Pendaftaran USN 2018/2019 (Universitas Sembilanbelas November)

pmb.usn.ac.id 2018 -- PMB USN, Pendaftaran Mahasiswa Baru USN, Pendaftaran USN Online, Pendaftaran Online USN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru USN, Panduan Pendaftaran USN, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, Pendaftaran Universitas Sembilanbelas November Kolako. Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas 19 November Kolako. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran USN 2018/2019 (Universitas Sembilanbelas November). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru USN. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

USN atau Universitas Sembilanbelas November Kolaka adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

USN telah didirikan pada tanggal 16 April 1984 dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kolaka.

Pada tanggal 2 April 2014, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kolak berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan nama Universitas Sembilanbelas November atau Universitas 19 November yang disingkat USN.

Program Studi yang ada di Universitas Sembilanbelas November (USN) yaitu :
  • Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Ilmu Hukum, Sistem Informasi, Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, Administrasi Negara, Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, dan Budidaya Perikanan
Dari sejumlah program studi yang ada di USN tersebut, mungkin saja ada salah satunya yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru USN pada tahun ini.

Pada saat anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru USN, maka anda perlu mengetahui informasi penting yaitu jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh USN.

Pada tahun ini, USN turut berpartisipasi dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Jalur seleksi nasional tersebut terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Selain itu, USN juga menyelenggarakan jalur seleksi mandiri untuk menerima mahsiswa baru. Jalur ini menjadi jalur terakhir untuk bisa masuk dan kuliah di USN.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru USN yang dibuka pada tahun ini.


A. Pendaftaran Jalur SNMPTN


SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan bagi siswa-siswi berprestasi dimana seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport dan prestasi lainnya yang relevan.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui 2 tahapan, yaitu (1) pengisian data di PDSS di alamat pdss.snmptn.ac.id oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) Pendaftaran SNMPTN online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id

Persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca selengkanya pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

B. Pendaftaran Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru dimana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk peserta yang memilih Progam Studi Bidang Keolahragaan atau Seni

Pendaftaran SBMPTN dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses alamat pendaftaran online SBMPTN yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id 

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, keterangan lain yang anda butuhkan dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

C. Pendaftaran Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Panitia dari USN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Jalur ini menjadi alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN namun telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru USN melalui jalur mandiri ini.

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui alamat website pmb.usn.ac.id . Informasi lainnya dapat anda baca pada alamat tersebut. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

D. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi merupakan program penyaluran biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara finansial.

Proses pendaftaran Bidikmisi dilakukan bersamaan dengan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru seperti SNMPTN dan SBMPTN. Jadi anda bisa memiih Bidikmisi jalur SNMPTN atau Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila dibuka, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Namun selengkapnya dapat anda lihat di web USN.

Sebelum mendaftar Bidikmisi, calon peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah itu dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikian informasi tentang Pendaftaran USN (Universitas Sembilanbelas November) yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan bagi anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk ke USN dan nantinya bisa belajar disana. Admin juga mengucapkan terima kasih untu anda yang telah meluangkan waktu untuk membca informsi di web infopmb.com . Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Ayo sukai halaman web kami dan turut berbagi (G+1) / share (FB) pada teman anda yang membuuthkan.