Pendaftaran UIN Sunan Ampel 2017/2018

www.uinsby.ac.id 2017 -- PMB UINSA / UINSBY, Pendaftaran Mahasiswa Baru UINSA, Pendaftaran UIN Sunan Ampel Online, Pendaftaran Online UIN Sunan Ampel, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UINSA, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri, Bidikmisi, PPs UINSA, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya / UIN Sunan Ampel / UIN Surabaya / UINSBY / UINSA. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UIN Sunan Ampel 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam proses pendaftaran mahasiswa baru UIN Sunan Ampel. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Kota Surabaya termasuk dalam deretan kota terbesar di Indonesia dilihat dari jumlah penduduk dan luas wilayahnya. Di kota Surabaya, banyak sekali berdiri Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Salah satu Perguruan Tinggi berstatus Negeri yang akan kita bahas kali ini adalah UIN Sunan Ampel yang akan kita kaji dari segi jalur-jalur penerimaan mahasiswa barunya. Namun sebelum itu, admin akan memberikan sedikit gambaran awal bagi anda tentang UIN Sunan Ampel.

UIN Sunan Ampel adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang berada di kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, tepatnya di Jl. Ahmad Yani No. 117, Surabaya 60237.

UIN Sunan Ampel sebelumnya adalah berstatus sebagai IAIN Sunan Ampel yang telah resmi menjadi UIN Sunan Ampel pada tanggal 1 oktober 2013.

Moto dari UIN Sunan Ampel adalah "Building Character Qualities : for the Smart, Pious, Honorable Nation

Pada saat ini telah banyak Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Sunan Ampel, yaitu :

Program Studi Jenjang Sarjana (S1)
  • Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam, Prodi Sastra Inggris, Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Prodi Bimbingan Konseling Islam, Prodi Manajemen Dakwah, Prodi Hukum Keluarga (Ahwal al-Syahshiyah), Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Prodi Tatanegara (Siyasah), Prodi Hukum Pidana Islam (Jinayah), Prodi Hukum Perbandingan Madzhab, Prodi Zakat dan Wakaf, Prodi Ilmu Falak, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Prodi Pendidikan Raudhotul Athfal, Prodi Filsafat Agama, Prodi Filsafat Politik Islam, Prodi Akhlaq dan Tasawuf, Prodi Ilmu Aqidah, Prodi Perbandingan Agama, Prodi Ilmu al-Quran dan Tafsir, Prodi Ilmu Hadis, Prodi Ilmu Politik, Prodi Hubungan Internasional, Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Kelautan, Prodi Matematika, Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Biologi, Prodi Teknik Arsitektur, Prodi Sistem Informasi, Prodi Psikologi, Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Ilmu Ekonomi, Prodi Akutansi, Prodi Manajemen
Program Studi Jenjang Magister (S2)
  • Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Prodi Studi Ilmu Hadis, Prodi Hukum Tatanegara (Siyasah), Prodi Ekonomi Syari’ah, Prodi Filsafat Agama, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Program Studi Jenjang Doktor (S3)
  • Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Prodi Ekonomi Syariah

Melihat banyaknya program studi yang telah ada di UIN Sunan Ampel, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru di UIN Sunan Ampel.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri, tentu saja anda harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Sunan Ampel karena melalui jalur-jalur tersebutlah yang harus anda ikuti sebagai jalur masuk ke UIN Sunan Ampel.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Sunan Ampel dibedakan menjadi jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, dan UM-PTKIN yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin kuliah jenjang Sarjana. Sedangkan jalur mandiri dikelola secara langsung oleh UIN Sunan Ampel untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Pascasarjana.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Sunan Ampel, maka dapat anda simak penjelasannya berikut ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Ampel Jalur Nasional

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi undangan masuk ke PTN yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dari tiap sekolah. Meskinpun ini jalur masuk ke PTN, namun UIN Sunan Ampel turut berpartisipasi dalam seleksi jalur SNMPTN ini.

Admin tegaskan kembali bahwa hanya siswa-siswi berprestasi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini.

Jadi suatu kebanggaan tersendiri jika anda yang bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN. Mengenai hasil lulus atau tidak itu urusan nanti, yang penting sekarang anda bisa mendaftar jalur SNMPTN.

Calon peserta yang ingin mendaftar jalur SNMPTN ini terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk memperoleh NISN dan password. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya peserta bisa melakukan verifikasi data di PDSS pada alamat pdss.snmptn.ac.id lalu pilih login siswa dan selanjutnya mendaftar SNMPTN secara online melalui alamat web.snmptn.ac.id

Baca Selengkapnya : PDSS Sekolah, PDSS Siswa, Web SNMPTN

Informasi penting lainnya mengenai tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Bagi peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi. Peserta juga harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mendaftar Bidikmisi.

Bidikmisi yang dapat diikuti oleh peserta adalah Bidikmisi jalur SNMPTN. Untuk informasi lebih lanjut mengenai panduan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan hal lain dapat anda baca pada Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang diprediksikan mampu menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dengan tepat waktu.

Seleksi SBMPTN dilakukan melalui ujian soal yang dikerjakan menggunakan komputer (CBT) atau dapat juga dilakukan secara tertulis (PBT). Anda dapat memilih salah satu jenis metode tes tersebut pada saat pendaftaran.

Selain itu, untuk peserta yang memilih program studi bidang Seni atau Keolahragaan, maka harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang dilaksanakan pada hari berikutnya setelah ujian CBT atau PBT.

Admin sarankan persiapkanlah diri anda sebaik mungkin untuk menghadapi ujian tersebut karena untuk lulus jalur SBMPTN ini tidak mudah melihat jumlah peserta yang begitu banyak.

Untuk pendaftaran, anda dapat melakukan secara mandiri melalui alamat www.sbmptn.ac.id. Informasi seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, persyaratan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

Bagi peserta dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan Bidikmisi yang harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SBMPTN. Untuk informasi lebih lanjut maka dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN.

3. Pendaftaran SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan masuk ke PTKIN di Indonesia seperti Universitas Islam Negeri, Institut Agama Islam Negeri, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.

Jalur SPAN-PTKIN diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dari tiap Sekolah yang selalu konsisten menunjukkan prestasnya tersebut di setiap semester.
Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN

4. Pendaftaran UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi ujian tulis untuk masuk ke PTKIN seperti Universitas Islam Negeri, Institut Agama Islam Negeri, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri yang ada di Indonesia.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Peserta melakukan pendaftaran secara mandiri ke alamat tersebut. Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN

5. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Bidikmisi yang dibuka oleh UIN Sunan Ampel yaitu Bidikmisi SNMPTN, SBMPTN, dan jika dibuka ada pula Bidikmisi SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Bidikmisi jalur mandiri.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Informasi lebih lanjut dapat anda baca pada alamat tersebut atau dapat juga dilihat di web UIN Sunan Ampel atau baca secara lengkap di Pendaftaran Bidikmisi dan juga Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Ampel Jalur Mandiri

1. Pendaftaran SPMB Mandiri UIN Sunan Ampel

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur nasional, UIN Sunan Ampel juga menerima mahasiswa baru melalui jalur SPMB Mandiri.

SPMB Mandiri ini dikelola secara langsung oleh UIN Sunan Ampel. SPMB Mandiri dibuka untuk memberikan kesepatan kepada mahasiswa baru untuk masuk ke UIN Sunan Ampel melalui ujian tes tertulis.

Mungkin peserta sebelumnya telah mengikuti jalur seleksi nasional, namun telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftar dengan mengikuti jalur seleksi SPMB Mandiri.

Persyaratan Pendaftaran yang harus dipenuhi oleh calon peserta yaitu :
  • Lulusan SMA, MA, SMK, MAK yang berijazah negara (mengikuti ujian nasional),
  • Lulusan Pondok Pesantren (KMI, TMI, MMI) yang telah disetarakan setingkat MA/SLTA yang dibuktikan dengan SK Penyetaraan dari Dirjen Pendidikan Islam.
  • Lulusan paket C (dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dan fotokopi rapor tiga tahun terakhir). 
  • Membayar biaya pendaftaran peserta SPMB Mandiri di Bank BTN se-Indonesia sesuai dengan jadwal berlaku
Informasi lebih lanjut dapat anda baca pada alamat website resmi UIN Sunan Ampel di www.uinsby.ac.id

2. Pendaftaran Pascasarjana UIN Sunan Ampel

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, UIN Sunan Ampel juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana untuk Magister (S2) dan Doktor (S3).

Persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yaitu :

Persyaratan Administrasi Program Magister
  • Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Foto Copy Ijasah dan tanskrip nilai S-1 atau perguruan tinggi yang setara dengan nilai yudisium baik (B)
  • Menyerahkan foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar dan 2 x 3 sebanyak 2 lembar.
  • Rekomendasi dari  1 (satu) orang senior (bergelar doktor) yang telah mengenal kemampuan serta prestasi akademik pendaftar. (lampiran 1)
  • Surat Pernyataan bermatrai 6000 (lampiran 2)
  • Membayar uang pendaftaran di Bank BTN di wilayah Indonesia
Persyaratan Administrasi Program Doktor
  • Mengisi Formulir Pendaftaran.
  • Foto Copy Ijasah dan tanskrip nilai S-1 dan S-2 atau perguruan tinggi yang setara dengan nilai yudisium baik (B).
  • Menyerahkan foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar  dan 2 x 3 sebanyak 2 lembar.
  • Menyerahkan foto copy tesis (judul, lembar pengesahan, daftar isi, pendahuluan, kesimpulan dan daftar pustaka).
  • Menyerahkan Proposal Disertasi.
  • Rekomendasi dari 1 (satu) orang senior (bergelar profesor) yang telah mengenal kemampuan serta prestasi akademik pendaftar. (lampiran 1)
  • Surat Pernyataan bermatrai 6000 (lampiran 2)
  • Membayar uang pendaftaran di Bank BTN seluruh Indonesia

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UIN Sunan Ampel, maka anda dapat mendaftarkan diri secara online melalui alamat www.uinsby.ac.id. Untuk informasi selengkapnya dapat anda lihat pada alamat tersebut.

Dari beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Sunan Ampel, maka pilihlah jalur yang diprediksikan bisa memberikan peluang paling besar untuk lulusan anda.

Demikianlah informasi dari admin tentang Pendaftaran UIN Sunan Ampel. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa memberikan panduan bagi anda dalam proses pendaftaran mahasiswa baru,

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang selalu setia untuk membaca informasi disini.

Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo bantu bagikan (G+1) informasi ini pada teman lainnya dan ayo sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.