Pendaftaran UNESA 2017/2018 (Universitas Negeri Surabaya)

pmb.unesa.ac.id 2017 -- PMB UNESA, SPMB UNESA, Pendaftaran UNESA Online, Pendaftaran Online UNESA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNESA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNESA, Panduan Pendaftaran UNESA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNESA, Bidikmisi UNESA, Universitas Negeri Surabaya. 2019. 2020.

Informasi yang akan diberikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNESA 2017/2018. Informasi ini ditujukan bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNESA. Mari ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Di kota Surabaya, telah banyak didirikan Perguruan Tinggi Negeri seperti UNESAUPN Veteran Jatim, UNAIR, ITS, UIN Sunan Ampel dan lain sebagainya.

Melihat banyaknya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Surabaya, maka tepat sekali jika anda kuliah di Surabaya. Pada kesempatan ini, salah satu PTN yang akan dibahas yaitu UNESA.

UNESA atau Universitas Negeri Surabaya adalah salah satu Universitas Negeri yang berada di kota Surabaya, Indonesia, yang telah didirikan pada tanggal 19 Desember 1964. Moto UNESA yaitu "Growing with Character".

Universitas Negeri Surabaya memiliki 2 lokasi kampus yang dijadikan tempat perkuliahan, yaitu kampus Ketintang dan Kampus Lidah Wetan.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Negeri Surabaya (UNESA), yaitu :
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Biologi, S1 Matematika, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Biologi, S1 Pendidikan Sains.
  • Fakultas Ilmu Sosial (FIS) terdiri dari Program Studi S1 PPKN, S1 Pendidikan Geografi, S1 Pendidikan Sejarah, S1 Ilmu Hukum, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Sosiologi, S1 Ilmu Komunikasi, D3 Administrasi Negara
  • Fakultas Teknik (FT) terdiri dari Program Studi S1 Pend. T. Elektro, S1 Pend. T. Mesin, S1 Pend. T. Bangunan, D3 Teknik Listrik, D3 Manajemen Informatika, D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Sipil, D3 Transportasi,  S1 Teknik Sipil, S1 Pend. Teknologi Informasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Mesin, S1 Pend. Tata Boga, S1 Pend. Tata Busana, S1 Pend. Tata Rias, D3 Tata Boga, D3 Tata Busana
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi S1 Pendidikan Akuntansi, S1 Pendidikan Adm. Perkantoran, S1 Pendidikan Tata Niaga, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, D3 Akuntansi
  • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) terdiri dari Program Studi S1  Bimbingan Dan Konseling, S1 Teknologi Pendidikan, S1 Pend. Luar Sekolah, S1 Pend. Luar Biasa, S1 PGSD, S1 Psikologi, S1 PG-PAUD, S1 Manajemen Pendidikan
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1 Ilmu Keolahragaan,
  • Fakultas Bahasa Dan Seni (FBS) terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Jerman, S1 Pendidikan Bahasa Jepang, S1 Pendidikan Bahasa Jawa, S1 Pendidikan Seni Rupa, S1 Pendidikan Sendratasik, S1 Sastra Indonesia, S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Jerman, S1 Pendidikan Bahasa Mandarin, D3 Desain Grafis
  • Program Pascasarjana terdiri dari Program Studi Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Olahraga, Magister Pendidikan Sains, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia-Daerah, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Inggris, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Asing-Jepang, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Asing-Jerman, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Dasar, Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Studi Magister Pendidikan Seni Budaya, Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Magister Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Magister Pendidikan Luar Biasa, Magister Pendidikan Ekonomi, Doktor Pendidikan Matematika, Doktor Ilmu Keolahragaan, Doktor Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Doktor Pendidikan Sains, Doktor Teknologi Pendidikan, Doktor Manajemen Pendidikan.

Melihat banyaknya program studi jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana di UNESA yang saat ini telah ada. Maka ketika anda berniat untuk kuliah di UNESA, anda bisa memilih program studi yang telah ada tersebut disesuaian dengan minat dan bakat yang anda miliki.

Pada saat anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNESA, maka anda harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNESA.

Pada tahun ini, UNESA kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri.

Bagi anda yang ingin kuliah di UNESA dapat memilih jalur seleksi nasional atau jalur seleksi mandiri UNESA. Admin sarankan agar anda terlebih dahulu mengikuti seleksi jalur nasional. Namun apabila nantinya anda dinyatakan tidak lulus seleksi, maka anda dapat mengikuti seleksi jalur mandiri UNESA. Informasi mengenai jalur nasional dan jalur mandiri UNESA akan disajikan berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNESA Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diadakan oleh Pemerintah. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Jalur SNMPTN dikenal dengan sebutan jalur undangan masuk PTN dan biaya seleksinya gratis. Sedangkan jalur SBMPTN dikenal dengan sebutan jalur ujian tulis dan biaya seleksinya ditanggung oleh peserta.

Jadi silahkan anda pilih jalur SNMPTN atau SBMPTN, namun harus dapat memenuhi persyaratan masing-masing jalur tersebut. Berikut informasi lebih lanjut mengenai kedua jalur tersebut.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi undangan nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi jalur SNMPTN didasarkan pada penilaiaan nilai raport, nilai UN, portofolio, dan prestasi-prestasi relevan lainnya yang dimiliki siswa.

Siswa-siswi yang ingin mendaftar jalur SNMPTN ini harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan melakukan pengisian data siswa di PDSS melalui alamat pdss.snmptn.ac.id. Setelah melakukan pengisian data, Kepala Sekolah akan mendapatkan NISN dan password yang harus diberikan kepada masing-masing siswa peserta SNMPTN.

Selanjutnya siswa melakukan verifikasi data di PDSS pada alamat di atas, dan jika telah benar maka selanjutnya dapat mendaftar SNMPTN melalui alamat www.snmptn.ac.id

Untuk informasi berupa panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya telah admin rangkum tersendiri pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Bagi peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan diri atas rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mengikuti seleksi Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian soal yang dapat dikerjakan secara tertulis (PBT) ataupun menggunakan komputer (CBT).

Ujian soal CBT atau PBT tersebut diikuti oleh semua peserta SBMPTN, dan untuk peserta SBMPTN yang telah memilih program studi bidang Seni atau Keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang dilaksanakan setelah ujian CBT atau PBT.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk mendaftar. Panduannya baca disini

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTN, dan lain-lain telah admin rangkum pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran SBMPTN Online.

Untuk peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengikuti seleksi Bidikmisi atas usulan Kepala Sekolah. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Salah satu program Dikti untuk membantu calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga berekonomi rendah yaitu dengan memberikan biaya bantuan pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

UNESA merupakan salah satu Universitas Negeri yang menyalurkan Bidikmisi tersebut. UNESA menyalurkan Bidikmisi tersebut untuk calon mahasiswa baru. Bidikmisi yang dibuka oleh UNESA adalah Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, serta Bidikmisi jalur mandiri jika dibuka.

Peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus direkomendasaikan oleh Kepala Sekolah. Selanjunya dapat melakukan pendaftaran menggunakan kode akses pendaftaran dari Kepala Sekolah ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id dengan memilih fitur siswa.

Bacaan lengkap silahkan baca di Pendaftaran Bidikmisi

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNESA Jalur Mandiri

Jalur mandiri UNESA adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola oleh UNESA dibawah naungan Rektor.

Jalur mandiri ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru untuk masuk ke UNESA, Mungkin saja calon mahasiswa baru tersebut sebelumnya tela mengikuti seleksi jalur nasional tetapi pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri dengan mengikuti seleksi jalur mandiri.

Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri UNESA dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascsarjana. Keterangan lebih lanjut diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran Jalur SPMB UNESA

Jalur mandiri UNESA untuk jenjang Diploma dan Sarjana dikenal dengan nama SPMB yang terbagi menjadi 3 jalur, yaitu :
  • SPMB I khusus untuk Program Diploma III (prestasi dan reguler)
  • SPMB II untuk Program Sarjana (prestasi dan reguler)
  • SPMB III khusus untuk Program Diploma III (prestasi dan reguler)
Berdasarkan keterangan tersebut maka dapat diketahui bahwa jalur mandiri program Diploma dibuka 2 kali yaitu SPMB I dan SPMB III, sedangkan jalur mandiri program Sarjana dibuka 1 kali yaitu SPMB II.

Tata Cara Pendaftaran jalur SPMB UNESA
  1. Calon peserta terlebih dahullu membayar biaya pembayaran di BTN (biaya pendaftaran dan uji keterampilan/wawancara sesuai dengan jalur yang diikuti)
  2. Setelah membayar akan mendapatkan nomor vouher SPMB untuk melakukan pendaftaran online
  3. Selanjutnya melakukan pendaftaran online dengan mengisi formulir pendaftaran di laman http://akademik.unesa.ac.id
  4. Setelah selesai mengisi formulir tersebut. Selanjutnya Cetak Kartu Tanda Peserta Ujian dengan mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru) berformat JPG dengan ukuran maksimum 50 KB.
  5. Saat mengikuti tes tulis ataupun uji keterampilan/wawancara, diharapkan membawa Nomor tes, jadwal tes, lokasi ujian, dan lain-lain serta hal-hal yang dipersyaratkan dalam Kartu Tanda Peserta Ujian. Jangan lupa menandatangani Kartu Tanda Peserta Ujian tersebut 
Itulah tata cara pendaftaran jalur SPMB UNESA untuk SPMB I, SPMB II, dan SPMB III, baik SPMB Reguler ataupun SPMB Prestasi. Ada sedikit tambahan informasi mengenai jalur SPMB UNESA yaitu :

SPMB Prestasi

SPMB Prestasi adalah jalur mandiri UNESA yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus Sekolah pada tahun ini dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma atau Sarjana di UNESA.

Seleksi jalur SPMB Prestasi dilakukan tanpa tes tertulis namun didasarkan pada uji keterampilan / wawancara serta mengumpulkan berkas kelengkapan berupa foto kopi nilai rapor semester 1 sampai 5 yang sudah dilegalisir dan sertifikat / piagam sesuai pilihan sebanyak 1 lembar, dan serahkan pada saat ujian keterampilan / tes wawancara.

SPMB Reguler

SPMB Reguer adalah jalur mandiri yang diperuntukkan bagi peserta yang telah lulus Sekolah untuk lulusan 5 tahun terakhir dari tahun ini yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma atau Sarjana di UNESA.

Seleksi dilakukan melalui Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Keterampilan /wawancara.. Hasil dari tes tersebut akan dijadikan dasar kelulusan peserta.

2. Pendaftaran Pascasarjana UNESA

Selain menerima mahasiswa baru program Diploma dan Sarjana, UNESA juga melakukan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana.

Bagi anda yang ingin kuliah di UNESA pada program pascsarjana, maka terlebih dahulu melakukan pendaftaran. Untuk bisa mendaftar, terlebih dahulu peserta harus membayar biaya pendaftaran di BNI semua cabang di Indonesia untuk memperoleh token guna proses pendaftaran secara online.

Setelah memperoleh nomor token, selanjutnya dapat mendaftar online di alamat : pasca.unesa.ac.id dengan memilih menu "pendaftaran online" dan selanjunya mengisi biodata diri secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu tanda peserta.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNESA. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua terutama bagi yang akan mendaftar di UNESA.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi mmasuk UNESA melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucakan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang telah meluangkan waktu untuk membaca informasi disini. 

Sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi oang yang bisa meraih kesuksesan semuda mungkin. Amin. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman lainnya.