Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN 2018/2019

Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN 2018 -- Informasi / Solusi Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN, FAQ Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN, Tanya Jawab Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN, Daftar Borang Isian Portofolio SNMPTN, Penjelasan Portofolio SNMPTN, 2020. 2021.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN 2018/2019. Informasi ini dikhususkan untuk peserta SNMPTN yang akan mendaftarkan diri pada program studi bidang seni atau keolahragaan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk ke PTN yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester.

Proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasinya untuk siswa dengan mengisi data pendaftaran di pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa melakukan verifikasi data pendaftaran dan apabila data telah sesuai kemudian melakukan pendaftaran SNMPTN secara online di halaman web.snmptn.ac.id

Baca selengkapnya : Cara Melakukan Pendaftaran SNMPTN

Khusus untuk peserta SNMPTN yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan, maka selain mengisi data pendaftaran SNMPTN juga harus mengisi borang portofolio bidang seni atau keolahragaan.

Dalam mengisi borang portofolio bidang seni atau keolahragaan, mungkin saja peserta SNMPTN mengalami kesulitan. Maka dari itu admin berinisiatif membagikan informasi tanya jawab (FAQ) seputar Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN yang bersumber dari situs web SNMPTN. Namun ada beberapa kalimat yang begitu panjang sehingga admin memotongnya. Maka dari itu anda sebaiknya membaca juga di web resmi SNMPTN untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Langsung saja simak berikut ini.

Tanya Jawab (FAQ) Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN

Apa yang dimaksud portofolio?

Portofolio adalah Dokumentasi kumpulan karya dan/atau penampilan (performance) siswa dalam bidang Seni atau Olahraga selama menempuh studi di tingkat Sekolah Menengah Atas.


Karya dan/atau penampilan tersebut merupakan dokumen yang menjadi representasi kemampuan terbaik siswa dalam bidang Seni atau Olahraga, baik yang dihasilkan melalui kegiatan belajar formal di sekolah maupun hasil kegiatan non formal di luar sekolah

Bidang studi apa yang mewajibkan portofolio?

Portofolio wajib disertakan oleh setiap peserta SNMPTN yang memilih program pendidikan bidang seni atau olahraga, dengan pilihan program studi sebagai berikut:
  1. Bidang Seni, meliputi:
    1. Seni Rupa, termasuk Pendidikan Senirupa, Senirupa Murni, Desain (Desain Produk, Desain Komunikasi Visual/Desain Grafis, dan Desain Interior), Media Rekam (Fotografi, Televisi dan Film, Animasi/Media Digital), Kria Seni (Pendidikan Kria, Kria Kulit, Kria Logam, Kria Tekstil, Kria Kayu, dan Kria Perhiasan).
    2. Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik), termasuk Pendidikan Sendratasik, Seni Drama, Seni Tari, dan Seni Musik.
  2. Bidang Keolahragaan, meliputi:
    • Ilmu Keolahragaan (IKOR)
    • Pendidikan Olahraga, yang terdiri dari:
      1. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR)
      2. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK)
      3. PGSD Pendidikan Jasmani S-1
    • Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO)

Bagaimana jika ingin mendaftar ke prodi bidang Seni atau Olahraga tetapi belum memiliki portofolio?

Jika belum memiliki portofolio yang sesuai dengan bidang pilihannya, siswa pendaftar diharuskan untuk membuat dokumen portofolio yang memenuhi ketentuan isi dan format sesuai bidang pilihannya.  Apabila siswa yang mendaftar ke bidang Seni atau Olahraga tidak menyertakan dokumen portofolio yang sesuai, maka yang bersangkutan DAPAT didiskualifikasi dalam proses seleksi.

Dimana saya bisa mendapatkan contoh template portofolio?

Di laman SNMPTN (https://web.snmptn.ac.id/portofolio) tersedia seluruh template file dan contoh dokumen yang dipersyaratkan. Tidak diperkenankan menambah jumlah halaman slide dari template yang tersedia. 

Bagaimana dan kapan proses Pengunggahan Dokumen Portofolio dilakukan?

Dokumen portofolio diunggah bersamaan dengan proses pendaftaran SNMPTN yang dilakukan oleh siswa.

Seperti apa isi dokumen portofolio Seni Rupa?

Dokumen portofolio seni rupa berisikan:
  1. Dua buah karya wajib berupa 1 buah gambar komposisi benda dan 1 buah gambar suasana yang melibatkan manusia
  2. Satu buah karya tambahan (jika ada)
  3. Satu lembar Pernyataan keaslian/orisinalitas atas informasi data dan karya gambar yang diunggah
  4. Satu buah bukti raihan prestasi dalam bidang Seni Rupa (jika ada)


Seperti apa isi dokumen portofolio Seni Tari?

Dokumen portofolio seni tari berisikan:
  1. Dua buah rekaman video penampilan menari yang terdiri dari 1 (satu ) buah rekaman tari tunggal tradisional dan 1 (satu) buah rekaman tari kelompok
  2. Satu lembar Pernyataan keaslian/orisinalitas atas informasi data dan penampilan menari
  3. Satu buah bukti raihan prestasi dalam bidang Seni Tari (jika ada)

Seperti apa isi dokumen portofolio Seni Musik?

Dokumen portofolio Seni Musik berisikan:
  1. Dua buah rekaman video keterampilan berolah musik yang terdiri dari :
    • satu buah rekaman video siswa menyanyikan 1 (satu) lagu wajib/nasional tanpairingan musik (hanya vokal).
    • satu buah rekaman video siswa memainkan salah satu instrument musik yang dikuasai ATAU bernyanyi (vocal dengan iringan musik).
  2. Satu lembar Pernyataan keaslian/orisinalitas atas informasi data dan penampilan bermusik
  3. Satu buah bukti raihan prestasi dalam bidang Seni Musik (jika ada)

Seperti apa isi dokumen portofolio Seni Drama?

Dokumen portofolio Seni Drama berisikan:
  1. Dua buah rekaman video penampilan drama yang terdiri dari :
    • Satu buah rekaman video penampilan monolog oleh siswa dengan atau tanpa membaca naskah
    • Satu buah rekaman video penampilan pantomim oleh siswa dengan atau tanpa menggunakan ilustrasi musik
  2. Satu lembar Pernyataan keaslian / orisinalitas atas informasi data dan penampilan drama
  3. Satu buah bukti raihan prestasi dalam bidang Seni Drama (jika ada)

Seperti apa isi dokumen portofolio Olahraga?

Untuk pendaftar bidang Olahraga, isi dokumen portofolio terdiri dari:
  1. Satu lembar dokumen informasi kesehatan siswa tentang kondisi fisik siswa, Riwayat penyakit yang pernah diderita (jika ada), dan  Pernyataan sehat atau tidak sehat.
  2. Satulembar salinan hasil scan atau foto digital dari lembaran piagam, sertifikat, surat penghargaan, plakat, atau piala atas raihan prestasi
  3. Satu buah rekaman video keterampilan/teknik cabang olahraga yang dikuasai siswa.

Bagaimana jika memiliki banyak raihan prestasi untuk salah satu bidang? Mana yang perlu disertakan/dicantumkan dalam dokumen portofolio?

Cantumkan hanya SATU raihan prestasi yang dianggap terbaik.

Siapakah yang mengisi lembar pernyataan orisinalitas/keaslian dokumen portofolio?

Lembar pernyataan orisinalitas / keaslian portofolio diisi secara lengkap dan ditandatangani oleh siswa pendaftar, serta diketahui, ditandatangani, dan dibubuhi stempel oleh kepala sekolah (tempat siswa menempuh pendidikan).

Apakah wajib menggunakan template yang disediakan? Bagaimana jika menggunakan file powerpoint sendiri, tidak menggunakan template yang disediakan?

Siswa pendaftar wajib/diharuskan menggunakan template yang disediakan dan dapat diunduh (download) dari laman https://web.snmptn.ac.id/portofolio

Siapakah yang harus mengisi borang informasi kesehatan? Bagaimana jika borang isian informasi kesehatan tidak diisi, ditandatagani, dan dibubuhi stempel instisusi kesehatan pemeriksa?

Borang isian informasi kesehatan harus diisi oleh tenaga kesehatan (seperti dokter, mantri, bidan, atau perawat) yang bekerja pada institusi kesehatan yang resmi dan memiliki ijin. Jika proses pengisian informasi kesehatan siswa tidak dilakukan oleh tenaga kesehatan, maka siswa pendaftar DAPAT didiskualifikasi dalam proses seleksi.

Bagaimana jika tidak memiliki dan tidak menyertakan bukti raihan prestasi untuk dokumen portofolio olahraga? Bagaimana jika bukti raihan prestasi tidak disertai dengan surat rekomendasi KONI atau pengurus cabang OR terkait?

Siswa pendaftar wajib menyertakan bukti raihan prestasi yang disertai surat rekomendasi KONI/pengurus cabang OR terkait. Jika siswa pendaftar tidak menyertakan bukti raihan prestasi DAN surat rekomendasi KONI / pengurus cabang OR terkait, maka ybs DAPAT didiskualifikasi dalam proses seleksi.

Bagaimana dan kapan proses Pengunggahan Dokumen Portofolio dilakukan?

Dokumen portofolio diunggah bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN yang dilakukan oleh siswa.

Seperti apakah isi dokumen portofolio yang dianggap baik dan memenuhi syarat?

Dokumen portofolio dianggap baik dan memenuhi syarat untuk proses seleksi SNMPTN adalah yang:
  1. Menyertakan seluruh materi portofolio secara lengkap sesuai dengan bidang yang dipilihnya, dengan:
    • Menggunakan file hasil pindai/scan berformat JPEG/TIFF/PNG yang terlihat jelas, mudah dibaca, dan memenuhi ketentuan teknis yang dipersyaratkan.
    • Menggunakan file rekaman berformat MPEG-4 atau MOV yang terlihat jelas, mudah diikuti, dan memenuhi ketentuan teknis yang dipersyaratkan.
  2. Menggunakan template atau contoh lembar dokumen portofolio yang disediakan oleh panitia nasional SNMPTN
  3. Mencantumkan data yang secara orisinil/asli merupakan representasi karya atau penampilan, raihan prestasi, serta informasi kesehatan milik siswa pendaftar sendiri.

Bagaimana jika di daerah siswa pendaftar tidak terdapat fasilitas untuk melakukan pengunggahan dokumen portofolio secara online?

Dalam hal siswa mengalami hambatan teknis terkait pengunggahan dokumen portofolio secara online, dimungkinkan untuk menyampaikan dokumen portofolio termaksud secara offline menggunakan pos tercatat. Penyampaian dokumen secara offline hanya dilaksanakan di daerah tertentu (yang dinyatakan diperbolehkan menggunakan sistem offline dalam SNMPTN).


Itulah informasi tentang Portofolio Seni dan Olahraga SNMPTN yang dapat admin bagikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk anda peserta SNMPTN.

Perlu dicatat : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi SNMPTN.
.
Terima kasih telah membaca artikel ini dan mari bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya juga