Pendaftaran STAIN Sorong 2017/2018

stain-sorong.ac.id 2017 -- Pendaftaran STAIN Sorong, PMB STAIN Sorong, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Sorong, Pendaftaran Mahasiswa Baru STAIN Sorong, Pendaftaran Kuliah STAIN Sorong, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana STAIN Sorong. 2019.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran STAIN Sorong 2017/2018. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan atau gambaran awal bagi anda yang ingin kuliah di STAIN Sorong. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

STAIN Sorong adalah salah satu STAIN yang ada di tanah air kita Indonesia. STAIN Sorong berlokasi di Jl. Sorong-Klamono KM.17 Klablim Sorong, Papua Barat, Indonesia.

Berdirinya STAIN Sorong tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Al-Hikmah Sorong atau Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta (STAIS) Al-Hikmah, karena STAIN Sorong tidak lain adalah perubahan status dari Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) menjadi Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN).

STAIN Sorong diresmikan menjadi berstatus negeri berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2006, tertanggal 20 Juli 2006, atau yang bertepatan dengan tanggal 25 Jumadil akhir 1427 H.

Pada saat ini, telah ada beberapa Jurusan dan Program Studi yang ada di STAIN Sorong :
  • Jurusan Tarbiyah terdiri dari Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Inggris  (PBI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  • Jurusan Dakwah terdiri dari Program Studi : KPI (Komunikasi Penyiaran Islam), dan BPI (Bimbingan Penyuluhan Islam)
  • Jurusan Syariah terdiri dari Program Studi : Ekonomi Syariah, dan Akhwalusyahsiah

Itulah daftar program studi yang ada di STAIN Sorong yang dapat ada pilih nantinya pada saat anda melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru STAIN Sorong.


Setelah mengetahui daftar program studi di atas, selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh STAIN Sorong. Langsung saja admin berikan informasinya berikut ini.

A. Pendaftaran STAIN Sorong Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis.

Seleksi jalur SPAN-PTKIN utamanya didasarkan para prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport selama Sekolah di SMA/MA/sederajat dan prestasi lainnya yang relevan.

Bagi siswa-siswi berprestasi yang berminat untuk mendaftar SPAN-PTKIN, silahkan daftarkan diri anda. Pengajuan pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswi berprestasi tersebut ke PDSS SPAN-PTKIN.

Setelah direkomendasikan, maka masing-masing siswa akan mendapatkan username dan password yang digunakan untuk login pendaftaran ke www.span-ptkin.ac.id untuk melakkan verifikasi dan melengkapi biodata pendaftaran.

Untuk panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, mekanisme seleksi, daftar PTKIN dan prodi, serta keterangan penting lainnya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN.

B. Pendaftaran STAIN Sorong Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Jadi UM-PTKIN ini seperti kebalikan dengan dari SPAN-PTKIN.

Bagi yang ingin mendaftar UM-PTKIN, maka terlebih dahulu harus datang ke BNI untuk membayar biaya pendaftaran dan kemudian akan mendapatkan userID dan password yang digunakan untuk login pendaftaran ke www.um-ptkin.ac.id

Setelah login, silahkan lengkap isi formulir pendaftaran yang tersedia. Isi data secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu peserta UM-PTKIN.

Selengkapnya baca : Cara Pendaftaran UM-PTKIN

Informasi berupa cara pengisian data pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTKIN lengkap, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN.

C. Pendaftaran STAIN Sorong Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara langsung oleh STAIN Sorong yang mana seleksinya dilakukan melalui tes tertulis.

Tes tertulis jalur mandiri hampir sama dengan tes tertulis pada UM-PTKIN. Hanya saja pada UM-PTKIN tes tertulisnya dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang diikuti oleh semua peserta, sedangkan tes tertulis pada jalur mandiri hanya diikuti oleh peserta yang mendaftar di STAIN Sorong saja.

Jika dilihat dari tingkat persaingan antara jalur UM-PTKIN dan jalur mandiri, maka jalur mandiri memiliki peluang yang lebih besar untuk kelulusan karena pesaingnya lebih sedikit.

Bagi yang ingin mendaftar jalur mandiri STAIN Sorong, silahkan baca informasinya lebih lanjut di website resminya di alamat : stain-sorong.ac.id

D. Pendaftaran Bidikmisi STAIN Sorong

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonoomi.

Ketika mahasiswa yang bersangkutan mendapatkan Bidikmisi, maka selama masa perkuliahan normal akan ditanggung biaya pendidikannya oleh Pemerintah. Jadi, dapat meringankan beban biaya kuliah.

Bagi yang ingin mendaftar Bidikmisi, maka dapat membacanya secara langsung di website resmi STAIN Sorong di alamat stain-sorong.ac.id
E. Pendaftaran Pascasarjana STAIN Sorong

STAIN Sorong juga membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana, maka bisa kuliah di STAIN Sorong. Untuk informasi pendaftaran Pascasarjana, silahkan baca selengkapnya di alamat berikut : stain-sorong.ac.id


Demikianlah informasi tentang Pendaftaran STAIN Sorong yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNTIRTA dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNTIRTA. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru di UNPATTI. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini, semoga kesuksesan dan harapan kita dapat terwujudkan. Amin.