Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN 2018/2019

Bidikmisi PMDK-PN 2018 -- PMB Jalur Bidikmisi PMDK-PN, Pendaftaran Online Bidikmisi PMDK-PN, Panduan Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN, Info Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN, Cara Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN, Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN, Jadwal Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN. Bidikmisi PMDK Politeknik Negeri se-Indonesia. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Bidikmisi PMDK PN 2018/2019. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat membantu anda dalam memperoleh informasi lengkap tentang Bidikmisi jalur PMDK PN. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

PMDK PN atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri merupakan jalur seleksi undangan untuk masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia.

Peserta PMDK PN adalah hanya siswa-siswi berprestasi dari masing-masing sekolah yang akan lulus pada tahun ini yang secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut di setiap semester.

Prestasi yang akan dinilai adalah nilai rapor dari kelas X sampai kelas XII semester 1 dan prestasi-prestasi lain yang pernah diraih tentunya prestasi yang relevan.

Siswa-siswi calon peserta PMDK PN tentunya berasal dari berbagai tingkatan dilihat dari segi ekonomi. Ada yang berasal dari keluarga berekonomi mampu, ada yang berasal dari keluarga berekonomi sedang, dan ada pula yang berasal dari keluarga berekonomi rendah.

Jalur PMDK PN tidak memberi penilaian terhadap status ekonomi orang tua calon peserta PMDK PN, namun yang menjadi penilaian awal adalah bahwa calon peserta PMDK PN adalah siswa-siswi berprestasi.

Bagi siswa-siswi berprestasi yang berasal dari keluarga berekonomi menengah ke atas, jika mereka ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri, mengenai biaya kuliah tentunya tidak menjadi masalah karena penghasilah orang tua mereka mampu mencukupinya.

Sedangkan bagi siswa-siswi berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri, terkadang mengalami kendala dalam hal membayar biaya kuliah karena memang penghasilan orang tua mereka rendah.

Dikarenakan penghasilan orang tua mereka rendah, terkadang siswa-siswi tersebut berpikir ulang untuk kuliah karena mereka berpikir ketika mereka kuliah akan membebani orang tua mereka.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah melalui DIKTI memberikan solusi berupa pemberikan biaya bantuan pendidikan yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi untuk membiayai kuliahnya.

Penyaluran biaya bantuan pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi ini dapat disalurkan melalui berbagai jalur seleksi mahasiswa baru, salah satunya melalui jalur PMDK PN. Jadi disini kita sebut sebagai Bidikmisi PMDK PN.

Admin tegaskan kembali bahwa Bidikmisi PMDK PN adalah pemberian biaya bantuan yang diberikan untuk siswa-siswi berprestasi  dari masing-masing sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri di Indonesia.

Untuk bisa mendaftar Bidikmisi PMDK PN, maka terlebih dahulu calon peserta harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran Bidikmisi dan juga persyaratan pendaftaran PMDK PN. Berikut informasi persyaratan selengkapnya.

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun ini
  2. Lulusan tahun kemaren yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi.
  3. Usia maksimal pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Memiliki potensi akademik unggul berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S-1 (Sarjana) atau Diploma 4.
  6. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    1. PTN dengan pilihan seleksi masuk :
      • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
      • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
      • Seleksi Mandiri PTN
    2. Politeknik, UT, dan ISI
    3. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Persyaratan Pendaftaran PMDK PN untuk Sekolah
  1. SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk Sekolah RI di luar negeri.
  2. Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2018

Persyaratan Pendaftaran PMDK PN untuk Calon Peserta
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun ini
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah
  4. Memiliki prestasi akademik di sekolah di setiap semester

Itulah persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi oleh calon peserta Bidikmisi PMDK PN. Setelah mampu memenuhi persyaratan di atas, selanjutnya calon peserta dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi PMDK PN dengan alur seperti berikut ini.

Alur Pendaftaran Bidikmisi Jalur PMDK PN
  1. Calon peserta telah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  2. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka akan mendapatkan kode akses pendaftar Bidikmisi
  3. Login ke alamat pendaftaran Bidikmisi yaitu ke bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id menggunakan kode akses pendaftaran tersebut
  4. Setelah login, lakukan pengisian data pendaftaran Bidikmisi
  5. Jika telah selesai mengisi data, cetak kartu tanda peserta Bidikmisi
  6. Selanjutnya anda melakukan pendaftaran PMDK-PN ke alamat pmdk.politeknik.or.id
  7. Anda juga harus mendapatkan rekomendasi lagi untuk mendaftar PMDK-PN
  8. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka akan mendapatkan username dan password untuk masing-masing siswa.
  9. Login ke alamat pendaftaran PMDK-PN menggunakan username dan password untuk masing-masing siswa tersebut.
  10. Lakukan pengisian data sampai selesai dengan mencetak kartu tanda peserta PMDK-PN
Itulah alur pendaftaran Bidikmisi jalur PMDK-PN yang dapat anda ikuti dalam proses pendaftaran. agar anda lebih memahami tentang Bidikmisi dan PMDK-PN, sebaiknya anda membaca informasi tersebut pada artikel berikut :
Pada artikel pertama dijelaskan lebih detail mengenai Bidikmisi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan ketentuan lainnya.

Sedangkan pada artikel kedua dijelaskan tata cara pendaftaran PMDK-PN, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan Politeknik, daftar Politeknik Negeri se-Indonesia, dan lain-lain.

Untuk informasi lebih jelasnya, silahkan anda kunjungi masing-masing link artikel tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN. Semoga informasi tersebut dapat memberikan penjelasan untuk anda.


Admin turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan Bidikmisi melalui jalur PMDK-PN. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web infopmb.com ini yang setiap hari selalu berkunjung. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.