Cara Pendaftaran SNMPTN 2018/2019

Cara Pendaftaran SNMPTN 2018 -- Alur Pendaftaran SNMPTN ac id, Tata Cara Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah dan Siswa. Tahapan Pendaftaran SNMPTN, Langkah-langkah Pendaftaran SNMPTN, Urutan Pelaksanaan Pendaftaran SNMPTN, Pendaftaran Jalur Undangan SNMPTN ac id.

Kali ini admin akan memberikan informasi yang berjudul Cara Pendaftaran SNMPTN 2018/2019. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat membantu calon peserta SNMPTN dalam melakukan proses pendaftaran SNMPTN.


Berbicara mengenai pendaftaran SNMPTN, maka salah satu hal yang penting untuk dipahami adalah cara pendaftarannya. Dengan mengetahui cara pendaftaran SNMPTN, maka ketika melakukan proses pendaftaran SNMPTN dengan dilakukan dengan lancar.

Maka dari itu anda calon peserta SNMPTN perlu membaca informasi ini sebagai panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran SNMPTN nantinya.

Perlu diingat bahwa calon peserta SNMPTN adalah siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari Sekolah pada tahun ini yang telah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Jadi tidak semua siswa dapat mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini.

Ketika akan mendaftar SNMPTN, maka harus melalui berbagai tahapan pendaftaran seperti yang telah ditetapkan oleh panitia SNMPTN berikut ini :
  1. Pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa
  2. Pemeringkatan
  3. Pendaftaran SNMPTN oleh siswa.
Penjelasan lebih lanjut diberikan berikut ini :

1. Pengisian PDSS oleh Sekolah dan Verifikasi oleh Siswa

Tahap awal pendaftaran SNMPTN adalah pengisian PDSS oleh Sekolah dimana sekolah bertindak sebagai pemberi rekomendasi dengan mengisi data-data sekolah dan data-data siswa calon peserta SNMPTN. Pendaftaran PDSS SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat pdss.snmptn.ac.id

Silahkan baca selengkapnya : Pendaftaran PDSS SNMPTN oleh Sekolah

Setelah proses pendaftaran PDSS SNMPTN oleh Sekolah selesai, maka selanjutnya siswa calon peserta SNMPTN melakukan verifikasi data pendaftaran yang telah diisikan oleh pihak Sekolah di PDSS.

Siswa calon peserta SNMPTN login ke website PDSS SNMPTN dan memilih login siswa. Silahkan login menggunakan Username dan Password dari Kepala Sekolah.

Silahkan baca selengkapnya : Verifikasi Data PDSS SNMPTN oleh Siswa

2. Pemeringkatan

Setelah pendaftaran PDSS SNMPTN oleh Sekolah selesai, dan verifikasi data juga telah dilakukan oleh siswa, maka selanjutnya sistem akan melakukan Pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) pada semester tiga, semester empat dan semester lima.

Siswa yang memiliki prestasi akademik unggul berdasarkan Pemeringkatan yang dilakukan oleh  Panitia Nasional serta sesuai ketentuan akreditasi Sekolah maka akan diijikan untuk mendaftar SNMPTN.

3. Pendaftaran SNMPTN oleh Siswa

Siswa yang telah masuk ke tahap pendaftaran SNMPTN adalah siswa yang telah didaftarkan di PDSS SNMPTN, telah melakukan verifikasi data pendaftaran, dan telah memenuhi standar pemeringkatan.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan sendiri oleh siswa dengan mengakses alamat web.snmptn.ac.id . Siswa mengisi sejumlah data pendaftaran berupa memilih Memilih PTN dan Program Studi, Mengunggah Foto, Mengisi Form Pendaftaran, Mengisi Prestasi, Mengisi Portofolio, Verifikasi Peserta Bidikmisi, Finalisasi Pendaftaran, dan Mencetak Kartu Peserta.


Untuk informasi lengkap mengenai SNMPTN seperti persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, tahapan seleksi, daftar PTN se-Indonesia, jumlah pilihan PTN dan program studi, dan informasi lainnya dapat anda baca secara lengkap pada artikel berikut :
Itulah cara pendaftaran SNMPTN yang dapat dilakukan oleh Siswa dan pihak Sekolah. Dengan melakukan proses pendaftaran yang sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh Panitia SNMPTN, mudah-mudahan proses pendaftaran dapat berjalan lancar.

Cukup sekian informasi yang dapat admin sampaikan tentang Cara Pendaftaran SNMPTN. Mari kita sma-sama berdoa semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin Ya Robbal Alamin.

Silahkan bagikan atau share informasi ini kepada teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.