peserta merupakan lulusan SMA/MA/SMK/MAK untuk lulusan 3 tahun terakhir. 
  2. Bagi peserta lulusan sekolah  tahun 2014 dan 2015  harus sudah memiliki ijazah.
  3. Bagi peserta lulusan sekolah tahun 2016 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
B. Alur Pendaftaran SBMPTN

Berikut ini akan diberikan penjelasan mengenai alur pendaftaran SBMPTN :
  1. Calon peserta melakukan pendaftaran awal SBMPTN sampai mencetak bukti pendaftaran awal
  2. Kemudian membayar biaya pendaftaran di Bank BNI atau Bank Mandiri dengan membawa bukti pendaftaran awal
  3. Setelah membayar, kemudian login ke alamat pendaftaran SBMPTN menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bank.
  4. Silahkan lengkapi data pendaftaran yang tersedia sampai  mencetak kartu peserta SBMPTN
Agar lebih memahami cara mendaftar SBMPTN, maka anda perlu memperhatikan tata cara pendaftaran SBMPTN berikut ini.

C. Tata Cara Pendaftaran SBMPTN
  1. Silahkan buka alamat pendaftaran SBMPTN di alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id , alur daftar
  2. Lakukan pengisian data tahap awal pada alamat web tersebut.
  3. Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  4. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  5. Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  6. Gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  7. Isilah data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran tersebut.
  8. Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda
  9. Jika telah selesai dan yakin, akhiri pendaftaran dengan mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  10. Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  11. Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  12. Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.

D. Ketentuan Pemilihan PTN dan Program Studi
  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek.
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian soshum.
    • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  5. Peserta yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih (maksimal 3 program studi), salah satu pilihan program studi harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian seleksi. Pilihan program studi lainnya boleh di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian seleksi.

E. Biaya Pendaftaran SBMPTN

Biaya pendaftaran yang harus dibayar oleh peserta sebesar Rp. 200.000,- yang dibayarkan melalui Bank BNI atau Bank Mandiri. Peserta membayar biaya pendaftaran dengan membawa bukti pendaftaran tahap awal SBMPTN. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.


F. Jadwal Pelaksanaan SBMPTN

Berikut ini akan diberikan perkiraan jadwal pelaksanaan SBMPTN karena memang dari website resminya belum dikeluarkan jadwal resmi pelaksanaan SBMPTN. Berikut jadwalnya :
  1. Launcing SBMPTN : 15 Januari
  2. Pendaftaran Online :
    • Computer Based Testing (CBT) pada 25 April pukul 08.00 WIB sampai 20 Mei Pukul 22.00 WIB
    • Paper Based Testing (PBT) pada 25 April pukul 08.00 WIB sampai 20 Mei Pukul 22.00 WIB
    • Khusus peserta Bidikmisi yang mengikuti SNMPTN 2016, pendaftaran SBMPTN 2016 dibuka mulai tanggal 11 Mei 2016 pukul 08.00
  3. Pelaksanaan Ujian Tertulis :
    • Computer Based Testing (CBT) pada 31 Mei
    • Paper Based Testing (PBT) pada 31 Mei
  4. Pelaksanaan Ujian Keterampilan pada hari Rabu atau Kamis tanggal 1 s.d 2 Juni
  5. Pengumuman SBMPTN pada hari Selasa, 28 Juni pukul 14.00 WIB, lihat disini.

G. Daftar PTN pada SBMPTN

Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 1
Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 2
Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 3
Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 4
Itulah informasi-informasi berkaitan dengan pendaftaran SBMPTN. Semoga bermanfaat bagi anda terutama yang akan mendaftar SBMPTN. Bagi para guru yang membaca informasi ini, silahkan berikan rekomendasi kepada para siswa-siswinyaa untuk membaca informasi pendaftaran SBMPTN di web ini.

Tambahan Informasi :

Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN

Bagi calon peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi, maka dapat mengajukan untuk mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SBMPTN.

Peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepal Sekolah. Selanjutnya mendaftarkan diri ke website resmi Bidikmisi menggunakan kode akses yang dibeeri oleh Kepala Sekolah. Mendaftar ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Jika memenuhi persyaratan maka dapat melanjutkan pendaftaran dan setelah selesai mendaftar akan mendapatkan KAP dan PIN yang nantinya dapat digunakan untuk mendaftar SBMPTN.

Gunakan KAP dan PIN dari hasil mendaftar Bidikmisi untuk login pendaftaran SBMPTN dengan tata cara pendaftaran SBMPTN seperti yang telah dijelaskan di atas. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Bidikmisi SBMPTN seperti tata cara pendaftaran jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran SBMPTN Online. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda yang akan mendaftar SBMPTN.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi SBMPTN dan bisa diterima di PTN pilihan anda. Dengan diterimanya anda di PTN pilihan tersebut, semoga anda bisa belajar dan memperoleh banyak ilmu yang berguna untuk masa depan.

Mari kita sama-sama berdoa semoga kita bisa menjadi orang yang berilmu dan bermanfaat bagi yang lainnya. Semoga dengan ilmu tersebut dapat membuat kita menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Amin.

Silahkan Baca Juga Pendaftaran Jalur Undangan :

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.