Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah 2017/2018

pdss.snmptn.ac.id 2017 -- Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah, Pengisian Data PDSS SNMPTN Sekolah, Halaman Login PDSS untuk Sekolah, Cara Mendaftar PDSS SNMPTN Sekolah, Cara Pengisian dan Verifikasi PDSS SNMPTN, Panduan Pengisian PDSS untuk Sekolah Jenjang SMA / MA / MAK / MAK, Pendaftaran PDSS SNMPTN Online. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran PDSS SNMPTN, baik oleh pihak Sekolah ataupun pihak Siswa. Mari simak informasinya berikut ini.

www.infopmb.com

Setelah anda membaca informasi tentang Cara Pendaftaran SNMPTN, maka sekarang kita akan membahas tentang Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah. Sebagai pembuka, admin akan mengingatkan anda tentang kepanjangan PDSS dan SNMPTN.

Mungkin ada yang lupa apa kepanjangan dari PDSS dan SNMPTN ?

Nah ini dia jawabannya :
PDSS memiliki kepanjangan kata yaitu Pangkalan Data Sekolah dan Siswa, sedangkan SNMPTN memiliki kepanjangan kata yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.
Setelah mengetahui kepanjangan kata dari PDSS dan SNMPTN, selanjutnya mari kita lanjutkan dengan pembahasan mengenai PDSS SNMPTN.

PDSS SNMPTN adalah suatu portal resmi untuk pengisian data-data sekolah dan data-data siswa sebagai bagian dari serangkaian proses pendaftaran SNMPTN.

Pendaftaran PDSS ini merupakan tahap awal dari serangkaian proses pendaftaran SNMPTN. Alur singkat pendaftaran PDSS yaitu mula-mula Kepala Sekolah mendaftarkan sekolahnya, kemudian mendaftarkan siswa-siswinya, selanjutnya siswa juga melakukan verifikasi data pendaftaran, dan akhirnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN.

Agar lebih memahami mengenai proses pendaftaran PDSS SNMPTN, maka admin akan memberikan penjelasannya secara rinci berikut ini.

Pendaftaran PDSS SNMPTN untuk Sekolah

Pada saat proses pendaftaran SNMPTN, Sekolah turut serta terlibat dalam proses pendaftaran. Disini Sekolah bertindak sebagai instansi pemberi rekomendasi untuk siswa-siswi terbaik yang akan mengikuti SNMPTN.

Proses pemberian rekomendasi ini dilakukan oleh Kepala Sekolah dan proses pengisian data dapat dilakukan oleh tenaga kependidikan (TU) di sekolah tersebut. Berikut alur pendaftarannya.

Pendaftaran Sekolah Baru

Sekolah yang belum pernah melakukan pengisian PDSS pada tahun-tahun sebelumnya ada dua kategori:
  • Sekolah sudah terdaftar di PDSS, tapi sekolah belum pernah mengisi form pendaftaran
  • Sekolah belum terdaftar di PDSS
1. Sekolah yang sudah terdaftar di PDSS, tapi belum pernah mengisi form pendaftaran

Untuk sekolah yang sudah terdaftar di PDSS namun belum pernah mengisi data pendaftaran dikarenakan suatu hal, maka perlu mendaftarkan sekolah tersebut agar dapat memberikan rekomendasi untuk siswa dalam proses pendaftaran SNMPTN. Berikut info selengkapnya :
  1. Buka alamat pdss.snmptn.ac.id
  2. Pilih menu halaman sekolah
  3. Pilih provinsi, kabupaten/kota, kemudian pilih sekolah Anda.
  4. Isikan NPSN dan Nama Sekolah, lalu klik "lanjut"
  5. Kemudian mengisi form pendaftaran secara lengkap
  6. Setelah selesai lalu klik "Simpan Pendaftaran Sekolah"
  7. Sistem akan memvalidasi NPSN sekolah.
  8. Setelah berhasil melakukan pendaftaran sekolah, maka sekolah dapat melakukan "login"

2. Sekolah yang belum terdaftar di PDSS, namun sudah memiliki NPSN

Proses pendaftaran untuk Sekolah yang belum terdaftar di PDSS namn sudah memiliki NPSN maka harus melakukan pendaftaran seperti alur berikut ini :
  1. Silahkan akses alamat pdss.snmptn.ac.id
  2. Klik menu "Halaman untuk Sekolah"
  3. Pilih menu "Daftar Sekolah Baru"
  4. Masukkan NPSN yang didaftarkan pada kolom yang tersedia
  5. Kemudian klik "lanjut"
  6. Sistem PDSS akan memeriksa NPSN yang diisikan ke website PDSS. Jika NPSN sudah terdaftar, maka informasi sekolah akan muncul pada form pendaftaran
  7. Kemudian lengkapi informasi pendaftaran sekolah pada form yang tersedia 
  8. Setelah berhasil melakukan pendaftaran sekolah, maka sekolah dapat melakukan "login"

Catatan:
* Jika NPSN tidak dikenal, atau jika sekolah belum memiliki NPSN, maka sekolah harus mendaftar secara manual dengan mengirimkan surat kepada Panitia Nasional SNMPTN 2017 setelah memiliki NPSN. Pendaftaran sekolah dapat diproses setelah sekolah memiliki NPSN

* Jika pada saat pengisian data anda memiliki kesulitan dalam pendaftaran, silakan mengirimkan email ke alamat pdss@snmptn.ac.id
  • Email tersebut diperuntukkan khusus bagi sekolah yang mengalami kesulitan mendaftar/login, jika Anda sudah bisa login, silakan ajukan permasalahan melalui menu Bantuan
  • Ketika mengirim email, tuliskan nama sekolah dan NPSN

3. Login Sekolah yang telah terdaftar di PDSS dan telah memiliki NPSN

Untuk sekolah yang telah terdaftar di PDSS tahun sebelumnya, maka dapat langsung login dengan memasukkan password sekolah yang digunakan pada tahun lalu. 

Selain itu, untuk sekolah yang baru mendaftar PDSS tahun ini dan telah mendapatkan konfirmasi dari Panitia, silahkan login ke PDSS menggunakan password yang telah diberikan. Berikut alur login pendaftarnya :
  1. Silahkan akses alamat pdss.snmptn.ac.id
  2. Klik menu "Halaman untuk Sekolah"
  3. Temukan sekolah anda dengan alur : pilih provinsi, kabupaten/kota, kemudian pilih sekolah Anda.
  4. Setelah menemukan sekolah anda, maka akan muncul keterangan berupa nama sekolah, NPSN, alamat sekolah, dan harus mengisi password sekolah untuk bisa "login"
  5. Jika sekolah baru login untuk pertama kalinya, maka akan muncul pesan untuk membaca panduan PDSS
  6. Jika tombol "Kembali ke halaman utama" di-klik, maka akan muncul halaman konfirmasi akreditasi sekolah.
  7. Sesuaikan data dengan akreditas sekolah anda. Jika telah selesai lalu klik centang lalu klik "simpan"
  8. Silahkan kelola informasi sekolah (jika ada perubahan), pendefinisian kurikulum, pendaftaran kelas, pengisian data siswa tiap kelas, pengisian nilai siswa, dan data-data lain yang diperlukan.
  9. Jika telah selesai mengisi data, jangan lupa untuk mendownload password siswa untuk didistribusikan kepada seluruh siswa
  10. Jika proses pendaftaran telah selesai, silahkan klik log out untuk keluar dari sistem.

Catatan :
Apabila ada permasalahan / kesulitan dalam proses pendaftaran , maka dapat melaporkan permasalahan dengan mengakses menu "bantuan" yang tersedia di sistem PDSS tersebut.

Setelah proses pendaftaran PDSS SNMPTN oleh Sekolah telah selesai, maka dilanjutkan dengan proses verifikasi data pendaftaran PDSS oleh siswa. Informasi pendaftaran PDSS oleh siswa dapat dibaca secara lengkap pada artikel berikut :
Dari informasi yang telah diberikan di atas, maka dapat disimpulkan mengenai proses atau alur pendaftaran PDSS seperti berikut ini.
  1. Sekolah mendaftarkan diri ke PDSS dengan mengisi data sekolah dan data siswa
  2. Kemudian akan mendapatkan password untuk masing-masing siswa
  3. Siswa menggunakan password dan NISN untuk login verifikasi data di PDSS

Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel berikut :
Untuk calon peserta Bidikmisi jalur SNMPTN silahkan baca Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat khususnya bagi anda selaku operator sekolah yang bertugas mengisi data sekolah dan data siswa pada proses pendaftaran SNMPTN. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.