Pendaftaran SPAN PTKIN Online 2018/2019

www.span-ptkin.ac.id 2018 -- PMB Jalur SPAN PTKIN, Pendaftaran SPAN PTKIN, Pendaftaran Online SPAN PTKIN, Pendaftaran Maba SPAN PTKIN Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN PTKIN Online, Pendaftaran Jalur Undangan SPAN PTKIN, Pendaftaran Jalur Undangan PTKIN,  Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 2020. 2021.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran SPAN PTKIN Online 2018/2019. Dengan adanya informasi pada artikel ini, semoga bisa menjadi panduan untuk anda dalam melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN secara online. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.


SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia seperti Universtas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Seleksi jalur SPAN PTKIN Undangan ini tidak dilakukan melalui ujian tertulis, namun seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

Jalur SPAN-PTKIN ini diperuntukkan bagi siswa-siswa yang memiliki prestasi yang unggul di Sekolah dan siswa-siswi tersebut secara konsisten terus menunjukkan prestasinya tersebut di setiap semester.

Melihat data tahun sebelumnya bahwa peserta yang berminat mengikuti seleksi SPAN-PTKIN ini cukup banyak. Tentunya mereka adalah siswa-siswi berprestasi. Dari sekian banyak peserta yang mendaftar, hanya akan ada sebagian dari peserta yang akan diterima atau dinyatakan lulus seleksi.

Kriteria penerimaan mahasiswa baru jalur SPAN-PTKIN yaitu :
  • Telah dinyatakan lulus dari SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara
  • Dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN 2018
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima

Dengan mengetahui kriteria penerimaan di atas, maka anda harus mempersiapkan diri untuk dapat memenuhi kriteria tersebut agar bisa lulus seleksi SPAN-PTKIN.

Ada beberapa kelebihan yang di dimiliki SPAN-PTKIN, diantaranya yaitu :
  • Biaya seleksi gratis. Dengan gratis maka tentunya meringankan beban biaya bagi peserta. Peserta tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pendaftaram karena biaya pendaftaran telah ditanggung oleh pemerintah.
  • Seleksi dilakukan tanpa ujian tertulis. Karena seleksi SPAN-PTKIN dilakukan tanpa ujian tertulis, maka peserta tidak perlu repot-repot untuk berpikir keras. Seleksi dilakukan dengan penilaian dokumen berupa nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki tersebut, maka menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para peminatnya. Jika anda berminat dan anda adalah siswa-siswi berprestasi, silahkan daftarkan diri anda.

Ketika anda akan mendaftar SPAN-PTKIN, maka anda harus dapat memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan sebelumnya oleh panitia. Persyaratan pendaftaran SPAN-PTKIN ini diberikan untuk calon mahasiswa dan sekolah sebagai pemberi rekomendasi. Berikut informasinya.

Persyaratan Pendaftaran SPAN-PTKIN untuk Sekolah/Madrasah
  • Sekolah/Madrasah yang boleh mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah Sekolah/Madrasah yang telah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah yang berwenang.

Persyaratan Pendaftaran SPAN-PTKIN untuk Peserta
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2018
  • Telah mendapat rekomendasi dari kepala Sekolah/Madrasah.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Memiliki kesehatan yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran

Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi oleh Sekolah/Madrasah dan juga oleh calon peserta SPAN-PTKIN. Setelah dapat memenuhi persyaratan pendaftaran tersebut, maka selanjutnya dapat melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN.

Tata Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN Oleh Sekolah
  • Kepala Sekolah/Madrasah mendaftarkan sekolah dan siswanya pada seleksi SPAN-PTKIN, melalui alamat : www.span-ptkin.ac.id , buka disini
  • Kemudian Kepala Sekolah/Madrasah mengisi data sekolah dan data siswa peserta SPAN-PTKIN
  • Selanjutnya akan mendapatkan User ID dan Password untuk masing-masing siswa peserta
  • Berikan User ID dan Password tersebut kepada masing-masing siswa peserta
  • Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran online SPAN-PTKIN secara mandiri

Tata Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN Oleh Siswa
  • Siswa peserta membuka website resmi pendaftaran SPAN-PTKIN, yaitu www.span-ptkin.ac.id , buka disini
  • Login menggunakan User ID dan Password yang telah diberikan oleh kepala Sekolah / Madrasah
  • Siswa peserta mengisi biodata, mengunggah foto, memilih PTKIN, memilih program studi, mengunggah prestasi lain yang mendukung, dan melakukan finalisasi pendaftaran online.
  • Jika telah selesai, cetaklah kartu tanda peserta SPAN-PTKIN

Itulah tata cara pendaftaran yang dapat dilakukan oleh Sekolah/Madrasah dan Siswa peserta dalam mendaftar SPAN-PTKIN. Setelah mendaftar, maka tinggal menunggu hasil seleksi.

Namun ada yang perlu diperhatikan saat anda melakukan pengisian data pendaftaran. Pada saat sedang mengisi data, anda diminta untuk mengisi data pilihan PTKIN dan program studinya. Ada suatu ketentuan ketika anda mengisi data tersebut. Berikut informasinya.

Jumlah Pilihan PTKIN dan Program Studi dalam SPAN-PTKIN
  • Peserta dapat memilih maksimal 2 (dua) PTKIN yang diminati
  • Peserta dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
  • Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Jadi letakkan pada urutan pertama untuk PTKIN dan Program studi yang paling anda minati.

Itulah ketentuan dalam memilih PTKIN dan program studinya. Selainjutnya anda perlu melengkapi informasi yang anda miliki dengan jadwal pelaksanaan SPAN PTKIN. Berikut informasinya.

Jadwal Pelaksanaan SPAN PTKIN 2017
  • Pengisian PDSS : 2 Februari - 1 Maret 2017
  • Verifikasi PDSS : 2 Februari - 3 Maret 2017
  • Pendaftaran Siswa : 4 Maret – 7 April 2017
  • Proses Seleksi : 13 April – 26 April 2017
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 1 Mei 2017, lihat disini
  • Pendaftaran Ulang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima

Itulah jadwal yang harus anda perhatikan yang dapat anda jadikan acuan selama proses pelaksanaan SPAN PTKIN. Untuk informasi terakhir yang perlu anda ketahui yaitu daftar PTKIN se-Indonesia pada SPAN PTKIN. Berikut informasinya.

Daftar PTKIN pada SPAN PTKIN

Itulah daftar PTKIN se- Indonesia yang tergabung dalam SPAN-PTKIN. Silahkan anda pilih satu yang paling anda minati dan juga pilih program studi yang paling anda minati pada PTKIN pilihan anda.

Informasi tambahan !!! Untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi, silahkan mendaftarkan diri anda mengikuti program Bidikmisi PTKIN. Informasi Bidikmisi PTKIN dapat anda lihat dimasing-masing website PTKIN tujuan anda.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran SPAN PTKIN Online. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran SPAN PTKIN online.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa di PTKIN pilihan anda. Admin juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini serta untuk anda yang setiap hari selalu berkunjung di web ini.

Mari kita sama-sama berdoa, semoga dengan kuliah, kita bisa memperoleh ilmu pengetahui sebanyak-banyaknya yang nantinya dapat berguna bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat. Sekian dari admin, semoga kita bisa sukses semuda mungkin. Amin Ya Robbal Alamin.