Pendaftaran UNSIKA 2018/2019 (Universitas Singaperbangsa Karawang)

pmb.unsika.ac.id 2018 -- PMB UNSIKA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIKA, Pendaftaran UNSIKA Online, Pendaftaran Online UNSIKA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIKA, Panduan Pendaftaran UNSIKA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNSIKA, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Singaperbangsa Karawang. 2020. 2021.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNSIKA 2018/2019 (Universitas Singaperbangsa Karawang)8. Melalui informasi pada artikel ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam proses pendaftaran mahasiswa baru UNSIKA. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Jawa Barat merupakan salah satu Provinsi yang memiliki banyak sekali Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Beberapa PTN yang ada di Jawa Barat diantaranya adalah UNSIKA, UNSIL, UI, IPB, UPI, UNPAD, ITB, UIN SGD, dan lain sebagainya.

UNSIKA merupakan salah satu Universitas Negeri yang ada di Jawa Barat tepatnya di Jl. HS.Ronggo Waluyo, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361, Indonesia.

Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) telah didirikan pada 2 Mei 1982 oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan. Pada 6 Oktober 2014, Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) telah berganti status dari Perguruan Tinggi Swasta ke Perguruan Tinggi Negeri.

Fakultas dan Program Studi yang ada di UNSIKA, yaitu :
  • Fakultas Ilmu Hukum terdiri dari Program Studi S1 Ilmu Hukum
  • Fakultas Agama Islam terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Studi D.2 Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Islam (PGTKI), Program Studi D.2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Islam/ Madrasah Ibtidaiyah (PGSDI/ MI), dan Program Studi D.2 Tadris Bahasa Inggris (Tadris)
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi S1 Manajemen, Program Studi D3 Akuntansi, Program Studi S1 Akuntans
  • Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari Program Studi S1 Teknik Informatika
  • Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik terdiri dari Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan, dan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi S1 Agroteknologi
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi D3 Teknik Mesin
  • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi S1 Pendidikan Matematika, dan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
  • Program Pascasarjana terdiri dari Program Studi Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum

Dari beberapa program studi yang telah diselenggarakan oleh UNSIKA, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dapat itu silahkan anda daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNSIKA.

Anda bisa memilih program studi yang anda di UNSIKA tersebut disesuaikan dengan kemampuan, miat, dan bakat yang anda miliki agar nantinya anda bisa menjalani kuliah anda untuk program studi yang anda piliah dengan baik.

Ketika anda akan kuliah di UNSIKA, maka anda perlu mengetahui salah satu informasi penting, yaitu jalur-jalur masuk ke UNSIKA. Dengan mengetahui jalur-jalur masuk ke UNSIKA, maka anda dapat meentukan pilihan jalur mana yang akan anda ikuti.

Pada tahun ini, UNSIKA membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Pembahasan selengkapnya mengenai jalur nasional dan jalur mandiri diberikan berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIKA Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan langsung oleh Pemerintah. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke PTN di Indonesia, salah satunya masuk ke UNSIKA.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus dari suatu Sekolah pada tahun ini. Siswa tersebut secara konsisten menunjukkan prestasi disetiap semester.

Alur pendaftaran diawal dari Kepala Sekolah mendaftarkan siswa berprestasinya ke alamat pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa melakukan verifikasi data di alamat tersebut. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN di alamat www.snmptn.ac.id

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, jadwal pelaksanaan, dan lain-lain selengkapnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Untuk peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu karena penghasilan orang tuanya rendah, maka dapat mengajukan diri atas rekomendasi Kepala Sekolah untuk mendapatkan Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian soal yang dikerjakan secara tertulis (PBT) atau menggunakan komputer (CBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk peserta yang memilih Progam Studi bidang Keolahragaan atau Seni.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya seleksi, kriteria penerimaan, daftar PTN, dan lain-lain dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

Bagi peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga berekonomi rendah, maka dapat mengusulkan untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut Bidikmisi.

Calon peserta harus direkomndasikan oleh Kepala Sekolah saat akan mendaftar Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah pemberian bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga berekonomi rendah. Calon mahasiswa yan demikian mendapat kesempatan untuk mendaftar Bidikmisi.

Calon peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka mendapatkan kode akses pendaftaran dari Kepala Sekolah untuk mendaftar Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bidikmisi yang dibuka oleh UNSIKA adalah Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, serta Bidikmisi jalur mandiri apabila nanti dibuka. Untuk informasi Bidikmisi selengkapnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIKA Jalur Mandiri

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNSIKA juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri UNSIKA dikenal dengan sebutan SMMPTN. Seleksi jalur SMMPTN ini dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta.

Penerimaan mahasiswa baru UNSIKA melalui jalur SMMPTN dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

1. Pendaftaran Jenjang Diploma

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Diploma di UNSIKA, maka dapat mengikuti seleksi jalur SMMPTN UNSIKA. Calon peserta yang bisa mendaftar maksimal lulusan SMA / sederajat 5 tahun terakhir termasuk tahun ini.

2. Pendaftaran Jenjang Sarjana

Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti seleksi jalur SMMPTN. Calon peserta yang boleh mendaftar yaitu lulusan SMA / sederajat untuk 5 tahun terakhir termasuk tahun ini.

3. Pendaftaran Jenjang Pascasarjana

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UNSIKA, maka bisa mengikuti seleksi jalur SMMPTN. Untuk bisa mendaftar, maka peserta sudah harus memiliki ijazah dan transkip akademik.

Penting!!!
Untuk informasi pendaftaran jalur mandiri / SMMPTN UNSIKA yang belum disampaikan disini, maka dapat anda lihat langsung di web UNSIKA di alamat pmb.unsika.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNSIKA (Universitas Singaperbangsa Karawang) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan panduan bagi anda dalam mendaftar mahasiswa baru UNSIKA.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNSIKA melalui jalur yang anda ikuti. Tak lupa admin mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia yang selalu berkunjung untuk membaca informasi di web ini. Sekian info dari admin dan salam sukses. Ayo sukai halaman web kami dan turut berbagi (G+1) / share (FB) pada teman.