Pendaftaran SBMPTN 2018/2019

pendaftaran.sbmptn.ac.id 2018 -- PMB Jalur SBMPTN, Pendaftaran SBMPTN Online, Persyaratan Pendaftaran SBMPTN, Jadwal Pelaksanaan SBMPTN, Info Pendaftaran SBMPTN, Panduan Pendaftaran SBMPTN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Pendaftaran Online SBMPTN, Tata Cara Mendaftar SBMPTN, Jalur Seleksi Nasional (SBMPTN), Jalur Seleksi Ujian Tertulis (SBMPTN), Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 2020. 2021.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran SBMPTN 2018/2019. Informasi ini diberikan dengan maksud agar bisa memberikan panduan kepada anda yang akan melakukan proses pendaftaran SBMPTN. Untuk mengetahui informasinya, ayo simak selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut diantaranya adalah jalur undangan yang disebut dengan SNMPTN, jalur ujian tertulis seperti SBMPTN, dan jalur mandiri, serta jalur-jalur lainnya.

Kesemua jalur tersebut diselenggarakan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru sehingga nantinya dapat diperoleh mahasiswa baru yang memiliki kualitas baik. Kualitas baik tersebut salah satunya ditunjukkan dengan kemampuan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Bagi anda lulusan SMA / MA / SMK / MAK / Sederajat lainnya yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir, maka anda bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dikenal dengan jalur ujian tertulis. Mengapa demikian?, karena seleksi jalur SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis yang harus diikuti oleh semua peserta SBMPTN dan untuk peserta SBMPTN yang memilih program studi Seni atau Olahraga harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Pelaksanaan ujian keterampilan biasanya dilaksanakan satu atau dua hari setelah ujian tertulis. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada jadwal pelaksanaan.

Dengan adanya jalur SBMPTN, untuk peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SNMPTN dan pada waktu pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi lagi melalui jalur SBMPTN.

Atau bagi calon peserta SBMPTN yang sebelumnya memang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti SNMPTN, maka dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Berdasarkan data peserta SBMPTN tahun 2015 lalu, bahwa peserta SBMPTN mencapai 693.185 orang, sedangkan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri hanya sekitar 121.653 orang. Dari data tersebut, maka dapat diketahui bahwa hanya sekitar 18 % jumlah peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN.

Melihat persaingan yang begitu banyak, bagi anda yang berniat mengikuti SBMPTN tahun ini, maka harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Misalnya, belajar kelompok membahas soal-soal SBMPTN dari tahun ke tahun yang dapat anda lakukan setiap hari atau sesuai kesepakatan bersama teman-teman.

Selain itu, anda juga dapat mengikuti bimbel atau try out yang disediakan oleh lembaga pendidikan seperti bimbel-bimbel yang telah terkenal, dan lain sebagainya.

Dengan usaha yang sungguh-sungguh dan diiringi dengan berdoa, mudah-mudahan harapan anda untuk lulus SBMPTN dapat terwujudkan. Amin.

Ketika anda ingin mendaftar SBMPTN, maka anda harus mengetahui ketentuan-ketentuan yang berlaku seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal seleksi, biaya pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studinya, daftar PTN se-Indonesia, dan ketentuan lainnya.

Untuk mengetahui informasi-informasi tersebut, maka langsung saja kita akan membahasnya secara lengkap berikut ini. Perhatikan dan pahami dengan baik.

Persyaratan Pendaftaran SBMPTN
  1. Telah lulus Sekolah Menengah Tingkat Atas seperti SMA / MA / SMK / MAK / sederajat 
  2. Bagi calon peserta lulusan tahun 2016 dan 2017  harus sudah memiliki ijazah.
  3. Bagi calon peserta lulusan tahun 2018 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  4. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya

Jika anda dapat memenuhi persyaratan di atas, maka anda dapat melakukan pendaftaran SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan seperti alur berikut :

Alur Pendaftaran SBMPTN
  1. Calon peserta melakukan pendaftaran awal SBMPTN
  2. Kemudian membayar biaya pendaftaran di Bank BNI atau Bank Mandiri.
  3. Setelah membaya, kemudian login ke alamat pendaftaran SBMPTN menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bank.
  4. Silahkan lengkapi data pendaftaran yang tersedia sampai  mencetak kartu ujian.

Untuk penjelasan lebih rinci mengenai Pendaftaran awal SBMPTN akan diuraikan berikut ini.
  1. Silahkan buka alamat Pendaftaran awal SBMPTN : pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Isilah nama dan tanggal lahir anda, dan kode yang tersedia pada alamat tersebut.
  3. Kemudian cetak tanda bukti pendaftaran awal dan bawalah tanda bukti tersebut pada saat melakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank
  4. Biaya pendaftaran yang harus dibayar sebesar sebesar Rp. 200.000,- dibayarkan di Bank Mandiri atau Bank BNI atau Bank BTN.
  5. Setelah membayar, anda akan mendapatkan KAP dan PIN yang nantinya digunakan untuk melakukan pendaftaran online SBMPTN.

Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN
  1. Silahkan akses alamat pendaftaran online SBMPTN : pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Login menggunakan KAP dan PIN yang telah anda dapatkan dari Bank.
  3. Isilah data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-lain seperti yang tertera pada formulir pendaftaran tersedia.
  4. Periksalah kembali kebenaran data pendaftaran anda
  5. Jika telah selesai dan yakin data tersebut benar, cetaklah tanda bukti pendaftaran online
  6. Tanda bukti berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  7. Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  8. Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.
  9. Semoga berhasil. Good luck.

Itulah tata cara yang dapat anda lakukan ketika mendaftar SBMPTN secara online. Untuk peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengusulkan diri untuk mengikuti progam Bidikmisi SBMPTN.

Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN

Seperti telah dijelaskan di atas, bagi peserta SBMPTN yang berasal dari keluaga kurang mampu dari segi ekonomi, maka dapat mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SBMPTN. Ketentuan pendaftarannya akan dijelaskan berikut ini.

Ketentuan Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN
  1. Calon peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah
  2. Calon peserta mendaftar Bidikmisi melalui alamat http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  3. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN
  4. Lakukan pendaftaran SBMPTN melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id, tanpa harus membayar biaya seleksi.
  5. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui jalur SNMPTN, dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi.
  6. Calon peserta Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN namun berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

Itulah ketentuan pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN yang perlu anda perhatikan. Jika telah memahami ketentuan tersebut, silahkan daftarkan diri anda mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SBMPTN.

Harus diingat, bahwa yang boleh mendaftar Bidikmisi adalah calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berpotensi akademik. Untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga mampu, silahkan daftarkan diri anda mengikuti SBMPTN-nya saja.

Pada saat melakukan pengisian data pendaftaran SBMPTN, maka anda diharuskan mengisi pilihan PTN dan program studinya. Berikut ada beberapa ketentuan yang harus anda ketahui sebagai panduan saat memilih PTN dan program studinya.

Ketentuan Pemilihan PTN dan Program Studi
  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek.
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian soshum.
    • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  5. Peserta yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih (maksimal 3 program studi), salah satu pilihan program studi harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian seleksi. Pilihan program studi lainnya boleh di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian seleksi.

Itulah ketentuan yang harus anda ikuti dalam memilh PTN dan Program Studi saat mendaftar SBMPTN. Selanjunya anda perle mengetahui kriteria penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN.

Kriteria Penerimaan SBMPTN
  1. Lulus pendidikan menengah
  2. Lulus SBMPTN 2018
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima

Jenis Ujian SBMPTN

Ujian SBMPTN terdiri dari ujian soal dan ujian keterampilan. Ujian soal dilakukan secara tertulis (Paper Based Testing/PBT) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing/CBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta SBMPTN. Sedangkan ujian keterampilan dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya yang diperuntukkan bagi peserta yang memili program studi bidang Seni dan Keolahragaan.

Ujian Tertulis (PBT atau CBT)
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Ujian Keterampilan
  • Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik

Selanjutnya anda perlu mengetahui jadwal pelaksanaan SBMPTN agar anda dapat mengontrol kegiatan SBMPTN. Berikut informasinya.

Jadwal Pelaksanaan SBMPTN
  • Jadwal pelaksanaan SBMPTN telah kami rangkum pada artikel yang berjudul Jadwal SNMPTN dan SBMPTN. Silahkan baca selengkapnya pada artikel tersebut.

Sebagai pelengkap dari informasi yang anda miliki, maka anda perle mengetahui daftar Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam SBMPTN. Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam SBMPTN ini merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Berikut informasinya.

Daftar PTN pada SBMPTN
Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 1

Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 2

Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 3

Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 4

Itulah serangkaian informasi mengenai SBMPTN. Semoga bisa bermanfaat bagi anda terutama yang akan mendaftar SBMPTN. Untuk para guru yang membaca informasi ini, silahkan dibagikan kepada para siswanya di Sekolah agar mereka bisa memperoleh informasi SBMPTN juga.

Admin memberikan saran untuk anda yang telah mendaftar agar mempersiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh mulai dari sekarang. Anda masih memiliki waktu yang cukup untuk belajar.

Ingatlah, pesaing anda banyak, untuk itu maka anda harus menguasai materi-materi yang akan diujikan pada saat ujian SBMPTN. Semoga anda berhasil.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran SBMPTN. Semoga informasi yang telah dibahas di atas dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran online SBMPTN.

Silahkan Baca Juga Pendaftaran Jalur Undangan :

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dan bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri pilihan anda. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web infopmb.com ini yang telah meluangkan waktu dan setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang tersedia.

Silahkan bagikan (G+1) atau share (fb) informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan agar meraka juga bisa memperoleh informasi dengan cepat dan tepat.