Pendaftaran IAIN Manado 2017/2018

iain-manado.ac.id 2017 -- Pendaftaran IAIN Manado, PMB IAIN Manado, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Manado, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Manado, Pendaftaran Kuliah di IAIN Manado, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Manado. 2019.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Manado 2017/2018. Informasi ini utamanya ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Manado. Informasi selengkapnya dapat disimak berikut ini.

http://www.infopmb.com/

IAIN Manado adalah salah satu IAIN yang ada di Indonesia yang berada di Manado tepatnya berada di Jl. Camar V, Perumnas Bawah Ranomuut, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Awal mula berdirinya IAIN Manado adalah adanya Fakultas Syariah UIN Alauddin di Manado yang kemudian dikembangkan menjadi STAIN Manado, lalu berubah statusnya yang saat ini menjadi IAIN Manado.

Fakultas dan program studi yang ada di IAIN Manado yaitu 
  • Fakultas Syari'ah (FASYA) terdiri dari program studi : Ahwalul Syaksiyah, Hukum Ekonomi Syariah, Zakat Wakaf
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) terdiri dari program studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Pendidikan Bahasa Inggris
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) terdiri dari program studi : Ekonomi Syariah, dan Perbankan Syariah
  • Fakultas Ushuludin, Adab dan Da'wah (FUAD) terdiri dari program studi : Ilmu Alquran Dan Tafsir, Sosiologi Agama, Sejarah Kebudayaan Islam, Manajemen Dakwah, dan Komunikasi Penyiaran Islam
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Ahwalul Syaksiyah, Ekonomi Syariah, dan Manajemen Pendidikan Islam

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di IAIN Manado yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru IAIN Manado.

Sekarang anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh IAIN Manado untuk melaksanakan penyeleksian calon mahasiswa baru. Berikut informasinya untuk anda.

1. Pendaftaran IAIN Manado Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN dikenal dengan sebutan jalur seleksi undangan untuk siswa-siswi berprestasi karena hanya siswa-siswi berprestasi yang mendapatkan kesempatan mengikuti jalur seleksi SPAN-PTKIN.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Untuk siswa-siswi berprestasi yang ingin mendaftar, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi sejumlah data pendaftaran di PDSS SPAN-PTKIN. Setelah itu masing-masing siswa akan diberi username dan password untuk login SPAN-PTKIN ke alamat www.span-ptkin.ac.id

Informasi penting lainnya seperti persyaratan, cara pengisian data, jadwal, dan lain-lain dapat anda baca secara lengkap pada artikel berikut : Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2. Pendaftaran IAIN Manado Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN dikenal dengan sebutan jalur seleksi ujian nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke PTKIN di Indonesia. Salah satunya IAIN Manado.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat web : www.um-ptkin.ac.id. Sebelum melakukan pendaftaran, maka terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran di BNI untuk mendapatkan UserID dan password yang dapat digunakan untuk login ke alamat web tersebut.

Selengkapnya Baca : Cara Pendaftaran UM-PTKIN

Panduan pengisian data, biaya, jadwal, persyaratan, dan lain sebagainya dapat anda baca secara lengkap pada artikel yang berjudul Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3. Pendaftaran IAIN Manado Jalur Mandiri

Jalur Mandiri dapat juga disebut dengan jalur ujian tertulis lokal karena yang menyelenggarakan adalah pihak kampus secara langsung, bukan secara nasional.

Pendaftaran dilakukan dilakukan secara online melalui alamat http://akademik.iain-manado.ac.id/pmb.html . Silahkan akses alamat tersebut lalu klik tombol "klik disini PMB" dan selanjutnya pilih menu "daftar". Selanjutnya isi biodata pendaftaran secara lengkap hingga mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca secara langsung pada alamat web di atas atau alamat web berikut : http://iain-manado.ac.id

4. Pendaftaran Bidikmisi IAIN Manado

Bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin kuliah di IAIN Manado, maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

Pengajuan dilakukan sejak awal bersamaan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Bagi yang nantinya diterima pengajuan Bidikmisinya dan dinyatakan lulus seleksi, maka untuk biaya pendidikan akan ditanggung oleh IAIN Manado.

Informasi lebih lanjut dapat anda baca di alamat web http://iain-manado.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Manado

IAIN Manado juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana, maka bisa kuliah di IAIN Manado. Untuk informasi pendaftaran dapat ditanyakan langsung di kampus atau membacanya di web dengan alamat http://iain-manado.ac.id

Catatan!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi IAIN Manado.

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran IAIN Manado yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.  

Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia lalu pilih teman atau kerabat anda. Jangan lupa pula untuk like halaman web ini.

Terima kasih admin sampaikan untuk anda yang telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin Ya Robbal 'Alamin.