Pendaftaran UNAIR 2017/2018 (Universitas Airlangga)

ppmb.unair.ac.id 2017 -- PPMB UNAIR, Pendaftaran UNAIR Online, Pendaftaran Online UNAIR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAIR, Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR, Seleksi Mahasiswa Baru UNAIR, Info Pendaftaran UNAIR, Cara Pendaftaran UNAIR, Panduan Pendaftaran UNAIR, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNAIR, Universitas Airlangga. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNAIR 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, mudah-mudahan bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNAIR. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Siapa yang tidak kenal Surabaya?, kota yang satu ini merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Di kota Surabaya, banyak sekali didirikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masuk dalam jajaran PTN ternama di Indonesia. Salah satu PTN ternama tersebut yaitu Universitas Airlangga.

Universitas Airlangga atau yang disebut UNAIR adalah Universitas Negeri yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Universitas Airlangga (UNAIR) telah didirikan pada 10 November 1954. Moto dari Universitas Airlangga  (UNAIR) adalah "Excellence with Morality"

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Airlangga (UNAIR) adalah sebagai berikut :
  • Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Dokter, dan S1 Pendidikan Bidan.
  • Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) terdiri dari S1 Pendidikan Dokter Gigi.
  • Fakultas Hukum (FH) terdiri dari S1 Ilmu Hukum.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdiri dari S1 Ilmu Ekonomi, S1 Ekonomi Syariah, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan Pendidikan Profesi Akuntansi.
  • Fakultas Farmasi (FF) terdiri dari S1 Pendidikan Apoteker, S2 Farmasi Klinik, S2 Ilmu Farmasi, S3 Ilmu Farmasi.
  • Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) terdiri dari S1 Kedokteran Hewan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari S1 Sosiologi, S1 Antropologi Sosial, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Politik, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
  • Fakultas Sains dan Teknologi (FST) terdiri dari S1 Ilmu dan Teknologi Lingkungan, S1 Sistem Informasi, S1 Statistika, S1 Tekno Biomedik, S1 Matematika, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Biologi, S2 Biologi, S2 Kimia, dan S3 Matematika dan IPA.
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) terdiri dari S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Gizi, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S2 Kesehatan dan Keselamatan Kerja, S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, S2 Kesehatan Lingkungan, S2 Epidemiologi, dan S3 Ilmu Kesehatan.
  • Fakultas Psikologi (FPsi) terdiri dari S1 Psikologi, dan S2 Profesi Psikologi.
  • Fakultas Ilmu Budaya (FIB) terdiri dari S1 Sastra Indonesia, S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Jepang, dan S1 Ilmu Sejarah
  • Fakultas Keperawatan (FKP) terdiri dari S1 Ilmu Keperawatan
  • Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) terdiri dari S1 Budidaya Perairan, dan S1 Teknologi Industri Hasil Perikanan.
  • Fakultas Vokasi terdiri dari D3 Analis Medis, D3 Rehabilitasi Medik/Fisioterapi, D3 Radiologi, D4 Radiologi, D3 Pengobat Tradisional, D4 Pengobat Tradisional, D3 Kesehatan Gigi dan Mulut, D3 Akuntansi, D3 Perpajakan, D3 Manajemen Pemasaran, D3 Manajemen Perhotelan, D3 Manajemen Perbankan, D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran, D3 Kesehatan Ternak Terpadu, D3 Teknisi Perpustakaan (PSTP), D3 Pariwisata Perhotelan, D3 Industri Pariwisata, D3 Sistem Informasi, D3 Otomasi Sistem Instrumentasi, D3 Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, D3 Bahasa Inggris, D4 Perawat Pendidikan (kerja sama dengan Depkes), dan D3 Budidaya Perikanan.
  • Pascasarjana terdiri dari Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kesehatan Gigi, Ilmu Kesehatan Olahraga, Ilmu Kesehatan Reproduksi, Biologi Reproduksi, Imunologi, Ilmu Hukum, Ilmu Manajemen, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu Forensik, Pengembangan SDM, Ilmu Kedokteran Tropis, Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Hukum, dan Magister Notariat.
  • Program Doktor terdiri dari Ilmu Kedokteran, Ilmu Kesehatan, Matematika dan IPA, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Ilmu Farmasi

Melihat begitu banyaknya program studi yang ada di UNAIR tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNAIR.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNAIR, maka anda harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNAIR.

UNAIR membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan juga jalur mandiri. Jalur nasional dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, sedangkan jalur mandiri dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis, dan Profesi.

Jalur nasional yang diikuti oleh UNAIR yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN. Kedua jalur tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah. Untuk SNMPTN biayanya gratis, sedangkan untuk SBMPTN biayanya ditanggung oleh peserta.

Berikut akan diberikan alur pendaftaran jalur mandiri untuk semua jalur penerimaan mahasiswa baru UNAIR.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri UNAIR
  1. Buka alamat resmi pendaftaran UNAIR di alamat pendaftaran.unair.ac.id
  2. Jika anda belum memiliki akun, silahkan klik menu "registrasi"
  3. Selanjutnya isi data berupa Nama, No. Telp, Email, Password, dan Kode Recaptcha
  4. Jika sudah mengisi data tersebut, lalu klik tombol "registrasi"
  5. Selanjutnya anda akan memperoleh konfirmasi melalui email.
  6. Jika telah memperoleh konfirmasi, maka anda bisa melakukan login pendaftaran menggunakan email dan password yang telah di daftarkan.
  7. Silahkan akses kembali alamat pendaftaran.unair.ac.id
  8. Sekarang klik menu login.
  9. Masukkan email dan password anda
  10. Setelah login, isi biodata sesuai formulir pendaftaran online yang tersedia
  11. Jika telah selesai, cetak kartu peserta dan bukti pendaftaran online

Itulah alur pendaftaran yang dapat anda lakukan ketika anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Berikut akan diberikan jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNAIR untuk jenjang Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis, dan Profesi. Simak dengan baik pembahasannya berikut ini.


Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR Jenjang Diploma



1. Pendaftaran Diploma III


Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Diploma 3 di UNAIR, maka anda bisa mengikuti seleksi jalur Diploma 3. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa yang telah lulus jenjang SMA / sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir.

2. Pendaftaran Diploma IV

Bagi anda yang telah lulus jenjang SMA / sederajat maksimal lulusan 3 tahun terakhir dan memiliki keinginan kuliah jenjang Diploma IV di UNAIR, maka dapat mengikuti seleksi jalur Diploma 4 ini.

Seleksi masuk Program Diploma IV dibedakan menjadi 2, yaitu Seleksi masuk Diploma IV Dari SMA/MA/SMK/MAK, dan seleksi masuk Diploma IV dari Diploma III.


Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR Jenjang Sarjana


1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN adalah jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi-prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport, UN, portofolio, dan prestasi lainnya yang relevan.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui 3 tahap. Tahap pertama yaitu pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di alamat pdss.snmptn.ac.id, tahap kedua yaitu pemeringkatan, dan tahap ketiga yaitu pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id

Informasi berupa panduan pendaftaran SNMPTN, persyaratan pendaftaran, daftar PTN se-Indonesia, jadwal pelaksanaan, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Bagi peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga yang memiliki tingkat penghasilan rendah, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Bidikmisi. Calon peserta harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk bisa mendaftar Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian soal yang dikerjakan secara tertulis (PBT) atau menggunakan komputer (CBT). Seleksi CBT atau PBT tersebut diberikan untuk semua peserta SBMPTN, sedangkan peserta yang memilih program studi bidang Seni atau Keolahragaa harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online oleh calon peserta melalui alamat resmi yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran.

Informasi berupa panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, daftar PTN se-Indonesia, jadwal pelaksanaan, dan hal penting lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

Untuk peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan diri untuk mengikuti seleksi Bidikmisi.

Calon peserta harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk bisa mendaftar jalur ini. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah pemberian bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi.

Calon peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka peserta akan diberi kode akses pendaftaran untuk login ke alamat Bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bidikmisi yang bisa diikuti di UNAIR yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, serta Bidikmisi jalur mandiri jika dibuka. Informasi lebih lanjut silahkan baca di web UNAIR atau di artikel Pendaftaran Bidikmisi

4. Pendaftaran Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi tidak lulus, maka bisa mendaftarkan diri lagi dengan mengikuti seleksi jalur mandiri.


5. Pendaftaran Alih Jenis


Alih jenis merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru bagi lulusan Diploma III yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana pada bidang yang relevan.

6. Pendaftaran Mahasiswa Asing

Jalur Mahasiswa Asing diperuntukan bagi mahasiswa asing yang ingin kuliah jenjang Sarjana di UNAIR.

General Requirements
  • Foreigner who holds study permit from The Ministry of Education and Culture.
  • Graduated from High School (SMA, SMU, MA, SMK, or Foreign High School) three last years.
  • Have no disability that could be interrupt studying process.
  • Have no color blind, partial/total.
  • Copy of the highest education diploma
  • Copy of academic transcript in English verified by representative office of origin country of the school
  • Certificate that states candidate is proficient in English such as TOEFL, IELTS, ELPT for Medicine Study Program, Institutional TOEFL score must be at least 550 (paper-based) or other English proficiency test with equal value.
  • Self statement explaining that candidate has never involved in any violence such as criminal, a drug user, and an alcoholic
  • Color photograph, 4 x 6 cm size (4 sheets)
  • Financial support letter (either from parent or the sponsoring party)
  • Copy of birth certificate or passport

7. Pendaftaran Kelas Internasional

Kelas Internasional adalah jalur penerimaan mahasiswa baru untuk kurikulum kelas internasional yang dikembangkan berdasarkan standar internasional yang diarahkan oleh Federasi Dunia untuk Pendidikan Kedokteran dan Konsil Kedokteran Indonesia.

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR Program Profesi dan Spesialis

1. Pendaftaran Program Profesi

Penerimaan mahasiswa baru program profesi diperuntukkan bagi lulusan Program Studi S1 dari PTN / PTS terakreditas yang ingin memilih program Profesi di UNAIR. Pada saat ini hanya dibuka ada beberapa program studi saja yang membuka program profesi.

2. Pendaftaran Program Spesialis

Program Spesialis merupakan program keahlian khusus. Bagi anda lulusan S1 yang ingin meneruskan pendidikan ke Program Spesialis, Biasanya Program Spesialis ini dibuka pada program studi bidang kesehatan. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi ini.


Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR Jenjang Pascasarjana


1. Pendaftaran Program Magister

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Magister di UNAIR, maka anda dapat mengikuti seleksi masuk jenjang Masgiter. Seleksi masuk Magister di UNAIR dibedakan menjadi jalur Reguler, Kelas Kerjasama, dan Kelas Luar Domisili. Silahkan daftarkan diri anda sesuai dengan ketentuan masing-masing jalur.

2. Pendaftaran Program Doktor

UNAIR juga menerima mahasiswa baru untuk Program Doktor. Pendaftaran dilakukan secara online yang dibedakan untuk 2 jalur yaitu jalur Reguler, dan jalur Kelas Kerjasama


3. Pendaftaran Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul


UNAIR juga membuka penerimaan mahasiswa baru Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul. Program Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) merupakan Program Pendidikan Pascasarjana yang dibiayai melalui beasiswa Dikti

Penting!!!
Untuk informasi pendaftaran jalur mandiri UNAIR yang belum diberikan disini dapat anda lihat langsung di alamat ppmb.unair.ac.id . Untuk pendaftaran dilakukan melalui alamat pendaftaran.unair.ac.id yang langkah-langkahnya telah diberikan di bagian awal.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNAIR. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com. Sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. 

Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman lain yang membutuhkan. Baca Juga : Pendaftaran PTN lainnya