Pendaftaran Bidikmisi PTKIN 2018/2019

Bidikmisi PTKIN 2018 -- Pendaftaran Bidikmisi UIN, IAIN, STAIN, Pendaftaran Bidikmisi Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri, Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi PTKIN, Beasiswa PTKIN untuk Calon Mahasiswa Tidak Mampu. Bidikmisi Kampus Agama Islam. 2020. 2021.

Pada kesempatan in admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Bidikmisi PTKIN 2018/2019. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya tentang Bidikmisi PTKIN. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Mahalnya biaya pendidikan menjadi salah satu hilangnya semangat seseorang untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Mereka menganggap tidak akan mampu membayar biaya pendidikan dan biaya hidup yang begitu mahal.

Apalagi jika ngekos, maka akan semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Dengan itu, mereka memutuskan untuk menunda kuliah dan memilih bekerja dengan kemampuan seadanya.

Pemerintah bersama lembaga, pihak kampus, atau pihak-pihak yang memiliki wewenang terkait, telah berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dalam hal ini, Pemerintah bersama pihak terkait lainnya memberikan dana bantuan berupa biaya pendidikan dan biaya hidup kepada mahasiswa selama masa perkuliahan normal.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Bidikmisi PTKIN, maka anda perlu mengetahui beberapa pengertian berikut ini untuk menunjang pemahaman anda tentang Bidikmisi PTKIN.
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang berpenghasilan ekonomi rendah.
PTKIN merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang ada di Indonesia yang berbentuk Universitas Islam Negeri (UIN), Institus Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).  
Bidikmisi PTKIN merupakan bidikmisi yang diberikan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di PTKIN seperti UIN, IAIN, atau STAIN.
Setelah mengetahui beberapa pengertian di atas, maka anda sekarang tentunya telah mengetahui apa itu Bidikmisi PTKIN.

Admin tegaskan kembali bahwa Bidikmisi PTKIN adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang unggul dan berkeinginan untuk kuliah di PTKIN yang ada di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN.

Admin telah merangkum informasi dari beberapa PTKIN bahwa ada salah satu persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon peserta Bidikmisi PTKIN, yaitu :
  • Calon peserta merupakan peserta seleksi jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, atau jalur mandiri.
Untuk itu, anda harus dapat memenuhi persyaratan khusus tersebut. Namun di beberapa PTKIN lainnya hanya menentukan bahwa calon peserta merupakan peserta seleksi jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, tidak termasuk untuk jalur mandiri. Ada juga yang mensyaratkan bahwa peserta telah dinyatakan lulus dari  jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, atau jalur mandiri.

Dengan demikian, maka calon peserta Bidikmisi PTKIN harus dapat memenuhi persyaratan Bidikmisi dan persyaratan salah salah satu jalur yaitu jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, atau jalur mandri.

Maka dari itu, untuk lebih jelasnya anda harus membaca informasi selengkapnya di website resmi PTKIN (UIN, IAIN, STAIN) tujuan anda.

Selain persyaratan khusus tersebut, calon peserta juga harus dapat memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditentukan oleh masing-masing PTKIN.

Berikut adalah persyaratan pendaftaran Bidikmisi PTKIN secara umum untuk calon peserta :
  1. Calon peserta adalah siswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK sederajat untuk lulusan tahun kemaren dan lulusan tahun ini.
  2. Lulusan Tahun lalu yang bukan penerima Bidik Misi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di PTKIN penerima.
  3. Usia maksimal pada saat mendaftar 21 tahun, dibuktikan dengan Akte Kelahiran yang dilegalisir oleh Camat/lurah/Pejabat yang berwenang.
  4. Siswa Penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM), Kartu Pengaman Sosial (KPS), dan Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  5. Tingkat Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  6. Mengisi Formulir permohonan dan menyerahkannya kepada petugas
  7. Menyerahkan fotocopy KTP Orang Tua dan KTP Calon Mahasiswa, Fotocopy KK, dan fotocopy salah satu dari kartu Jamkesmas, Raskin, Gakin, PKH, BLT, BLSM, KIP,KIS dan lainnya yang menunjukkan ketidakmampuan secara ekonomi.
  8. Photo copy Ijazah dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Madrasah. 
  9. Photo copy Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Madrasah.Surat Keterangan Rangking Kelas dari Kepala Sekolah.Photo copy raport dari semester I – VI yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Madrasah.
  10. Bukti pendukung prestasi bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang asli dan fotocopy.
  11. Surat Keterangan Tidak Mampu dari desa/kelurahan;
  12. Slip Gaji dan/ atau surat keterangan penghasilan;
  13. Fotocopy rekening listrik;
  14. Fotocopy Pajak Bumi dan Bangunan;
  15. Pas Foto terbaru dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  16. Pas photo warna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar.
  17. Foto rumah (Depan, samping, belakang) dan foto diri dengan keluarga di dalam rumah.







                Itulah persyaratan pendaftaran Bidikmisi PTKIN secara umumnya. Ingat bahwa persyaratan di atas tidak semuanya harus dipenuhi, anda hanya cukup memenuhi persyaratan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh PTKIN tujuan anda. Jangan sampai salah pemikiran anda tentang persyaratan tersebut.

                Persyaratan di atas adalah persyaratan yang umumnya diberikan oleh PTKIN kepada calon peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi PTKIN. Untuk persyaratan yang valid atau sah, silahkan anda lihat langsung di website resmi PTKIN tujuan anda.

                Berdasarkan uraian pada pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa calon peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi adalah calon peserta yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki potensi akademik yang unggul. Calon peserta juga merupakan peserta SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, atau jalur mandiri PTKIN.

                Baca Juga Pendaftaran Bidikmisi lainnya :

                Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Bidikmisi PTKIN yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

                Terima kasih untuk anda yang telah membaca informasi ini dan mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca informasi di web ini. Cukup sekian dari admin dan salam sukses selalu.