Pendaftaran UIN Ar-Raniry 2017/2018

www.ar-raniry.ac.id 2017 -- PMB UIN Ar-Raniry (UINAR), Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry, Pendaftaran UIN Ar-Raniry Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry, Panduan Pendaftaran UIN Ar-Raniry, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur Mandiri, Bidikmisi, PPs UIN Ar-Raniry, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. 2019. 2020.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UIN Ar-Raniry 2017/2018. Informasi ini ditujukan bagi anda yang berminat untuk kuliah di Pendaftaran UIN Ar-Raniry. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

UIN Ar-Raniry atau disingkat UINAR adalah Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri yang terletak di Banda Aceh Provinsi Aceh.

Selain UIN Ar-Raniry, di Aceh juga terdapat perguruan tinggi lainnya seperti UNSYIAH, UNIMAL, UTU, Poltekkes Aceh, dan lain-lain.

Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Ar-Raniry, yaitu :
  • Fakultas Syariah dan Hukum terdiri dari program studi : S1 Hukum Keluarga, S1 Perbandingan Mazhab, S1 Hukum Pidana Islam, S1 Hukum Ekonomi Syariah, S1 Hukum Tata Negara, S1 Ilmu Hukum.
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari program studi : S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Pendidikan Bahasa Arab, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Manajemen Pendidikan Islam, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, S1 Pendidikan Teknik Elektro
  • Fakultas Ushuluddin dan Filsafat terdiri dari program studi : S1 Ilmu Aqidah, S1 Ilmu Perbandingan Agama, S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir, S1 Filsafat Agama, S1 Sosiologi Agama
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari program studi : S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam, S1 Bimbingan dan Konseling Islam, S1 Manajemen Dakwah, S1 Pengembangan Masyarakat Islam
  • Fakultas Adab dan Humaniora terdiri dari program studi : S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam, S1 Bahasa dan Sastra Arab, S1 Ilmu Perpustakaan, D3 Ilmu Perpustakaan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari program studi : D3 Perbankan Syariah, S1 Perbankan Syariah, S1 Ekonomi Syariah, S1 Ilmu Ekonomi
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari program studi : S1 Kimia, S1 Biologi, S1 Arsitektur, S1 Teknik Lingkungan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintah terdiri dari program studi : S1 Ilmu Politik, S1 Ilmu Administrasi Negara
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi S1 Psikologi
  • Pascasarjana terdiri dari program studi : S2 Ilmu Agama Islam, S3 Fiqh Modern (Hukum Islam), S3 Pendidikan Agama Islam

Itulah sedikit informasi tentang UIN Ar-Raniry. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita semua terutama bagi anda yang ingin kuliah di UIN Ar-Raniry. 

Sekarang mari kita bahas tentang jalur-jalur seleksi masuk ke UIN Ar-Raniry yang diperkirakan akan dibuka pada tahun ini. Simak informasinya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran UIN Ar-Raniry Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan yang diperuntukan bagi siswa-sisiwi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini dan memiliki keinginan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN,d atau STAIN.

Proses pendaftaran dilakukan secara online yang dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswanya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah siswa didaftarkan oleh Kepala Sekolah, berikutnya siswa melakukan pendaftaran mandiri menggunakan ID pendaftaran dari Kepala Sekolah.

Proses pendaftaran dilakukan melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Untuk sekolah silahkan pilih menu sekolah, dan untuk siswa silahkan pilih menu siswa.
Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, pilihan PTKIN, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2. Pendaftaran UIN Ar-Raniry Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seperti UIN, IAIN, dan STAIN yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id . Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta tanpa harus melalui pihak sekolah.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, pilihan PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN lengkap, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3. Pendaftaran UIN Ar-Raniry Jalur SBMPTN

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur seleksi masuk ke PTN yang ada di Indonesia. Meskinpun demikian, namun UIN Ar-Raniry sebagai PTKIN turut serta dalam jalur seleksi SBMPTN.

Seleksi jalur SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diberikan untuk semua peserta dan ada ujian tambahan untuk peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, kriteria penerimaan, tahapan seleksi, jadwal pelaksanaan, pilihan PTN dan Program Studi, daftar PTN di Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

4. Pendaftaran UIN Ar-Raniry Jalur Mandiri

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UIN Ar-Raniry juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menerima mahasiswa baru.

Proses penyeleksian dikelola secara langsung oleh panitia dari UIN Ar-Raniry. Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca secara langsung melalui alamat www.ar-raniry.ac.id

5. Pendaftaran Bidikmisi UIN Ar-Raniry

Calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang ingin kuliah di UIN Ar-Raniry tidak perlu khawatir mengenai pembayaran biaya kuliah.

Calon mahasiswa dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

Dengan mendapatkan Bidikmisi, maka pembayaran biaya kuliah akan ditanggung oleh pihak kampus atau Pemerintah dan mahasiswa yang bersangkutan bisa kuliah secara gratis.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi UIN Ar-Raniry dapat anda baca selengkapnya pada alamat website www.ar-raniry.ac.id
6. Pendaftaran Pascasarjana UIN Ar-Raniry

UIN Ar-Raniry kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascaarjana, maka UIN Ar-Raniry dapat dijadikan sebagai pilihan anda. Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca di www.ar-raniry.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke UIN Ar-Raniry (UINAR) yang dapat anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru nanti. Pilihlah satu jalur yang memiliki peluang besar untuk kelulusan anda.

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UIN Ar-Raniry. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua. Admin mengucapkan terimakasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca informasi ini.

Jangan lupa kunjungi terus web infopmb.com ini untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Ayo turut berbagi info ini dan sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungannya.