Pendaftaran STAIN Malikussaleh 2017/2018

stainmall.ac.id 2017 -- Pendaftaran STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, PMB STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Malikussaleh, Pendaftaran Mahasiswa Baru STAIN Malikussaleh, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana STAIN Malikussaleh. 2019.

Informasi kali ini yang akan admin sampaikan berjudul Pendaftaran STAIN Malikussaleh Lhokseumawe 2017/2018. Informasi ini terutama ditujukan bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di STAIN Malikussaleh Lhokseumawe. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

STAIN Malikussaleh Lhokseumawe adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ysng terletak di Jl. Cempaka No. 1, Lancang Garam, Aceh, Indonesia.

Sejarah singkat perubahan nama STAIN Malikussaleh yaitu : 
STAIN Malikusaleh Lhokseumawe merupakan yayasan Pemerintah Daerah (PEMDA) yang didirikan pada tanggal 12 Juni 1969 dengan nama Akademi Ilmu Agama (AIA), kemudian berubah status menjadi Perguruan Tinggi Islam Malikussaleh (PERTIM), kemudian mengelami perubahan nama lembaga menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Malikussaleh (STAIM), dan akhirnya berubah menjadi seperti saat ini yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe.

Pada saat ini, STAIN Malikussaleh telah memiliki beberapa jurusan dan program studi seperti berikut ini : 
  • Jurusan Tarbiyah terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam (PAI), Tadris Matematika, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Jurusan Syariah terdiri dari program studi : Ahwal Al-Syakhsyiyah, Hukum Ekonomi Syari’ah, Ekonomi Syari’ah
  • Jurusan Dakwah terdiri dari program studi : Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi : Komunikasi dan Penyiaran Islam


Itulah daftar jurusan dan program studi di STAIN Malikussaleh. Silahkan piliah salah satu program studi yang ada tersebut saat anda melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru di STAIN Malikussaleh, maka anda perlu mengetahui beberapa jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh STAIN Malikussaleh.

Langsung saja admin akan memberikan informasi tentang jalur-jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh STAIN Malikussaleh pada tahun ini. Simak informasi dengan baik.

1. Pendaftaran STAIN Malikussaleh Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan masuk ke PTKIN yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus Sekolah pada tahun ini.

Calon peserta yang ingin mendaftar terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi sejumlah data di PDSS SPAN-PTKIN. Setelah mendapatkan rekomendasi, siswa-siswi dapat melakukan login pendaftaran SPAN-PTKIN ke www.span-ptkin.ac.id

Untuk informasi berupa panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jumlah PTKIN pilihan dan prodinya, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran STAIN Malikussaleh Jalur UM-PTKIN

Jalur UM-PTKIN adalah jalur seleksi masuk ke PTKIN di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Proses pendaftaran UM-PTKIN diawal oleh calon peserta yang datang ke bank BNI untuk melakukan pembayaran biaya pendaftran yang kemudian akan mendapatkan userID dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran ke www.um-ptkin.ac.id. Lakukan pengisian data secara lengkap dan benar hungga mencetak kartu tanda peserta UM-PTKIN.

Informasi seperti tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanan, jumlah pilihan prodi dan PTKIN, serta informasi penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran STAIN Malikussaleh Jalur Mandiri

Selain menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur nasional (SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN), STAIN Malikussaleh menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Silahkan ikuti seleksi jalur mandiri bagi yang mungkin sebelumnya telah mengikuti jalur nasional tetapi tidak lulus, maka jalur mandiri bisa menjadi alternatif pilihan anda.

Seleksi jalur mandiri ini dilakukan melaliu ujian tertulis. Maka dari itu persiapkanlah diri anda lebih baik dari sebelumnya agar bisa lulus seleksi. Dengan persiapakan yang maksimal semoga harapan anda untuk lulus dapat terkabulkan.

Untuk informasi pendaftaran jalur mandiri lebih lanjut dapat anda baca di website resmi STAIN Malikussaleh di alamat stainmall.ac.id

4. Pendaftaran Pascasarjana STAIN Malikussaleh

STAIN Malikussaleh juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana, silahkan mendaftar saja di STAIN Malikussaleh.

Syarat Pendaftaran
  1. Membayar biaya pendaftaran ke Bank Aceh Syariah
  2. Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan:
    • Fotokopi ijazah dan trasnkrip nilai yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
    • Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 dan 2 x 3 @ 4 lembar
    • Surat rekomendasi dari dua orang yang memiliki kualifikasi Guru Besar atau Doktor untuk menilai kompetensi akademik calon mahasiswa yang bersangkutan.
    • Surat keterangan kesehatan dari dokter yang berwenang.
  3. Proposal Tesis (min. 12, maks. 15 hlm, kertas A4, 1,5 spasi, kutipan model footnote) sebanyak 2 examplar.
  4. Semua persyaratan dimasukkan kedalam map berwarna (merah KPI, hijau PAI, Kuning MPI)

Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut dapat anda baca selengkapnya di alamat www.ppsstainmal.ac.id

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran STAIN Malikussaleh yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti dan nantinya diterima di STAIN Malikussaleh. Amin Ya Robbal 'Alamin.