Pendaftaran UM-PTKIN 2018/2019

www.um-ptkin.ac.id 2018 -- PMB Jalur UM-PTKIN, Pendaftaran UM-PTKIN Online, Info Pendaftaran UM-PTKIN, Panduan Pendaftaran UM-PTKIN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN, Pendaftaran Online UM-PTKIN, Tata Cara Mendaftar UM-PTKIN, Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN, Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN, Jalur Seleksi Nasional (UM-PTKIN), Jalur Seleksi Ujian / Tes Tertulis, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 2020. 2021.

Baiklah, pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftara UM-PTKIN 2018/2019. Informasi ini diberikan dengan harapan bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran UM-PTKIN. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari ikuti proses pembahasannya berikut ini.



UM-PTKIN atau yang memiliki kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

UM-PTKIN ini merupakan jalur seleksi nasional dimana seleksinya didasarkan pada hasil ujian tertulis dari masing-masing peserta. Hasil ujian tertulis yang dimiliki peserta yang memenuhi kriteria yang sesuai dengan ketentuan panitia UM-PTKIN, maka peserta tersebut nantinya memiliki peluang yang besar untuk dinyatakan lulus seleksi.

Penyelenggaraan UM-PTKIN dilaksanakan secara bersamaan oleh UIN, IAIN, dan STAIN di seluruh Indonesia yang dikoordinasi oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Melalui seleksi UM-PTKIN diharapkan dapat menjaring calon mahasiswa yang memiliki kemampuan yang baik yang diprediksikan dapat menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dengan tepat waktu.

UM-PTKIN merupakan kelanjutan dari SPAN-PTKIN. Kedua jalur tersebut merupakan jalur masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Perbedaannya yaitu : SPAN-PTKIN dilakukan tanpa ujian tertulis dan khusus untuk siswa (calon mahasiswa) yang berprestasi, sedangkan UM-PTKIN dilaksanakan melalui ujian tertulis untuk semua calon peserta lulusan SMA / sederajat untuk tiga tahun terakhir.

Bagi calon peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SPAN-PTKIN tetapi tidak lulus, serta bagi calon peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SPAN-PTKIN, maka dapat mengikuti seleksi UM-PTKIN.

Untuk dapat mengikuti seleksi UM-PTKIN, maka terlebih dahulu anda harus dapat memenuhi persyaratan pendaftarannya. Berikut informasinya.

A. Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Lulus tahun 2016, 2017 dan 2018 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2016 dan 2017 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2018 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  2. Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
  4. Peserta dapat memilih tipe ujian yang disukai dengan syarat kuota ruangan masih tersedia. Terdapat 2 (dua) macam tipe ujian yaitu :
    • Paper Based Test (PBT) , adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).
    • Computer Based Test (CBT), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. 
    • Tipe ujian CBT hanya ada pada PTKIN tertentu dengan kuota peserta terbatas.

Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi ketika akan mendaftarkan diri mengikuti seleksi UM-PTKIN. Setelah memenuhi persyaratan tersebut, silahkan anda melakukan pendaftaran UM-PTKIN.

Berikut ini admin akan memberikan informasi mengenai alur pendaftaran UM-PTKIN yang dapat anda lakukan saat akan mendaftar UM-PTKIN

B. Alur Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Calon peserta mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
  2. Calon peserta melakukan pembayaran di Bank BNI atau Selain BNI dengan ketentuan sebagai berikut : 
    • Melalui Bank BNI / BNI Syariah, pembayaran dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking (Aplikasi Android/IOS), Keagenan Bank BNI / BNI Syariah dengan menunjukkan / memasukkan nomor SIP.
    • Selain Bank BNI, pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Kantos Pos atau Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI anda. (ada tambahan biaya tergantung mitra).
  3. Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  4. Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi, lokasi ujian dan tipe ujian (CBT atau PBT) hingga cetak kartu ujian.
  5. Mengikuti ujian CBT atau PBT di lokasi PTKIN yang telah dipilih.

C. Tata Cara Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Silahkan buka alamat pendaftaran UM-PTKIN : www.um-ptkin.ac.id
  2. Klik menu "Daftar" dibagian atas sebelah kanan, lalu pilih tombol "Daftar"
  3. Lengkapi biodata pendaftaran hingga mendapatkan nomor Slip Instruksi Pembayaran (SIP) dan PIN.
  4. Kemudian membayar biaya pendaftaran di Bank  BNI / BNI Syariah
  5. Buka kembali alamat www.um-ptkin.ac.id
  6. Klik menu "Daftar" dibagian atas sebelah kanan, lalu pilih tombol "Login"
  7. Login pendaftaran ke alamat menggunakan nomor SIP dan PIN.
  8. Setelah masuk, lengkapi data pendaftaran anda.
  9. Jika telah selesai mengisi data tersebut, silahkan akhiri proses pendaftaran dengan klik tombol "selesai"
  10. Selanjutnya akan muncul pilihan "OK atau Cancel". Pilih OK jika telah yakin dengan pilihan anda.
  11. Setelah klik "OK", maka akan tampil halaman baru berupa identitas yang telah anda masukkan tadi. Slahkan klik tombol “Download Kartu Ujian” yang ada di sebelah kanan atas untuk mendownload kartu ujian.
  12. Cetak kartu ujian tersebut pada kertas legal atau folio.
  13. Klik tombol “Logout” untuk keluar dari sistem.

Itulah proses atau cara pendaftaran UM-PTKIN yang dapat anda lakukan mulai dari awal hingga mencetak kartu ujian UM-PTKIN. Informasi lebih rinci dapat anda baca pada Cara Pendaftaran UM-PTKIN

Pada saat pendaftaran, anda akan diberi kesempatan untuk memilih beberapa PTKIN dan program studinya. Ketentuan lebih jelas akan diberikan berikut ini

D. Pilihan PTKIN dan Program Studi pada UM-PTKIN
  1. Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) PTKIN
  2. Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi
  3. Program studi pertama wajib diisi, sedangkan program studi pilihan kedua dan ketiga tidak wajib.
  4. Urutan pilihan menyatakan prioritas pilihan. Untuk itu, letakkan pada pilihan pertama untuk PTKIN dan program studi yang sangat anda minati.

Itulah jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi pada UM-PTKIN. Selanjutnya anda perlu mengetahui kriteria apa yang menjadi dasar penilaian panitia dalam menentukan kelulusan peserta UM-PTKIN. Berikut informasinya.

E. Kriteria Penerimaan UM-PTKIN
  1. Telah lulus satuan pendidikan menengah atas (SMA/MA/Sederajat)
  2. Lulus UM-PTKIN 2018
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN.
  5. Melakukan Pendaftaran Ulang pada PTKIN Penerima.

Selanjutnya anda juga perlu mengetahui jadwal pelaksanaan UM-PTKIN agar saat mendaftar anda tidak terlambat. Berikut jadwal selengkapnya.

F. Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN 2017
  • Pendaftaran UM-PTKIN : 10 April - 10 Mei
  • Pelaksanaan Ujian seleksi : 23 Mei
  • Pengumuman UM-PTKIN : 19 Juni , lihat disini
*jadwal 2018 akan di update kemudian

Itulah informasi yang harus anda perhatikan dengan baik. Sebagai pelengkap informasi, admin akan memberikan daftar nama-nama PTKIN yang telah tergabung dalam UM-PTKIN. Berikut selengkapnya.

G. Daftar PTKIN pada UM-PTKIN

Daftar PTKIN Zona I
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sumatera Utara Medan
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Imam Bonjol Padang
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bukittinggi
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Batu Sangkar
  9. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Malikussaleh Lhokseumawe
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Bengkalis
  12. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Meulaboh
Daftar PTKIN Zona II
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Fatah Palembang
  2. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Raden Intan Lampung
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bengkulu
  5. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Kerinci Jambi
  6. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Curup
  7. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Jurai Siwo Metro Lampung
  8. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Daftar PTKIN Zona III
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pontianak
Daftar PTKIN Zona IV
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Walisongo Semarang
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Surakarta
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Purwokerto
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Salatiga
  6. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Pekalongan
  7. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Kudus
Daftar PTKIN Zona V
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Ampel Surabaya
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Antasari Banjarmasin
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Samarinda
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Jember
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Mataram
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palangkaraya
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Tulungagung
  9. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Pamekasan
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Kediri
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Ponorogo
Daftar PTKIN Zona VI
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Alauddin Makassar
  2. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sultan Amai Gorontalo
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ambon
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Manado
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Dato Karama Palu
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palopo
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kendari
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ternate
  9. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Pare-Pare
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Watampone
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Al-Fatah Jayapura
  12. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Sorong
  13. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Majene

Itulah daftar PTKIN yang tergabung dalam UM-PTKIN. Silahkan anda pilih sesuai keinginan anda.

Silahkan Baca Juga Jalur Tertulis Lainnya :

Baca Juga :

Demikianlah informasi-informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UM-PTKIN. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam persiapan pendaftaran UM-PTKIN.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UM-PTKIN.

Silahkan bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Caranya cukup dengan klik tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi UM-PTKIN dan diterima di PTKIN pilihan anda. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjungi. Mari kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT memberikan kemudahan bagi kita dalam menuju kesuksesan. Amin.