Pendaftaran UNDANA 2018/2019 (Universitas Nusa Cendana)

www.undana.ac.id 2018 -- PMB UNDANA, Pendaftaran UNDANA Online, Pendaftaran Online UNDANA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNDANA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNDANA, Panduan Pendaftaran UNDANA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNDANA, Universitas Nusa Cendana. 2020. 2021.

Informasi yang akan admin sampaikan berjudul Pendaftaran UNDANA 2018/2019 (Universitas Nusa Cendana). Informasi ini disampaikan dengan harapan bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNDANA. Mari simak informasinya.

http://www.infopmb.com/

UNDANA atau Universitas Nusa Cendana adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia.

Universitas Nusa Cendana merupakan Universitas Negeri pertama dan tertua di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berdiri pada tanggal 1 September 1962.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Nusa Cendana (UNDANA), yaitu :

Faculty of Education & Teachers Training (FKIP)
  • Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni terdiri dari Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, dan Bahasa Inggris
  • Jurusan Pendidikan MIPA terdiri dari Program Studi Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia
  • Jurusan Pendidikan PPKn
  • Jurusan Pendidikan Ekonomi
  • Jurusan Pendidikan Sejarah
  • Jurusan Pendidikan Geografi
  • Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan terdiri dari Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Elektro
  • Jurusan Ilmu Pendidikan  terdiri dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGAUD), Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
Faculty of Social and Political Science (FISIP)
  • Ilmu Adminstrasi Negara, Ilmu Adminstrasi Bisnis, Sosiologi, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi.
Faculty of Animal Science (FAPET)
  • Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, Peternakan, dan Loboratorium yang terdiri dari Lab. Kimia Pakan, Lab. Biologi Produksi, Lab. Teknologi Hasil Ternak, dan Lab. Lapangan.
Faculty of Law (FH)
  • Ilmu Hukum dengan 6 (enam) bagian yaitu : Bagian Hukum Perdata, Bagian Hukum Pidana, Bagian Hukum Tata Negara, Bagian Hukum Administrasi, Bagian Hukum Acara, dan Bagian Hukum Internasional
Faculty of Agriculture (FAPERTA)
  • Agronomi-Agroteknologi, Sosial Ekonomi Pertanian-Agribisnis, Ilmu Tanah-Agroteknologi, IHPT-Agroteknologi, Budidaya Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Agroteknologi
Faculty of Veterinary Medicine (FKH)
  • Sarjana Kedokterann Hewan, dan Profesi Kedokteran Hewan
Faculty of Science and Engineering (FST)
  • Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Ilmu Komuter, Teknik Arsitektur, dan Teknik Pertambangan.
Faculty of Public Health (FKM)
  • Epidemologi dan Biostatistik, Kesehatan Lingkungan, Pendidikan Kesehatan dan Perilaku, Administrasi dan Kesehatan Kerja, Gizi dan Kesehatan Masyarakat.
Faculty of Medicine (FK)
  • Pendidikan Dokter
Faculty Economic and Business (FEB)
  • Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen.
Faculty Marine Sciences and Fisheries (FKP)
  • Budidaya Perairan dan Manajemen Sumberdaya Perairan

Itulah daftar program studi yang ada di UNDANA yang nantinya bisa anda pilih ketika anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNDANA.

Selanjutnya anda juga harus mengetahui jalur-jalur seleksi apa saja yang dibuka oleh UNDANA untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Berikut informasi selengkapnya.

I. Pendaftaran UNDANA Jalur SNMPTN

UNDANA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang turut berpartisipasi dalam jalur seleksi nasional SNMPTN.

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di UNDANA dapat memilih jalur SNMPTN. Namun tidak semua siswa dapat mendaftar jalur SNMPTN karena jalur SNMPTN hanya diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi unggul yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui 3 tahapan yaitu tahap pegisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah di alamat pdss.snmptn.ac.id dan verifikasi oleh siswa di alamat tersebut. Tahap selanjutnya yaitu pemeringkatan, dan tahap akhir yaitu pendaftaran SNMPTN oleh siswa di alamat web.snmptn.ac.id

Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN telah dibahas secara lengkap pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

II. Pendaftaran UNDANA Jalur SBMPTN

Selain jalur SNMPTN, UNDANA juga turut tergabung dalam jalur seleksi SBMPTN. Jalur SBMPTN juga merupakan salah satu jalur masuk ke UNDANA. Calon mahasiswa baru dapat mengikuti seleksi jalur SBMPTN untuk bisa masuk ke UNDANA.

Jalur SBMPTN diperuntukkan bagi siswa lulusan jenjang SLTA sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk didalamnya lulusan tahun ini. Calon peserta tidak harus memiliki prestasi yang unggul, namun calon peserta yang tidak berprestasi pun dapat mengikuti seleksi jalur SBMPTN ini.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Panduan pendaftaran lengkap dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

III. Pendaftaran UNDANA Jalur Mandiri

Selain menyeleksi mahasiswa baru melalui jalur nasonal yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN, UNDANA juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri dikelola secara langsung oleh UNDANA yang dimulai dari proses pendaftaran, proses seleksi, hingga pengumuman kelulusan.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.undana.ac.id . Informasi lainnya dapat anda baca melalui alamat tersebut.

IV. Pendaftaran Bidikmisi UNDANA

Mahalnya biaya kuliah menjadi salah satu alasan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk tidak melanjutkan pendidikan. Mereka beralasan tidak sanggup untuk membayar mahalnya biaya pendidikan.

Pemerintah melalui Dikti berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menyalurkan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup untuk calon mahasiswa yang demikian itu.

Bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup tersebut dikenal dengan nama Bidikmisi. Tentunya nama tersebut telah dikenal oleh kalangan calon mahasiswa dan mahasiswa.

Calon mahasiswa mengajukan diri untuk mendapat Bidikmisi terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah itu dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id lalu pilih menu siswa.

Bidikmisi yang dapat diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila UNDANA membukanya, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri.

Keterangan lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran Bidikmisi.

V. Pendaftaran Program Pascasarjana UNDANA

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNDANA juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Sebelum mendaftar, terlebih dahulu anda perlu membaca informasinya di alamat www.undana.ac.id. Setelah itu dapat melakukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UNDANA (Universitas Nusa Cendana). Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda. Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur seleksi yang anda ikuti. Ayo berikan G+1 atau share (fb) artikel ini pada teman-teman lainnya.