Pendaftaran STAIN Parepare 2017/2018

www.stainparepare.ac.id 2017 -- PMB STAIN Parepare, Pendaftaran STAIN Parepare, Pendaftaran Online STAIN Parepare, Pendaftaran Mahasiswa Baru STAIN Parepare, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Parepare, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Program Pascasarjana.

Informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan berjudul Pendaftaran STAIN Parepare 2017/2018. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di STAIN Parepare. Untuk mengetahui informasinya, mari simak ulasannya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

STAIN Parepare merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia yang terletak di Jln. Amal Bhakti No.8 Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia.

STAIN Parepare telah didirikan pada tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997. 

Moto dari STAIN Parepare yaitu "Diminati, Dinanti, dan Diberkati"

Pada saat ini, STAIN Parepare telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini :

Fakultas Syariah
  • Ekonomi Islam, Hukum Ekonomi Islam, Hukum Keluarga, Hukum Pidana Islam, Hukum Tatanegara, Perbankan Syariah, Zakat dan Wakaf
Fakultas Tarbiyah
  • Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Sastra Arab, Sejarah Kebudayaan Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  • Bimbingan Dan Konseling Islam, Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam
Program Pascasarjana
  • S2 Pendidikan Agama Islam (PAI), S2 Ekonomi Syariah dan S2 Komunikasi Penyiaran Islam

Setelah mengetahui informasi mengenai program studi di STAIN Parepare, maka informasi berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu tentang jalur-jalur seleksi masuk STAIN Parepare. Berikut informasi selengkapnya untuk anda.

1. Pendaftaran STAIN Parepare Jalur SPAN-PTKIN

STAIN Parepare merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang turut tergabung dalam jalur seleksi jalur SPAN-PTKIN.

Telah kita ketahui bahwa SPAN-PTKIN merapakan jalur seleksi untuk siswa-siswi berprestasi. Lalu bagaimana dengan siswa yang tidak berprestasi.? Siswa yang tidak berprestasi nanti dapat mengikuti jalur UM-PTKIN.

Untuk proses pendaftaran SPAN-PTKIN mulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswanya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah itu siswa juga melakukan verifikasi data pendaftaran dan melengkapi data pendaftaran dengan login SPAN-PTKIN ke www.span-ptkin.ac.id menggunakan username dan password dari Kepala Sekolah.

Informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN telah dibahas secara rinci pada artikel : Pendaftaran SPAN-PTKIN Online dan Pendaftaran SPAN-PTKIN. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

2. Pendaftaran STAIN Parepare Jalur UM-PTKIN

Selain turut berpartisipasi dalam jalur seleksi SPAN-PTKIN, STAIN Parepare juga turut berpartisipasi dalam jalur seleksi UM-PTKIN.

UM-PTKIN merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis. Calon mahasiswa yang ingin lulus dari jalur UM-PTKIN ini harus memiliki skor ujian tertulis yang tinggi.

Untuk proses pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Untuk login ke alamat tersebut, terlebih dahulu calon peserta harus membayar biaya pendaftaran ke Bank untuk mendapatkan username dan password. Setelah mendapatkan username dan password, silahkan login ke alamat tersebut lalu mengisi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lengkap mengenai UM-PTKIN telah dibahas secara lengkap pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

3. Pendaftaran STAIN Parepare Jalur Mandiri

Selain membuka jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, STAIN Parepare juga membuka jalur seleksi mandiri. Jalur seleksi mandiri ini diselenggarakan secara langsung oleh panitia dari STAIN Parepare.

Khusus untuk jalur seleksi mandiri, proses jalur pendaftaranya dilakukan secara langsung di kampus STAIN Parepare sendiri. Informasi lebih lanjut dapat anda anda baca di website resminya pada alamat www.stainparepare.ac.id

4. Pendaftaran Pascasarjana STAIN Parepare

STAIN Parepare kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri, silahkan penuhi persyaratannya berikut ini.

Syarat Administrasi
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. Foto Copy Ijasah dan tanskrip nilai S-1 atau perguruan tinggi yang setara dengan nilai yudisium baik (B)
  3. Menyerahkan foto berwarna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar dan 2 x 3 sebanyak 2 lembar.
  4. Rekomendasi dari 1 (satu) orang senior (bergelar doktor) yang telah mengenal kemampuan serta prestasi akademik pendaftar. (lampiran 1)
  5. Surat Pernyataan bermatrai 6000 (lampiran 2)
  6. Membayar uang pendaftaran
Untuk informasi lain yang diperlukan silakan kunjungi langsung website resmi STAIN Parepare.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke STAIN Parepare yang dapat anda pilih ketika anda mendaftarkan diri. Apabila ada perubahan atau perbedaan informai, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi STAIN Parepare di www.stainparepare.ac.id

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran STAIN Parepare. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk semua.

Terima kasih admin ucapkan untuk pengunjung setia yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca informasi di web infopmb.com ini.