Pendaftaran IAIN SMH Banten 2017/2018

pcmb.iainbanten.ac.id 2017 -- Pendaftaran IAIN SMH Banten, Pendaftaran Online IAIN SMH Banten, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN SMH Banten, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Banten, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, PCMB Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN SMH Banten.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN SMH Banten 2017/2018. Dengan adanya inforamasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendafaran calon mahasiswa baru IAIN SMH Banten.

http://www.infopmb.com/

Institut Agama Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten biasa disebut dengan IAIN SMH Banten atau IAIN Banten.

IAIN SMH Banten merupakan salah satu PTKIN yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Kec. Serang, Banten.

Pada saat ini, IAIN SMH Banten telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini :

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Terdiri dari program studi : Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Asuransi Syariah
Fakultas Syariah terdiri dari program studi :
  • Terdiri dari program studi : Ahwal Al-Syakhsiyyah/Hukum Keluarga, Hukum Tata Negara (Siyasah), Mu'amalah/Hukum Ekonomi Syariah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Menagemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Fakultas Ushuluddin, Dakwah, dan Adab
  • Terdiri dari program studi : Filsafat Agama, Ilmu Alquran dan Tafsir, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Bahasa dan Sastra Arab, Ilmu Hadits, Pengembangan Masyarakat Islam
Program Studi Jenjang Pascasarjana
  • Terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga Islam, Ekonomi, Syariah, Manajemen Pendidikan Islam

Itulah daftar program studi yang ada di IAIN SMH Banten. Dari beberapa program studi tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan daftarkan diri anda di IAIN SMH Banten dan pilih program studi tersebut.

Ada beberapa jalur seleksi masuk ke IAIN SMH Banten yang perlu anda ketahui yang nantinya dapat anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru. Berikut informasinya untuk anda.

1. Pendaftaran IAIN SMH Banten Jalur SPAN-PTKIN

IAIN SMH Banten merupakan salah satu PTKIN yang tergabung dalam jalur seleksi SPAN-PTKIN. Calon peserta yang ingin masuk ke IAIN SMH Banten dapat mengikuti jalur ini.

Seperti kita ketahui bahwa jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi untuk siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Calon peserta yang ingin mendaftar SPAN-PTKIN harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi data-data siswa di PDSS SPAN-PTKIN.

Setelah direkomendasikan, calon peserta dapat melakukan login pendaftaran SPAN-PTKIN ke alamat www.span-ptkin.ac.id menggunakan username dan password dari Kepala Sekolah.

Panduan pengisian data-data pendaftaran, peryaratan, jadwal, daftar PTKIN, dan lain sebagainya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran IAIN SMH Banten Jalur UM-PTKIN

Jalur nasional berikutnya yang dibuka oleh IAIN SMH Banten yaitu jalur UM-PTKIN. Jalur UM-PTKIN dibuka setelah jalur SPAN-PTKIN berakhir dimana seleksinya dilakukan melalui tes tertulis.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Calon peserta dapat login ke alamat tersebut menggunakan username dan password yang didapatkan dari Bank. Maka dari itu calon peserta terlebih dahulu datang ke Bank untuk membayar biaya pendaftaran dan setelah itu akan diberi username dan password.

Cara pendaftaran, biaya pendaftaran, panduan pengisian data, daftar PTKIN, jadwal, dan informasi lain yang anda perlukan dapat dibaca secara lengkap pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran IAIN SMH Banten Jalur PCMB Mandiri

Selain jalur nasional di atas, IAIN SMH Banten juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis. Jalur mandiri IAIN SMH Banten dikenal dengan sebutan jalur PCMB Mandiri.

Jalur PCMB mandiri dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1). Berikut ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendaftar jalur PCMB Mandiri.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus satuan pendidikan (MA/SMA/SMK/Pesantren Muadalah) Tahun ini dan sebelumnya;
  2. Membayar biaya di Bank BTN seluruh Indonesia.
  3. Sehat Jasmani dan Rohani 
  4. Nomor Tes (Print Out 2 lembar) untuk divalidasi oleh panitia lokal (Akademik Rektorat Lt.2);
    • Fakultas Syariah : Map Merah.
    • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan : Map Hijau.
    • Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab : Map Kuning.
    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam : Map Biru.
Alur Pendaftaran
  1. Membayar biaya pendaftaran di Bank BTN
  2. Memperoleh username dan kode akses
  3. Login ke alamat pcmb.iainbanten.ac.id menggunakan username dan kode akses tersebut.
  4. Lakukan pengisian data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta ujian
  5. Validasi Kartu Peserta Ujian di bagian Akademik Rektorat (Panitia PCMB)
  6. Mengikuti ujian tertulis dan lisan
  7. Melihat hasil ujian di website

Untuk informasi jalur PCMB lainnya yang anda butuhkan dapat anda lihat secara langsung di website resmi IAIN SMH Banten di alamat pcmb.iainbanten.ac.id

4. Pendaftaran Bidikmisi IAIN SMH Banten

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang ingin kuliah di IAIN SMH Banten, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

Calon peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus harus terdaftar sebagai salah satu peserta jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, atau jalur PCMB Mandiri. Untuk persyaratan lainnya dapat anda baca di website resmi iainbanten.ac.id

Baca  Juga : Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN SMH Banten

Selain menerima calon mahasiswa baru jenjang Sarjana, IAIN SMH Banten juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Alur pendaftaran sama seperti pada alur pendaftaran PCMB Mandiri jenjang S1. Silahkan lihat kembali di atas. Untuk informasi lain yang diperlukan silahkan lihat di pcmb.iainbanten.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN SMH Banten. Silahkan anda ikuti jalur seleksi yang anda minati. Untuk informasi dari jalur mandiri, Bidikmisi, Pascasarjana IAIN SMH Banten yang belum disampaikan silahkan lihat langsung di website resmi IAIN SMH Banten.

Demikianlah informasi Pendaftaran IAIN SMH Banten yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan apa yang telah admin sampaikan tersebut dapat membantu memberikan pencerahan untuk anda. Cukup sekian dan terus kunjungi web infopmb.com ini setiap hari.