Pendaftaran UNIPA 2018/2019 (Universitas Papua)

www.unipa.ac.id 2018 -- PMB UNIPA, Pendaftaran UNIPA Online, Pendaftaran Online UNIPA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIPA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIPA, Panduan Pendaftaran UNIPA, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNIPA, Universitas Papua. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNIPA 2018/2019 (Universitas Papua). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran online sebagai calon mahasiswa baru UNIPA. Ayo ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

UNIPA atau Universitas Papua adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Papua yang berlokasi di Sorong, Manokwari, dan Raja Ampat.

Universitas Papua (UNIPA) didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 153 tahun 2000, tanggal 3 November 2000.

UNIPA merupakan pengembangan dari Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih. UNIPA diresmikan pada hari Sabtu, tanggal 28 Juli 2001 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi atas nama Menteri Pendidikan Nasional.

Universitas Papua (UNIPA) telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini yaitu :

Program Studi Bidang IPA Jenjang Diploma dan Sarjana
  • Agribisnis, Agroteknologi, Biologi, Fisika, Ilmu Kelautan, Kehutanan, Kimia, Manajemen Sumberdaya Perairan, Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Peternakan, Teknik Geologi, Teknik Informatika, Teknik Listrik, Teknik Pertambangan, Teknologi Hasil Pertanian
Program Studi Bidang IPS Jenjang Diploma dan Sarjana
  • Akuntansi, Antropologi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris,
Program Pascasarjana
  • Ilmu Lingkungan, Ilmu Pertanian, dan Ilmu Peternakan.

Itulah daftar Program Studi yang ada di UNIPA yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIPA.

Sekarang anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UNIPA untuk menyeleks calon mahasiswa baru. Simak informasinya berikut ini.

A. Pendaftaran UNIPA Jalur SNMPTN

Jalur SNMPTN dikenal dengan sebutan jalur undangan masuk ke PTN karena memang jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mendapatkan undangan.

Siswa-siswi yang mendapatkan undangan tersebut tentunya ada siswa-sisiwi berprestasi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut di tiap semester. Prestasi-prestasi siswa tersebut nantinya akan menjadi dasar proses seleksi dari jalur SNMPTN.

Untuk proses pendaftaran dilakukan melalui tahapan rekomendasi oleh Kepala Sekolah kemudian dilanjutkan dengan tahap pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi data di pdss.snmptn.ac.id dan siswa juga melakukan verifikasi data di alamat tersebut. Selanjutnya tahap pemeringkatan oleh panitia. Tahap akhir yaitu pendaftaran SNMPTN oleh siswa di alamat web.snmptn.ac.id

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, daftar PTN se-Indonesia, dan hal lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

B. Pendaftaran UNIPA Jalur SBMPTN

Jalur SBMPTN dikenal dengan sebutan jalur tertulis karena memang seleksi melalui jalur SBMPTN ini dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta, namun untuk peserta yang memilh program studi bidang seni dan keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan Prodi, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

C. Pendaftaran UNIPA Jalur SESAMA

Seleksi Siswa Andalan Masuk UNIPA (SESAMA-UNIPA) adalah jalur seleksi masuk ke UNIPA yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis.

Seleksi SESAMA-UNIPA hanya diperuntukan khusus bagi siswa-siswi dari SMA, SMK dan MA yang berada di Tanah Papua (Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat).

Persyaratan yang harus dipenuhi:
  • Mengisi formulir pendaftaran peserta SESAMA-UNIPA yang dapat diperoleh melalui Kepala Sekolah, mengambil langsung di BPAK-UNIPA, atau mengunduh di website UNIPA: http//:www.unipa.ac.id
  • Melampirkan fotocopy raport semester 3, 4 dan 5 yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Pejabat berwenang.
Kemudian mengirim berkas pendaftaran yang dapat diantarkan langsung ke Panitia atau dikirim melalui jasa pengiriman misalnya melalui POS ke alamat:
PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIPA
TAHUN AKADEMIK .....
JL. GUNUNG SALJU AMBAN MANOKWARI, KODE POS 98314
Selanjutnya menunggu pengumuman kelulusan yang dapat dilihat di website UNIPA pada alamat unipa.ac.id atau melalui pihak sekolah masing-masing.

Catatan : Tahun akademik di atas harus di isi sesuai dengan tahun akademik saat ini.

D. Pendaftaran UNIPA Jalur Seleksi Lokal

Jalur seleksi lokal merupakan salah satu jalur seleksi masuk ke UNIPA yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Bagi anda yang telah mengikuti jalur seleksi di atas namun telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur Seleksi Lokal ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat unipa.ac.id . Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat melalui alamat tersebut.

E. Pendaftaran Bidikmisi UNIPA 

Bidikmisi merupakan program pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berpotensi akademik. UNIPA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyalurkan Bidikmisi tersebut.

Calon peserta yang ingin mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mendapatkan kode akses pendaftaran. Selanjutnya dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id lalu pilih menu siswa. Silahkan login menggunakan kode akses dari Kepala Sekolah.

Bidikmisi yang dapat diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila UNIPA membukanya, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri.

Informasi lainnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi.

F. Pendaftaran Pascasarjana UNIPA.

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNIPA juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Untuk informasi pendaftaran dapat anda akses melalui alamat website UNIPA pada unipa.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Itulah informasi mengenai Pendaftaran UNIPA (Universitas Papua). Semoga informasi yang telah admin berikan tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki sebelumnya.

Ayo bantu bagikan (G+) atau share (FB) artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Terima kasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa kembali.