Pendaftaran ITERA 2018/2019 (Institut Teknologi Sumatera)

usm.itera.ac.id 2018 -- PMB ITERA, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITERA, Pendaftaran ITERA Online, Pendaftaran Online ITERA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA, Panduan Pendaftaran ITERA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs ITERA, Pendaftran Calon Mahasiswa Baru Institut Teknologi Sumatera. 2019. 2020.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran ITERA 2018/2019 (Institut Teknologi Sumatera). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiwa baru ITERA. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

ITERA atau Institut Teknologi Sumatera adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan 35365, Indonesia.

ITERA diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada tanggal 6 Oktober 2014, dimana peresmian dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden. Peresmian ini juga bersamaan dengan peresmian Institut Teknologi Kalimantan (ITK).

Dengan adanya ITERA dan ITK, maka saat ini telah ada 4 Institut Teknologi yang ada di Indonesia yaitu ITB, ITS, ITK, dan ITERA. Selain itu, dengan adanya ITERA, maka Perguruan Tinggi Negeri di Lampung jumlahnya bertambah, yaitu UNILA, ITERA, POLINELA, IAIN Raden Intan, STAIN Metro, Poltekkes Tanjung Karang, dan lain-lain.

Program Studi yang ada di Institut Teknologi Sumatera (ITERA), yaitu :
  • Fisika, Teknik Elektro, Teknik Geofisika, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geomatika, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Teknik Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Geologi
Dari sejumlah Program studi yang ada di ITERA, mungkin saja ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru ITERA dan pilih program studi yang anda minati tersebut.

Pada saat anda akan ingin mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru ITERA, maka terlebih dahulu anda harus mengetahui beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh ITERA.

Berikut ini admin akan membeirkan informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh ITERA. Simak dengan baik informasinya.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukkan bagi para siswa berprestasi di sekolah yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi dilakukan dengan didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki oleh siswa terutama dilihat dari nilai raport, dan prestasi lainnya.

Proses pendaftaran dilakukan melalui 3 tahapan, yaitu tahap pendaftaran PDSS SNMPTN oleh Kepala Sekolah di alamat pdss.snmptn.ac.id . Kemudian verifikasi data PDSS SNMPTN oleh siswa. Tahap berikutnya yaitu pemeringkatan. dan Tahap akhir yaitu pendaftaran SNMPTN oleh siswa di alamat web.snmptn.ac.id , buka disini

Tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, pilihan program studi dan PTN, serta keterangan lainnya dapat anda baca selengkapnya pada Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru dimana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) serta ada ujian tambahan bagi peserta dengan program studi bidang seni dan keolahragaan berupa ujian keterampilan.

Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNMPTN, atau telah mengikuti SNMPTN tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi jalur SBMPTN ini.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Panduan pendaftaran lengkap dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh panitia dari ITERA.

Jalur ini menjadi alternatif terakhir untuk masuk ke ITERA. Maka dari itu anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat lulus seleksi melalui jalur mandiri ini.

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui alamat mandiri.itera.ac.id . Keterangan lebih lanjut dapat anda akses melalui alamat tersebut.

4. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah program pemberi bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bidikmisi akan diberikan selama 8 semester untuk jejang Sarjana, dan 6 semester untuk jenjang Diploma III.

Sebelum mengajukan pendaftaran Bidikmisi, maka calon peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah itu dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi.

Bidikmisi yang dapat diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila dibuka, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Namun untuk lebih jelasnya, maka dapat dilihat di website resmi ITERA.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melali alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id . Persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, dan ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi.
Demikian informasi tentang Pendaftaran ITERA (Institut Teknologi Sumatera). Mudah-mudahan informasi yang telah admin berikan tersebut bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Admin selaku pengurus web infopmb.com turut mendoakan yang terbaik untuk anda, dan juga admin mengucapkan terima kasih atas kunjngan anda. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke web ini dan mari ajak teman lainya juga. 

Cukup sekian info dari admin dan semoga sukses dalam setiap urusan. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman lainnya.