Pendaftaran UM-PTKIN Online 2017/2018

www.um-ptkin.ac.id 2017 -- PMB Jalur UM-PTKIN, Pendaftaran Online UM-PTKIN, Pendaftaran UM-PTKIN Online, Jadwal dan Tata Cara Pendaftaran UM-PTKIN Online, Pendaftaran UM-PTAIN Online, Pendaftaran Jalur Tertulis UM-PTKIN, Pendaftaran Jalur Nasional UM-PTKIN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran UM-PTKIN Online 2017/2018. Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri melalui jalur ujian tertulis UM-PTKIN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.


Saat tahun ajaran baru tiba, setiap Perguruan Tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, semuanya membuka penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai jalur.

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri.

Jalur nasional terbagi menjadi 2 jalur, yaitu SPAN PTKIN dan UM PTKIN. SPAN PTKIN dikenal dengan jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, sedangkan UM PTKIN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang seleksinya dilakukan dengan ujian tertulis.

Kedua jalur nasional tersebut dibuka untuk menjaring calon mahasiswa baru yang memenuhi kriteria masing-masing jalur. Jika anda siswa-siswi berprestasi, maka mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SPAN PTKIN. Jika anda memiliki kemampuan yang sedang-sedang saja, maka anda dapat mengikuti seleksi UM-PTKIN. Pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai UM-PTKIN.

UM-PTKIN yang memiliki kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tiinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang ada di Indonesia.

Seleksi UM-PTKIN dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Peserta datang ke lokasi ujian sesuai dengan yang tertera pada kartu ujian UM-PTKIN.

Melihat data peserta tahun 2015 lalu yang mencapai 77.224 peserta. Maka data tersebut menunjukkan bahwa peserta yang berminat mengikuti seleksi UM-PTKIN cukup banyak. Dengan dan peserta yang mendaftar, maka persaingan akan semakin banyak pula sehingga untuk bisa lulus juga sulit.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka anda sebaiknya rajin belajar mempelajari materi-materi yang berkaitan dengan materi yang akan diujikan saat seleksi UM-PTKIN. Selain itu, anda pula bisa mengikuti bimbel atau les di lembaga pendidikan terkenal.

Semoga dengan persiapan anda yang telah maksimal dapat membantu anda dalam mencapai keinginan anda untuk bisa lulus seleksi UM-PTKIN.

Ketika anda akan melakukan pendaftaran UM-PTKIN, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa persyaratan pendaftarannya. Jika anda dapat memenuhi persyaratan pendaftaran UM-PTKIN, maka anda selanjutnya dapat melakukan pendaftaran UM-PTKIN secara online. Berikut informasi persyaratan pendaftaran UM-PTKIN.

A. Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Lulus tahun 2015, 2016 dan 2017 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2015 dan 2016 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2017 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  2. Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
  4. Peserta dapat memilih tipe ujian yang disukai dengan syarat kuota ruangan masih tersedia. Terdapat 2 (dua) macam tipe ujian yaitu :
    • Paper Based Test (PBT) , adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).
    • Computer Based Test (CBT), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. 
    • Tipe ujian CBT hanya ada pada PTKIN tertentu dengan kuota peserta terbatas.

Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi ketika akan mendaftar UM-PTKIN. Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran UM-PTKIN dengan memahami alur berikut ini.

B. Alur Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Calon peserta mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
  2. Calon peserta melakukan pembayaran di Bank BNI atau Selain BNI dengan ketentuan sebagai berikut : 
    • Melalui Bank BNI / BNI Syariah, pembayaran dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking (Aplikasi Android/IOS), Keagenan Bank BNI / BNI Syariah dengan menunjukkan / memasukkan nomor SIP.
    • Selain Bank BNI, pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Kantos Pos atau Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI anda. (ada tambahan biaya tergantung mitra).
  3. Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  4. Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi, lokasi ujian dan tipe ujian (CBT atau PBT) hingga cetak kartu ujian.
  5. Mengikuti ujian CBT atau PBT di lokasi PTKIN yang telah dipilih.

Mungkin sebagian dari anda ada yang mengalami kesulitan dalam melakukan proses pendaftaran UM-PTKIN yang dilakukan secara online. Maka dari itu, admin akan memberikan panduan tata cara melakukan pendaftaran  UM-PTKIN. Berikut informasinya untuk anda.

C. Tata Cara Pendaftaran UM-PTKIN Online
  1. Mendaftar online di alamat www.um-ptkin.ac.id
  2. Pilih menu "daftar", lalu klik tombol "daftar"
  3. Isi biodata pendaftaran anda hingga mendapatkan nomor Slip Instruksi Pembayaran (SIP) dan PIN.
  4. Membayar biaya pendaftaran di BNI / BNI Syariah
  5. Akses kembali alamat www.um-ptkin.ac.id lalu pilih menu "daftar", lalu pilih tombol "Login"
  6. Login pendaftaran menggunakan nomor Slip Instruksi Pembayaran (SIP) dan PIN.
  7. Setelah masuk, lengkapi biodata pendaftaran anda.
  8. Jika telah selesai mengisi data tersebut, silahkan akhiri proses pendaftaran dengan klik tombol "selesai"
  9. Selanjutnya akan muncul pilihan "OK atau Cancel". Pilih OK jika telah yakin dengan pilihan anda.
  10. Setelah klik "OK", maka akan tampil halaman baru berupa identitas yang telah anda masukkan tadi. Slahkan klik tombol “Download Kartu Ujian” yang ada di sebelah kanan atas untuk mendownload kartu ujian.
  11. Cetak kartu ujian tersebut pada kertas legal atau folio.
  12. Klik tombol “Logout” untuk keluar dari sistem

Baca lebih rinci : Cara Pendaftaran UM-PTKIN

Itulah tata cara pendaftaran yang dapat anda ikuti saat akan mendaftar  UM-PTKIN. Saat melakukan pengisian data pendaftaran  UM-PTKIN di atas, anda diminta untuk mengisi banyak data, diantaranya mengisi data pilihan PTKIN dan Program Studi. Ada ketentuan tersendiri untuk menentukan pilihan PTKIN dan Program Studi. Berikut informasinya.

Jumlah Pilihan PTKIN dan Program Studi
  1. Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) PTKIN
  2. Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi
  3. Program studi pertama wajib diisi, sedangkan program studi pilihan kedua dan ketiga tidak wajib di isi.
  4. Urutan pilihan menyatakan prioritas pilihan. Jadi admin sarankan letakkan pada pilihan pertama untuk PTKIN dan program studi yang anda minati.

Selanjutnya anda perlu mengetahui kriteria penerimaan  UM-PTKIN yang digunakan oleh panitia seleksi agar anda dapat memprediksikan sendiri kelulusan  UM-PTKIN. Berikut informasinya untuk anda

Kriteria Penerimaan UM-PTKIN
  1. Telah lulus dari satuan pendidikan menengah atas (SMA/MA/Sederajat)
  2. Lulus UM-PTKIN 2017
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN.
  5. Melakukan Pendaftaran Ulang pada PTKIN Penerima

Itulah kriteria penerimaan yang digunakan oleh panitia  UM-PTKIN untuk menentukan kelulusan mahasiswa baru yang telah mengikuti seleksi jalur  UM-PTKIN.

Selain informasi di atas, anda perlu mengetahui informasi penting lainnya yaitu jadwal pelaksanaan UM-PTKIN. Jadi ini penting anda ketahui karena dengan jadwal, anda dapat mengetahui semua kegiatan pelaksanaan UM PTKIN. Berikut informasinya untuk anda

Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN
  • Pendaftaran UM-PTKIN pada 10 April - 10 Mei
  • Pelaksanaan Ujian seleksi pada 23 Mei
  • Pengumuman UM-PTKIN pada 19 Juni , lihat disini

Untuk melengkapi informasi yang telah anda peroleh dari pembahasan di atas, maka informasi terakhir yang perlu anda ketahui adalah daftar nama-nama PTKIN yang tergabung dalam UM PTKIN. Dengan mengatahui daftar berikut, maka anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan PTKIN. Berikut informasinya.

Daftar Nama-nama PTKIN pada UM-PTKIN

Berikut ini admin akan memberikan daftar nama-nama PTKIN pada pelaksanaan UM-PTKIN. PTKIN-PTKIN berikut terbagi dalam beberapa wilayah. Berikut informasinya.

Daftar PTKIN Zona I
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sumatera Utara Medan
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Imam Bonjol Padang
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bukittinggi
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Batu Sangkar
  9. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Malikussaleh Lhokseumawe
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Bengkalis
  12. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Meulaboh

Daftar PTKIN Zona II
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Fatah Palembang
  2. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Raden Intan Lampung
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bengkulu
  5. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Kerinci Jambi
  6. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Curup
  7. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Jurai Siwo Metro Lampung
  8. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Daftar PTKIN Zona III
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pontianak

Daftar PTKIN Zona IV
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Walisongo Semarang
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Surakarta
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Purwokerto
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Salatiga
  6. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Pekalongan
  7. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Kudus

Daftar PTKIN Zona V
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Ampel Surabaya
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Antasari Banjarmasin
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Samarinda
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Jember
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Mataram
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palangkaraya
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Tulungagung
  9. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Pamekasan
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Kediri
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Ponorogo

Daftar PTKIN Zona VI
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Alauddin Makassar
  2. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sultan Amai Gorontalo
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ambon
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Manado
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Dato Karama Palu
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palopo
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kendari
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ternate
  9. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Pare-Pare
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Watampone
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Al-Fatah Jayapura
  12. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Sorong
  13. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Majene

Itulah daftar nama-nama PTKIN yang tergabung dalam seleksi  UM-PTKIN. Silahkan anda tentukan pilihan sesuai keinginan anda.

Sedikit tips untuk anda agar bisa lulus seleksi  UM-PTKIN yaitu pilihlah PTKIN dimana peserta yang mendaftar di PTKIN tersebut sedikit, lalu pilih program studi yang sedikit pula yang mendaftar. Yang terpenting yaitu pemilihan PTKIN dan Program Studi tersebut tentunya harus sesuai dengan keinginan anda. Jika tidak sesuai jangan dilakukan.

Informasi tambahan :
Bagi calon mahasiswa yang mendaftar  UM-PTKIN namun memiliki keterbatasan dalam segi ekonomi, maka calon mahasiswa tersebut dapat mengikuti seleksi Bidikmisi jalur  UM-PTKIN di PTKIN tersebut jika PTKIN tersebut membuka Bidikmisi.

Bidikmisi merupakan bantuan dana pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keuarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Untuk bisa mendaftar Bidikmisi jalur UM-PTKIN, tentunya anda harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan. Informasi Bidikmisi jalur  UM-PTKIN dapat dilihat diwebsite resmi masing-masing PTKIN.

Silahkan Baca Juga Jalur Tertulis Lainnya :

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UM-PTKIN Online. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam mendaftar UM-PTKIN.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi UM-PTKIN dan diterima di PTKIN pilihan anda dan memperoleh Program Studi yang anda minati. Amin.

Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web infopmb.com yang setiap hari telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi yang ada di web ini. Admin pun turut merasa senamh jika informasi yang ada di web ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Mari kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT memberikan kemudahan untuk kita semua agar bisa menjadi orang-orang yang berilmu dan bisa sukses semuda mungkin. Amin Ya Robbal Alamin.