Pendaftaran IAIN Surakarta 2017/2018

www.iain-surakarta.ac.id 2017 -- Pendaftaran IAIN Surakarta, Pendaftaran Online IAIN Surakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Surakarta, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru  IAIN Surakarta, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur Mandiri.

Informasi yang akan admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran IAIN Surakarta 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi informasi awal terutama bagi anda yang ingin kuliah di IAIN Surakarta. Mari ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

IAIN Surakarta merupakan salah satu dari beberapa IAIN yang ada di Indonesia. IAIN Surakarta terletak di Jl. Pandawa, Pucangan, Kartasura, Kec. Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada saat ini IAIN Surakarta telah memiliki beberapa Fakultas dan Program Studi yang nantinya dapat anda pili ketika mendaftarkan diri di IAIN Surakarta. Berikut informasinya untuk anda.
  • Fakultas Ushuluddin & Dakwah terdiri dari jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Aqidah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan Bimbingan dan Konseling Islam
  • Fakultas Syari’ah terdiri dari jurusan Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Hukum Pidana Islam, dan Zakat dan Wakaf
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan terdiri dari jurusan Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Arab, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBI), Sejarah Kebudayaan Islam
  • Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam terdiri dari jurusan Manajemen syariah, Akuntasi syariah, Perbankan syariah
  • Pasca Sarjana terdiri dari Program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Manajemen Keuangan dan Perbankan syariah (MKPS), Ilmu Qur'an dan Tafsir (IQT)

Dari sejumlah program studi yang ada di IAIN Surakarta tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Surakarta.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri di IAIN Surakarta, maka anda perlu mengetahui beberapa jalur seleksi masuk yang dibuka oleh IAIN Surakarta. Simak informasinya berikut ini.

1. Pendaftaran IAIN Surakarta Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan nasional masuk ke PTKIN di Indonesia, salah satunya adalah jalur masuk ke IAIN Surakarta.

Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-sisiwi berprestasi yang secara konsisten terus menunjukkan prestasinya disetiap semester.

Alur pendaftaran SPAN-PTKIN yaitu dimulai dari Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa di PDSS SPAN-PTKIN, kemudian siswa melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN hingga mencetak kartu peserta. Alamat situs pendaftaran SPAN-PTKIN yaitu span-ptkin.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTKIN dan prodi, daftar PTKIN lengkap, serta keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2. Pendaftaran IAIN Surakarta Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi ujian tertulis nasional masuk ke PTKIN di Indonesia, salah satunya masuk ke IAIN Surakarta.

Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SPAN-PTKIN, atau telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN tetapi telah dinyatakan tidak lulus seleksi, maka dapat mengikuti jalur UM-PTKIN ini.

Proses pendaftaran UM-PTKIN dimulai dari peserta yang membeli Username dan Password di Bank BNI yang nantinya dapat digunakan untuk login pendaftaran ke um-ptkin.ac.id lalu mengisi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi penting seperti persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan prodi, daftar PTKIN se-Indonesia, dan informasi penting lainnya dapat anda baca pada artikel : Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3. Pendaftaran IAIN Surakarta Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi masuk ke IAIN Surakarta  yang diselenggarakan oleh pihak kampus secara mandiri. Jalur mandiri dibuka paling akhir setelah jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN berakhir.

Jalur mandiri ini menjadi alternatif terakhir untuk masuk ke IAIN Surakarta. Oleh karena itu anda harus bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri mengikuti ujian tertulis jalur mandiri ini.

Persyaratan

  • Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara untuk tiga thun terakhit termasuk  lulusan tahun ini
  • Bagi lulusan 2 tahun sebelum tahun ini harus memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara dan lulusan tahun
  • Bagi lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat http://administrasi.iain-surakarta.ac.id/pmb.php lalu tekan tombol registrasi baru di sudut kanan atas. Kemudian ikuti perintah-perintah berikutnya.

4. Pendaftaran IAIN Surakarta Jalur Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Pendaftaran Bidikmisi IAIN Surakarta dilakukan secara online melalui laman melalui laman bidikmisi.iain-surakarta.ac.id

Sebelum melakukan pendaftaran Bidikmisi, calon peserta harus sudah dinyatakan Lulus atau Diterima sebagai mahasiswa IAIN Surakarta melalui salah satu jalur seleksi :

  • Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur Mandiri
Dengan kata lain bahwa jika anda ingin mendaftar Bidikmisi di IAIN Surakarta, maka terlebih dahulu harus lulus dari salah satu jalur di atas.

Untuk informasi lain yang anda butuhkan mengenai Bidikmisi IAIN Surakarta dapat anda baca pada alamat bidikmisi.iain-surakarta.ac.id

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran IAIN Surakarta yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua. 

Admin mengucapkan terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca informasi ini. Cukup sekian info dari admi dan mari bantu bagikan informasi ini kepada teman-teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.