Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN 2016/2017

Bidikmisi SBMPTN 2017 -- pendaftaran.sbmptn.or.id : Beasiswa Bidik Misi, Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN Online, Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN, Pendaftaran Bidikmisi Ristek DIKTI Jalur SBMPTN, Info Tata Cara dan Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN, Beasiswa Bidikmisi Ristek DIKTI.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN 2016/2017. Informasi ini diberikan sebagai lanjutan informasi sebelumnya yaitu tentang Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.


Biaya kuliah atau biaya pendidikan perorangan adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk membiayai pendidikannya sampai selesai mengikuti pendidikan di suatu Perguruan Tinggi.

Mahalnya biaya kuliah atau biaya pendidikan dapat membuat seseorang yang awalnya memiliki niat ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, namun akhirnya niat tersebut hilang dikarenakan masalah biaya pendidikan yang begitu mahal.

Pemerintah melalui DIKTI berusaha mengatasi masalah tersebut dengan menyalurkan dana bantuan pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi.

Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa penyaluran Bidikmisi ini dilakukan melalui jalur nasional dan juga jalur mandiri. Penyaluran Bidikmisi melalui jalur nasional diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Penyaluran Bidikmisi melalui jalur nasional terbagi menjadi 3 jalur, yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN, Bidikmisi jalur SBMPTN, dan Bidikmisi jalur PMDK PN. Selain itu, ada pula Bidikmisi untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang disalurkan melalui jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur mandiri PTKIN.

Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi Bidikmisi SNMPTN tetapi pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus seleksi, maka anda dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi Bidikmisi SBMPTN.

Tentunya anda telah memiliki KAP dan PIN yang telah anda peroleh sebelumnya setelah pendaftaran Bidikmisi. Anda dapat menggunakan kembali KAP dan PIN tersebut untuk mendaftar Bidikmisi jalur SBMPTN.
Bidikmisi SBMPTN diberikan bukan hanya untuk siswa-siswi berprestasi, tetapi juga untuk siswa-siswi yang memiliki prestasi biasa-biasa saja juga bisa mendaftar, namun yang utama yaitu berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi.

Info : Siswa-siswa yang dimaksud di atas adalah siswa-siswi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri.

Dengan adanya Bidikmisi ini, maka calon mahasiswa tersebut dapat terbantu dalam hal membayar biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah.

Untuk bisa mendaftar Bidikmisi jalur SBMPTN, maka calon mahasiswa tersebut harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran Bidikmisi dan juga memenuhi persyaratan pendaftaran SBMPTN. Berikut informasi selengkapnya untuk  anda.

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016
  2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi.
  3. Usia maksimal pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Memiliki potensi akademik unggul berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S-1 (Sarjana) atau Diploma 4.
  6. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    1. PTN dengan pilihan seleksi masuk :
      • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
      • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
      • Seleksi Mandiri PTN
    2. Politeknik, UT, dan ISI
    3. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk
Persyaratan Pendaftaran SBMPTN
  1. Telah lulus Sekolah Menengah seperti SMA / MA / SMK / MAK / dan sederajat lainnya.
  2. Bagi calon peserta lulusan tahun 2014 dan 2015  harus sudah memiliki ijazah.
  3. Bagi calon peserta lulusan tahun 2016 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  4. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya
Setelah anda dapat memenuhi kedua persyaratan pendaftaran di atas, maka anda dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN.

Untuk bisa mendapatkan Bidikmisi SBMPTN ini, maka calon mahasiswa harus melalui alur pendaftaran seperti berikut ini :
  1. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.ristekdikti.go.id. lakukan pengisian data sesuai formulir pendaftaran yang tersedia.
  2. Setelah mengisi data pada alamat di atas, maka akan mendapatkan KAP dan PIN yang dapat digunakan untuk login pendaftaran SBMPTN.
  3. Gunakan KAP dan PIN untuk login pendaftaran SBMPTN ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  4. Lakukan pengisian data pendaftaran SBMPTN sampai selesai
  5. Cetak bukti pendaftaran SBMPTN berupa kartu tanda peserta SBMPTN
Itulah alur pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN yang dapat anda lakukan. Untuk penjelasan lebih rinci, maka anda perlu membaca tata cara pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN berikut ini.

Ingatlah.! bahwa anda terlebih dahulu melakukan pendaftaran Bidikmisi dan selanjutnya mendaftar SBMPTN seperti yang dijelaskan pada alur pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN di atas.

Dengan tata cara pendaftaran yang diberikan pada artikel tersebut, semoga dapat memberikan panduan untuk anda dalam proses pendaftaran Bidikmisi SBMPTN. Pada artikel tersebut juga dijelaskan tentang jadwal pelaksanaan dan ketentuan lainnya.

Setelah mendaftar Bidikmisi dan mendaftar SBMPTN, selanjutnya anda harus mengikuti ujian seleksi SBMPTN seperti peserta SBMPTN lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa ujian SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang diberikan untuk  peserta yang memilih program studi bidang Seni atau Olahraga.

Setelah anda mengikuti ujian seleksi SBMPTN, maka anda tinggal menunggu pengumuman SBMPTN. Jika anda nanti dinyatakan lulus seleksi SBMPTN, maka anda memiliki peluang yang besar untuk bisa mendapatkan Bidikmisi. Namun jika anda tidak lulus seleksi SBMPTN, maka peluang anda untuk mendapatkan Bidikmisi telah hilang.

Untuk anda yang telah dinyatakan lulus SBMPTN, maka selanjutnya panitia Bidikmisi biasanya akan melakukan survey ke rumah anda untuk membuktikan kesesuaian informasi yang diperoleh dengan fakta yang ada.

Jika anda dinyatakan layak untuk mendapatkan Bidikmisi, maka panitia akan mengumuman kelulusan seleksi Bidikmisi jalur SBMPTN melalui website resmi masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang anda pilih pada saat pengisian data pendaftaran.

Sedangkan bagi anda yang dinyatakan tidak lulus SBMPTN, tentunya Bidikmisi pun tidak bisa diperoleh.  Namun anda tetap memiliki peluang untuk mendapatkan Bidikmisi melalui jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing-masing.

Informasi mengenai Bidikmisi jalur mandiri PTN dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri. Bukan hanya Bidikmisi jalur mandiri PTN, pada artikel tersebut juga dijelaskan Bidikmisi Jalur Mandiri PTS. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi artikel tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam proses pendaftaran Bidikmisi SBMPTN.


Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi SBMPTN dan akhirnya bisa mendapatkan Bidikmisi. Jika anda bisa mendapatkan Bidikmisi, maka gunakanlah bantuan biaya Bidikmisi tersebut untuk membiayai pendidikan anda dan kebutuhan lain yang sesuai ketentuan.

Mari sama-sama berdoa semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang terdidik sehingga hidup kita bisa bahagia. Mari kita raih kesuksesan semuda mungkin.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.