Pendaftaran UIN Sunan Gunung Djati 2017/2018

www.uinsgd.ac.id 2017 -- PMB UINSGD, Pendaftaran Mahasiswa Baru UINSGD, Pendaftaran UINSGD Online, Pendaftaran Online UINSGD, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UINSGD, Panduan Pendaftaran UINSGD, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UINSGD, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. 2019. 2020.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran UIN Sunan Gunung Djati 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UIN Sunan Gunung Djati.

http://www.infopmb.com/

Bandung adalah Ibukota dari Jawa Barat. Di Bandung terdapat banyak sekali Perguruan Tinggi ternama seperti ITB, UNPAD, UPI, UINSGD, dan lain-lain.

UIN SGD atau UIN Sunan Gunung Djati atau dikenal dengan UIN Bandung adalah salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Bandung yaitu terletak di daerah Cibiru, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Sebelum menjadi UIN SGD, PTKIN ini adalah IAIN SGD Bandung yang telah didirikan pada 8 Agustus 1968 yang kemudian berubah nama menjadi UIN Sunan Gunung Djati (UIN-SGD) yang telah diresmikan pada 10 Oktober 2005.

Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Sunan Gunung Djati, yaitu :
  • Fakultas Ushuluddin terdiri dari Jurusan/Program Studi (S1) : Filsafat Agama (Akidah Filsafat), Perbandingan Agama, Ilmu Al-Qura'n dan Tafsir (Tafsir Hadits), Tasawuf dan Psikoterapi, Ilmu Hadits
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari Jurusan/Program Studi (S1) : Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA)
  • Fakultas Syariah dan Hukum terdiri dari Jurusan/Program Studi (S1) : Peradilan Agama dan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyah), Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah (Muamalah), Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah), Perbandingan Madzhab dan Hukum, Ilmu Hukum, Hukum Pidana Islam, dan Manajeman Keuangan Syariah
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari Jurusan/Program Studi (S1) : Bimbingan Konseling Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam, Ilmu Komunikasi Prodi Jurnalistik, dan Ilmu Komunikasi Prodi Hubungan Masyarakat
  • Fakultas Adab dan Humaniora terdiri dari Jurusan/Program Studi (S1) : Sejarah dan Peradaban Islam, Bahasa dan Sastra Arab, dan Sastra Inggris. Program Diploma 3 yaitu Bahasa Inggris
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Jurusan/Program Studi (S1) : Psikologi
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari Jurusan/Program Studi (S1) : Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Teknik Informatika, Pertanian/Agroteknologi, dan Teknik Elektro
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Jurusan/Program Studi (S1) : Administrasi Negara, Manajemen, dan Sosiologi
  • Program Magister (S2) terdiri dari Program Studi Ekonomi Syariah, Ekonomi Syariah (Muamalah), Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al Syakhsiyyah), Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadits, Ilmu Hukum, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Studi Agama-Agama (Religious Studies), dan SKI (Sejarah dan Kebudayaan Islam)
  • Program Doktor (S3) terdiri dari Program Studi Filsafat Agama, Hukum Islam, Pendidikan Islam, dan Perbandingan Agama

Itulah sedikit informasi mengenai UIN Sunan Gunung Djati, semoga bisa menambah wawasan anda terutama yang ingin kuliah di UIN Sunan Gunung Djati.

Bagi anda yang ingin kuliah di UIN Sunan Gunung Djati, maka dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti jalur-jalur seleksi masuk yang dibuka oleh UIN Sunan Gunung Djati.

Pada tahun ini, UIN SGD atau UIN Sunan Gunung Djati kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui beberapa jalur, baik jalur nasional ataupun jalur mandiri. Berikut informasinya.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi yang disenggarakan langsung oleh Pemerintah. UIN Sunan Gunung Djati turut berpartisipasi dalam beberapa jalur seleksi nasional seperti SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, dan UM-PTKIN. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jalur-jalur tersebut.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut di setiap semester.

Jalur SNMPTN di UIN Sunan Gunung Djati menawarkan program studi bidang umum yaitu selain bidang keagamaan. Untuk Program studi bidang keagamaan dapat dipilih dengan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN.

Proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya di pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa melakukan verifikasi data di alamat tersebut. Selanjutnya melakukan pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id, lihat disini

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diperuntukkan bagi calon peserta yang telah lulus dari jenjang SMA / sederajat yang lulus telah 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Meskipun SBMPTN merupakan jalur masuk ke PTN, namun UIN Sunan Gunung Djati turut berpartisipasi dalam jalur seleksi ini.

Program studi yang ditawarkan oleh UIN Sunan Gunung Djati melalui jalur SBMPTN merupakan program studi bidang umum selain bidang keagamaan. Untuk peserta yang ingin memilih program studi bidang keagamaan maka dapat memilih jalur UM-PTKIN.

Bagi yang ingin mendaftar SBMPTN, maka dapat melakukan pendaftaran secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id

Informasi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan program studi dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seperti UIN, IAIN, atau STAIN, dimana jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Calon peserta yang ingin mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka selanjutnya dapat melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id 
Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTKIN, dan hal penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN

4. Pendaftaran UM-PTKIN

UM-PTKIN adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seperti UIN, IAIN, atau STAIN di Indonesia.

Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri anda melalui alamat www.um-ptkin.ac.idTata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya seleksi, jadwal, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN

5. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah pemberian bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Pendaftaran Bidikmisi di UIN Sunan Gunung Djati dilakukan secara langsung melalui Bagian Kemahasiswaan Lantai 4 Kantor Pusat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Calon peserta dapat melakukan pendaftaran setelah memenuhi persyaratan dan melakukan pendaftaran sesuai jadwal yang telah ditentukan. Informasi lebih lanjut dapat anda baca langsung di website resmi UIN Sunan Gunung Djati di alamat www.uinsgd.ac.id

Untuk informasi Bidikmisi Perguruan Tinggi lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Bidikmisi dan baca juga Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh UIN Sunan Gunung Djati.

Jalur mandiri ini dapat dikatakan sebagai jalur alternatif untuk masuk ke UIN Sunan Gunung Djati. Mungkin sebelumnya anda telah mengikuti jalur seleksi nasional di atas, namun anda telah dinyatakan tidak lulus, maka jalur mandiri ini sebagai alternatifnya.

1. Pendaftaran Ujian Mandiri UIN Sunan Gunung Djati

Ujian mandiri diperuntukkan bagi anda yang ingin masuk ke UIN Sunan Gunung Djati melalui ujian tertulis yang diselengarakan langsung oleh UIN Sunan Gunung Djati.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda melalui alamat www.uinsgd.ac.id . Informasi lainnya dapat anda baca melalui alamat tersebut.

2. Pendaftaran Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati

UIN Sunan Gunung Djati kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana untuk tahun ajaran ini.

Penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana dibuka melalui Program Reguler dan Program Khusus. Perbedaan dari keduanya hanyalah terletak pada waktu perkuliahan dan biaya.

Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri anda dengan datang langsung ke Gedung Program Pascasarjana UIN SGD Bandung Jl. AH. Nasution No. 105 Kota Bandung dengan membawa persyaratan dan berkas-berkas pendaftaran. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di alamat www.ppsuinsgdbdg.ac.id

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UIN Sunan Gunung Djati. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda terutama yang ingin kuliah di UIN Sunan Gunung Djati.

Admin selaku pengurus web infopmb.com turut mendoakan agar anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UIN Sunan Gunung Djati. Selain itu, admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini.

Cukup sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi (G+1) informasi ini pada teman lainnya dan sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.