Pendaftaran UNIB 2018/2019 (Universitas Bengkulu)

admisi.unib.ac.id 2018 -- PMB UNIB, Pendaftaran UNIB Online, Pendaftaran Online UNIB, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIB, Panduan Pendaftaran UNIB, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNIB, Universitas Bengkulu. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNIB 2018/2019 (Universitas Bengkulu). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIB. Mari ikuti pembahasan informasinya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Bengkulu adalah Ibukota dari provinsi Bengkulu. Di Bengkulu terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri ternama seperti IAIN Bengkulu, STAIN Curup, Politekkes Bengkulu, dan UNIB.

UNIB atau Universitas Bengkulu adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Bengkulu, Indonesia, yang telah didirikan pada tanggal 24 April 1982.

Universitas Bengkulu (UNIB) memiliki 3 lokasi kampus yaitu yang terletak di Rawa Makmur (Kompleks Kampus Utama), Cimanuk, dan Air Sebakul.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Bengkulu (UNIB), yaitu :

Program Diploma
  • Program D-2 terdiri dari Pendidikan Guru TK, dan Pendidikan Guru SD
  • Program D-3 terdiri dari Bahasa Inggris, Akuntansi, Perpustakaan, Manajemen Perkebunan, dan Laboratorium Sains
Program Sarjana (S1)
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Jurusan Budidaya Pertanian (Program Studi Agroekoteknologi) Minat (Agronomi, Ilmu Tanah, Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman), Jurusan Kehutanan, Jurusan Peternakan, Jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), Jurusan Perlindungan Tanaman (Agroekoteknologi), Jurusan Ilmu Kelautan, dan Jurusan Teknologi Industri Pertanian.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  terdiri dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Sosiologi, Jurusan Ilmu Perpustakaan, Jurusan Jurnalistik, D3 Jurnalistik, D3 Perpustakaan, D3 sekretaris, AN Ekstensi
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Jurusan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Inggris, Jurusan Fisika, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Jurusan Pendidikan Jasmani dan kesehatan
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Jurusan Studi Pembangunan, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Akuntansi.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Matematika, Jurusan Kimia, Jurusan Biologi, dan Jurusan Fisika.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Informatika, Jurusan Elektro, Jurusan Sipil, dan Jurusan Mesin.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD)
Pascasarjana (S2)
  • Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Hukum, Magister Manajemen, Magister Perencanaan Pembangunan, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Pengelolaan dan Pemberdayaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Magister Pendidikan IPA, Magister Akuntansi, dan Magister Administrasi Publik.
Pascasarjana (S3)
  • Program Doktor Ilmu Manajemen

Dari sejumlah program studi yang ada di UNIB, mungkin saja ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNIB dan pilih program studi yang anda minati tersebut.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNIB, maka sebelumnya anda harus mengetahui informasi penting terkait penerimaan mahasiswa baru UNIB yaitu informasi tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNIB.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNIB ini perlu anda ketahui agar anda dapat menentukan pilihan jalur mana yang harus diikuti yang diperkirakan dapat memberikan peluang paling besar untuk memberikan kelulusan.

Dengan demikian, setelah anda menentukan satu jalur yang akan anda ikuti, maka anda harus mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan penerimaan melalui jalur yang anda pilih tersebut.

Berikut beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru UNIB yang dibuka pada tahun ini. Simak informasinya dengan baik.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNIB Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselengarakan oleh Pemerintah. Disini pemerintah bertindak secara langsung sebagai panitia seleksi yang berhak menentukan kelulusan calon mahasiswa baru.

UNIB adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur seleksi nasional. Jalur seleksi nasional yang diikuti oleh UNIB yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi. Keterangan lebih lanjut dapat anda ikuti berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, salah satunya adalah UNIB.

Jalur seleksi SNMPTN hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini dimana seleksinya dilakukan dengan didasarkan pada prestasi-prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Untuk proses pendaftaran dilakukan melalui 3 tahapan yaitu pendaftaran PDSS yang dilakukan oleh Kepala Sekolah di alamat pdss.snmptn.ac.id , kemudian siswa juga melakukan verifikasi data di alamat tersebut. dan tahap selanjutnya yaitu pemeringkatan dan tahap terakhir yaitu pendaftaran SNMPTN oleh siswa dia alamat web.snmptn.ac.id

Untuk panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, daftar nama PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dimaka seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk calon peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

Bagi yang sebelumnya telah ikuti seleksi jalur SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SBMPTN, atau bagi yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi, maka SBMPTN bisa menjadi alternatif.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Lakukan pengisian data pendaftaran pada alamat tersebut.

Untuk informasi berikan tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanan, biaya seleksi, jadwal pelaksanan, dan lain sebagainya dapat anda baca secara lengkap pda artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi merupakan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah untuk mengatasi kekurang biaya kuliah dan biaya hidup yang dialami oleh calon mahasiswa.

Dengan adanya Bidikmisi ini, maka calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu dapat kuliah secara gratis selama waktu yang ditentukan.

Bidikmisi yang dapat diikuti di UNIB yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila dibuka, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Untuk lebih jelasnya maka dapat anda lihat langsung di website resmi UNIB.

Untuk panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca secaa lengkap pada Pendaftaran Bidikmisi.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNIB Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh Panitia dari UNIB.

Jalur andiri ini dapat menjadi alternatif bagi anda yag telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi tidak lulus, maka slah satu jalur yang dapat diikuti adalah jalur mandiri.

Berikut beberapa jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNIB.

1. Pendaftaran Jalur SPMU

SPMU atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNIB adalah salah satu jalur seleksi UNIB. Jalur SPMB ini dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru Program S1 Reguler dan Diploma.

Jalur ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda secara online ke alamat spmu.unib.ac.id . Informasi yang anda perlukan dapat anda baca melalui alamat tersebut.

2. Pendaftaran UM UNIB

UM UNIB atau Ujian Masuk UNIB adalah jalur seleksi mahasiswa baru masuk ke UNIB yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Jalur ini daat menjadi alternatif terakhir untuk masuk ke UNIB, Maka dari itu anda harus mempersiapkan dri sebaik mungkin agar bisa lulus seleksi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur UM UNIB dapat anda baca secara langsung pada alamat admisi.unib.ac.id 

3. Pendaftaran Pascasarjana UNIB

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNIB juga kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Bagi anda yag berminat kuliah jenjang Pascasrjana di UNIB, silahkan daftarkan diri anda dengan terlebih dahulu membaca informasi pendaftaran Pascasarjana UNIB di alamat www.unib.ac.id atau admisi.unib.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UNIB (Universitas Bengkulu). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UNIB dan nantinya bisa belajar di UNIB. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang setiap hari selalu meluangkan waktunya untuk membaca artikel disini.

Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Mari turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.