Pendaftaran UNTIRTA 2018/2019 (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

pmb.untirta.ac.id 2018 -- PMB UNTIRTA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTIRTA, Pendaftaran UNTIRTA Online, Pendaftaran Online UNTIRTA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA, Panduan Pendaftaran UNTIRTA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNTIRTA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNTIRTA 2018/2019 (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Informasi ini ditujukan utamanya bagi anda yang ingin kuliah di UNTIRTA. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

UNTIRTA atau Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan Universitas Negeri yang terletak di Jalan Raya Jakarta KM. 04, Kec. Serang, Banten, Indonesia, yang memiliki dua kampus yaitu kampus Serang dan kampus Cilegon.

UNTIRTA telah didirikan pada tanggal 1 Oktober 1981 sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang kemudian berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada tangal 19 Maret 2001.

Moto dari UNTIRTA adalah Maju, Bermutu, dan Berkarakter dalam Kebersamaan, sedangkan julukan untuk UNTIRTA adalah Kampus Peradaban.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Biologi.
  • Program Studi Baru terdiri dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Program Studi Bimbingan Konseling, Program Studi Pendidikan IPA, dan Program Studi Seni Drama, Tari, dan Musik.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Akuntansi (S1), Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Ekonomi Islam (S1), Keuangan Perbankan (D3), Akuntansi (D3), Perpajakan (D3), Pemasaran (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial Politik terdiri dari Program Studi Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Pemerintahan
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Agribisnis, Agroekoteknologi, ddan Perikanan
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi, Teknik Sipil
  • Program Pasca Sarjana terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Administrasi Publik, Magister Akuntansi, dan Magister Manajemen

Berdasarkan keterangan di atas, mungkin bisa menambah sedikit wawasan anda. Selain itu, dengan mengetahui sedikit gambaran tentang UNTIRTA tersebut, mudah-mudahan akan semakin meningkat minat anda terutama bagi anda yang ingin kuliah di UNTIRTA.

Pada saat anda ingin kuliah di UNTIRTA, maka anda juga harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNTIRTA.

Pada tahun ini, UNTIRTA kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Informasi selengkapnya diberikan berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Jalur ini terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke PTN di Indonesia, slah satunya jalur masuk ke UNTIRTA.

Jalur SNMPTN hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Seleksi didasarkan pada prestasi-prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport, nilai UN, portofolio, dan prestasi-prestasi lain yang relevan.

Proses pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya ke alamat pdss.snmptn.ac.id , selanjutnya siswa melakukan verifikasi data pada alamat tersebut. Setelah melakukan verifikasi, kemudian melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu mendaftar SNMPTN ke alamat web.snmptn.ac.idbaca disini


Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Untuk peserta yang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah, maka dapat mengajukan diri atas usulan Kepala Sekolah untuk mendapatkan Bidikmisi yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon peserta lulusan jenjang SMA / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diikuti oleh semua peserta, dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang diikuti oleh peserta yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan.

Pendaftaran dilakukan secara mandiri oleh peserta dengan mengakses alamat website pendaftaran.sbmptn.ac.id . Tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN.

Untuk peserta dari keluarga kurang mampu secara finansial, maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi merupakan salah satu program dari pemerintah untuk membantu calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi / finansial.

Calon peserta melakukan pendaftaran atas dasar usulan dari Kepala Sekolah. Pendaftaran dilakukan melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id , Informasi pendaftaran Bidikisi lengkap silahkan baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi yang bisa diikuti di UNTIRTA yaitu Bidikmisi SNMPTN dan Bidikmisi SBMPTN, dan nanti apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Lebih jelasnya dapat anda lihat di web UNTIRTA.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA Jalur Nusantara

Jalur nusantara adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi yang diadakan oleh suatu organ yang disebut dengan Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN).

P-SPMBN menyelenggarakan berbagai jenis seleksi atau tes yaitu UMB-PT, UMB-PTS, dan TPBI. UNTIRTA adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jenis seleksi UMB-PT.

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi merupakan jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya masuk ke UNTIRTA.

Pendaftaran UMB-PT dilakukan secara online melalui alamat penerimaan.spmb.or.id. Tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, daftar PTN, dan lain sebagainya dapat anda lihat pada artikel Pendaftaran UMB-PT atau Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran SPMB Online.

C. Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara langsung oleh UNTIRTA yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian lain sesuai ketentuan masing-masing program studi.

1. Pendaftaran Jalur Mandiri UNTIRTA

Salah satu tujuan diadakannya jalur mandiri yaitu untuk memberikan kesempatan lebih banyak kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di UNTIRTA.

Mungkin sebelumnya calon peserta telah mengikuti jalur lainnya, namun telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri. Informasi labih lanjut mengenai jalur mandiri UNTIRTA dapat anda lihat di alamat pmb.untirta.ac.id

2. Pendaftaran Pascasarjana UNTIRTA

Bagi anda yang ingin kuliah di UNTIRTA pada program Pascasarjana, silahkan anda daftarkan diri anda dengan mengikuti seleksi pada program Pascasarjana.

Biasanya pendaftaran dibuka pada beberapa gelombang, jadi bagi yang belum bisa mengikuti seleksi gelombang awal, maka bisa mengikuti seleksi gelombang berikutnya. Info lebih lengkap dapat anda baca di alamat pasca.untirta.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNTIRTA (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat terutama bagi anda yang ingin kuliah di UNTIRTA.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengicapkan terima kasih kepada anda yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di web infopmb.com ini. 

Sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Amin. Mari turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.