Pendaftaran IAIN Raden Intan Lampung 2017/2018

iainradenintan.ac.id 2017 -- Pendaftaran IAIN Raden Intan Lampung, Pendaftaran Online IAIN Raden Intan, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Raden Intan, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Raden Intan, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur PMA, Jalur UM Lokal, Program Pascasarjana IAIN Raden Intan Lampung

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Raden Intan Lampung 2017/2018. Informasi ini disampaikan untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Raden Intan Lampung.

http://www.infopmb.com/

IAIN Raden Intan Lampung adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang berada di Bandar Lampung tepatnya berada di Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame - Bandar Lampung, Lampung - Indonesia.

Pada saat ini IAIN Raden Intan Lampung telah memiliki beberapa Fakultas dan Program Studi seperti berikut ini :

Fakultas Tarbiyah terdiri dari Program Studi :
  • Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Bimbingan & Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Guru Roudhatul Athfal, Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI/PGSD)
Fakultas Ushuluddin terdiri dari program Studi :
  • Perbandingan Agama (PA), Filsafat Agama, Ilmu Hadits, Pemikiran Politik Islam (PPI), Ilmu Aqidah, Akhlak dan Tasawuf, Psikologi Agama, Sosiologi Agama
Fakultas Syariah terdiri dari Program Studi :
  • Mu'amalah (M) Hukum Bisnis, Al-Akhwal Asy-Syakhshiyyah (AS) Hukum Keluarga Dalam Islam, Jinayah dan Siyasah (JS) Hukum Pidana dan Politik Islam, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah
Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi terdiri dari Program Studi :
  • Pemikiran dan Politik, Komunikasi dan Penyiaran, Pengembangan Masyarakat, Manajemen, Perbankan Syari'ah, Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Program Studi Pascasarjana IAIN Raden Intan terdiri dari :
  • Program Studi Agama Islam, Program Studi Managemen Pendidikan Islam

Itulah daftar program studi yang ada di IAIN Raden Intan Lampung. Mungkin dari sejumlah program studi tersebut ada salah satunya yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda di IAIN Raden Intan lalu pilih program studi yang anda minati tersebut.

Selain mengetahui tentang program studi di atas, anda juga perlu mengetahui informasi tentang jalur-jalur seleksi masuk yang dibuka oleh IAIN Raden Intan pada tahun ini. Berikut informasinya.

1. Pendaftaran IAIN Raden Intan Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang berkeinginan kuliah di PTKIN seperti UIN, IAIN, atau STAIN yang ada di Indonesia.

Pendaftaran dimulau oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya di PDSS SPAN-PTKIN. Kemudian siswa akan diberi username dan passsword untuk melakukan login pendaftaran SPAN-PTKIN ke alamat www.span-ptkin.ac.id

Informasi seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, mekanisme seleksi, daftar PTKIN se-Indonesia, dan informasi lain yang anda butuhkan dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2. Pendaftaran IAIN Raden Intan Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN.

Calon peserta yang mendaftar tidak harus memiliki kemampuan akademik yang tinggi, calon peserta yang memiliki kemampuan biasa-biasa saja juga boleh mendaftar.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Sebelum melakukan pendaftaran, calon peserta terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan username dna password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran.

Tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, daftar PTKIN, jadwal pelaksanaan, persyaratan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3. Pendaftaran IAIN Raden Intan Jalur PMA

PMA atau Penelusuran Minat Akademis adalah jalur seleksi mandiri masuk ke IAIN Raden Intan yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi. Jalur PMA ini diselenggarakan langsung oleh IAIN Raden Intan.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Pendaftaran dilakukan dimasing-masing Fakultas IAIN Raden Intan Lampung.
  2. Tidak dibatasi usia tahun kelulusan. 
  3. Memiliki Ijazah MAN, MAS, SMU, SMK Pesantren dan Paket C. 
  4. Mengisi Formulir satu rangkap 
  5. Menyiapkan Fotocopy ijazah terakhir serta nilai UN yang telah dilegalisir sebanyak 2 rangkap 
  6. Menyiapkan Pas Foto terbaru ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar.
Untuk informasi lebih lanjut maka dapat dilihat di alamat http://iainradenintan.ac.id atau http://iainradenintan.ac.id/modul/pendaftaran lalu cari artikel tentang jalur PMA.

4. Pendaftaran IAIN Raden Intan Jalur UM-Lokal

UM-Lokal merupakan jalur seleksi mandiri masuk ke IAIN Raden Intan yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diperuntukkan bagi semua peserta.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Tidak dibatasi usia tahun kelulusan
  2. Memiliki Ijazah MAN, MAS, SMU, SMK Pesantren dan Paket C. 
  3. Pendaftaran dilakukan secara Online.
Informasi lebih lanjut dapat anda lihat langsung melalui alamat http://iainradenintan.ac.id atau http://iainradenintan.ac.id/modul/pendaftaran lalu cari artikel tentang jalur UM-Lokal.

5. Pendaftaran Bidikmisi IAIN Raden Intan

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu (Miskin) dilihat dari segi ekonomi. Calon mahasiswa yang demikian itu dapat mengajukan Bidikmisi.

Calon peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus dapat memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, diantaranya yaitu lulus dari jalur seleksi SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, atau UM-Mandiri, serta mendapatkan rekmendasi dari Kepala Sekolah.

Baca : Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

Untuk informasi pendaftaran Bidikmisi IAIN Raden Intan selengkapnya dapat anda baca melalui alamat http://iainradenintan.ac.id lalu pilih artikel tentang Bidikmisi.

Selain Bidikmisi untuk calon mahasiswa tidak mampu, ada juga beasiswa untuk mahasiswa IAIN Raden Intan yaitu Beasiswa PPA, Beasiswa Hafiz-ul Qur'an, DIPA IAIN Raden Intan, Bank Indonesia, Kementrian Agama, Super Semar, PEMDA, PT. Gudang Garam, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Mandiri. Selengkapnya dapat anda lihat di website IAIN Raden Intan.

6. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Raden Intan

Selain menerima mahasiswa jenjang Sarjana, IAIN Raden Intan Lampung juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda secara online ke dan baca informasi selengkapnya melalui alamat http://iainradenintan.ac.id lalu pilih informasi pendaftaran Pascasarjana IAIN Raden Intan

Itulah informasi tentang jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Raden Intan Lampung. Untuk informasi yang belum disampaikan disini silahkan anda baca langsung di website resmi IAIN Raden Intan Lampung. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resminya.

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran IAIN Raden Intan Lampung. Mudahn-mudahan dari apa yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua.

Semoga proses pendaftaran yang anda lakukan dapat berjalan dan harapan anda untuk diterima di IAIN Raden Intan Lampung daat terabulkan. Amin Ya Robbal 'Alamin.