Pendaftaran SPMB 2017/2018

www.spmb.or.id 2017 -- Pendaftaran SPMB Online, Pendaftaran UMB-PT / UMB-PTS / TPBI, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPMB, Info Pendaftaran SPMB, Panduan Pendaftaran SPMB, Pendaftaran Online SPMB, Tata Cara Mendaftar SPMB, Jadwal Pelaksanaan SPMB, Persyaratan Pendaftaran SPMB, Jalur Seleksi Nusantara (SPMB), Jalur Seleksi Ujian Tertulis (SPMB), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, P-SPMBN, P-SPMB Nusantara. 2019. 2020.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran SPMB 2017/2018. Informasi ini diberikan dengan tujuan agar bisa memberikan panduan kepada anda yang akan melakukan proses pendaftaran SPMB. Informasi selengkapnya bisa didapatkan berikut ini.


Banyak sekali jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi dalam menerima calon mahasiswa baru, salah satunya adalah jalur SPMB.

SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru adalah suatu seleksi yang diselenggarakan oleh suatu organ yang dikenal dengan nama Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara atau disingkat dengan P-SPMBN.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru terbagi menjadi 3 jenis seleksi, yaitu seleksi UMB-PT, seleksi UMB-PTS, dan TPBI. Untuk lebh memahami dari ketiga jenis seleksi tersebut, maka akan diuraikan lebih rinci berikut ini.

A. Pendaftaran SPMB Jalur UMB-PT

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksiya dilakukan melalui ujian tertulis.

Dengan adanya jalur seleksi UMB-PT ini, maka dapat menjadi alternatif bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN. Bagi anda yang ingin mengikuti seleksi UMB-PT, maka dapat melakukannya sesuai jadwal pendaftaran.

Ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam UMB-PTS. Ada harus mengetahui agar ketika melakukan pendaftaran dapat langsung menentukan pilihan PTN. Berikut daftar PTN pada UMB-PT.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada UMB-PT
  1. UMB PT Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  2. UMB PT Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  3. UMB PT Universitas Teuku Umar (UTU)
  4. UMB PT Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  5. UMB PT Universitas Sumatera Utara (USU)
  6. UMB PT Universitas Jambi (UNJA)
  7. UMB PT Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)
  8. UMB PT Universitas Samudra (UNSAM)
  9. UMB PT Universitas Palangka Raya (UPR)
  10. UMB PT Universitas Borneo Tarakan (UBT)
  11. UMB PT Universitas Terbuka (UT)
  12. UMB PT Universitas Andalas (UNAND)
  13. UMB PT Institut Seni Indonesia Padang Panjang (ISI Padangpanjang)

                        Untuk jadwal pendaftaran, biaya seleksi, tata cara pendaftaran dan lain sebagainya akan dibahas lebih lanjut pada artikel tersendiri yang berjudul : Pendaftaran UMB-PT. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

                        B. Pendaftaran SPMB Jalur UMB-PTS

                        UMB-PTS atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

                        Peserta yang akan mendaftar harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh panitia. Pertama, peserta melakukan pendaftaran UMB-PTS secara online. Selanjutnya mengikuti ujian tertulis, dan terakhir melihat pengumuman kelulusan UMB-PTS dan jika lulus maka harus melakukan pendaftaran ulang di PTS penerima.

                        Pada saat ini, hanya ada 10 Perguruan Tinggi Swasta yang telah tergabung dalam UMB-PTS. Semoga kedepan akan semakin banyak Perguruan Tinggi Swasta yang tergabung dalam UMB-PTS sehingga pilihan PTS akan semakin banyak pula. Kedelapan Perguruan Tinggi Swasta tersebut adalah sebagai berikut :

                        Daftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada UMB-PTS
                        1. UMB-PTS Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)
                        2. UMB-PTS Universitas Malahayati (UNIMAL)
                        3. UMB-PTS Universitas Trisakti (USAKTI)
                        4. UMB-PTS Universitas Bakrie (UB)
                        5. UMB-PTS Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)
                        6. UMB-PTS Universitas Gunadarma (UG)

                        Itulah 8 Perguruan Tinggi Swasta yang dapat anda pilih ketika melakukan pendaftaran UMB-PTS. Selanjutnya anda perlu megetahui berapa besar biaya seleksi UMB-PTS yang harus dikeluarkan oleh calon peserta?. Berikut jawabannya.

                        Biaya Pendaftaran UMB-PTS 
                        Kelompok
                        Jenis
                        Pilihan PTS
                        Pilihan Prodi
                        Biaya 
                        IPA/IPS
                        Jenis I
                        1 PTS
                        5
                        Rp. 175.000,-
                        Jenis II
                        2 PTS
                        5
                        Rp. 200.000,-
                        Jenis III
                        3 PTS
                        5
                        Rp. 250.000,-
                        Catatan : "Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun". Untuk itu, berhati-hatilah ketika melakukan pembayaran biaya pendaftaran.

                        Untuk informasi seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan hal lainnya terkait UMB-PTS telah dirangkum pada artikel tersendiri, silahkan kunjungi artikel berikut : Pendaftaran UMB-PTS.

                        C. Pendaftaran SPMB Jalur TPBI

                        TPBI atau Tes Penjajakan Bidang Ilmu adalah suatu tes yang berguna untuk mengetahui kemampuan, minat dan bakat siswa kelas XII semester 1. Dengan tes ini, maka ketika siswa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, maka dapat memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakat yang dimilikinya.

                        Siswa yang telah mengikuti seleksi TPBI akan mendapatkan sertifikat TPBI yang nantinya dapat digunakan sebagai tambahan bahan pertimbangan ketika akan masuk ke Perguruan Tinggi melalui jalur undangan.

                        Persyaratan Pendaftaran TPBI
                        • Siswa SLTA kelas 12 Semester 1, tanpa memperhatikan peringkat (ranking) di kelas.

                        Biaya Pendaftaran TPBI

                        Biaya Pendaftaran yang harus dibayar oleh peserta besarnya berbeda-beda Untuk lebih jelasnya daat dilihat pada tabel berikut.
                        KelompokLokasi UjianPilihan PTNBiaya Pendaftaran
                        IPA/IPSLhokseumaweUNIMALRp. 325.000,-
                        Banda AcehUNSYIAHRp. 325.000,-
                        USU MedanUSURp. 350.000,-
                        UNIMED MedanUNIMEDRp. 350.000,-
                        JambiUNJARp. 300.000,-
                        TarakanUBTRp. 300.000,-
                        Sebagai catatan bahwa biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Untuk itu, berhati-hatilah dalam melakukan proses pembayaran.

                        Untuk informasi terkait lainnya mengenai TPBI seperti tata cara pendaftaram, jadwal, dan lain sebagainya, dapat anda baca langsung pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran TPBI.
                        Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran SPMB. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam rangka persiapan pendaftaran SPMB.

                        Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dari ujian seleksi SPMB yang anda ikuti. Terima kasih atas kunjungan anda hari ini dan jangan lupa untuk berkunjung kembali. Semoga anda mendapatkan informasi yang anda butuhkan. 

                        Mari sama-sama berdoa semoga kesuksesan bisa kita raih semuda mungkin. Amin. Ayo bantu bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Caranya cukup dengan klik tombol G+1 yang tersedia.