Pendaftaran IAIN Mataram 2017/2018

iainmataram.ac.id 2017 -- Pendaftaran IAIN Mataram, PMB Online IAIN Mataram, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Mataram, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Mataram, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Seleksi Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Mataram.

Kali ini admin akan memberikan informasi yang berjudul Pendaftaran IAIN Mataram 2017/2018. Dengan adanya informasi ini semoga bisa membantu memberikan gambaran bagi anda terutama yang ingin kuliah di IAIN Mataram.

http://www.infopmb.com/

IAIN Mataram adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia. IAIN Mataram Jl. Pendidikan, Dasan Agung Baru, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Pada saat ini, IAIN Mataram telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini :

Program Studi Jenjang S1 dan Diploma
  • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi), Pendidikan Matematika, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Ekonomi), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Fisika, Tadris Kimia, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Mu'amalah, Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah, Ekonomi Syari'ah, Komunikasi Penyiaran Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Bimbingan Konseling Islam, Sosiologi Agama, Ilmu Falak, Perbankan Syari'ah, Ilmu Al Qur'an & Tafsir.
Program Studi Jenjang S2
  • S2 Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah, S2 Pendidikan Agama Islam

Dari sejumlah program studi yang ada di IAIN Mataram tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Mataram lalu pilih program studi tersebut.

Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Mataram. Berikut informasinya untuk anda.

A. Pendaftaran IAIN Mataram Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-sisiwi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini dan berkeinginan untuk kuliah di PTKIN yang ada di Indonesia. Salah satunya yaitu IAIN Mataram.

Proses pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa berprestasinya ke PDSS SPAN-PTKIN. Kemudian siswa melanjutkan proses pendaftaran dengan login SPAN-PTKIN ke www.span-ptkin.ac.id menggunakan username dan password dari Kepala Sekolah.

Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, dan lain-lain dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

B. Pendaftaran IAIN Mataram Jalur UM-PTKIN

Jalur berikutnya yang dibuka oleh IAIN Mataram yaitu jalur UM-PTKIN. Jalur UM-PTKIN seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Untuk bisa login, maka anda harus membayar biaya pendaftaran di Bank kemudian akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login ke alamat di atas untuk mengisi biodata pendaftaran.

Cara pendaftaran, biaya, jadwal, persyaratan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

C. Pendaftaran IAIN Mataram Jalur Mandiri

Selain membuka jalur seleksi nasional (UM-PTKIN dan SPAN-PTKIN), IAIN Mataram juga membuka jalur seleksi mandiri.

Jalur seleksi mandiri ini diselenggarakan secara langsung oleh panitia IAIN Mataram untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui tes tertulis.

Syarat Pendaftaran
  1. Program S.1 (reguler) : Lulusan SMU/SMK/MA atau yang sederajat.
  2. Program S.1 (transfer) : Lulusan D.2 atau D.3 yang sederajat.
  3. Membayar biaya pendaftaran
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran yang dilengkapi dengan : 
    • Fotokopi Ijazah dan Danum SMTA/Surat Keterangan Lulus dari Sekolah(SKL) yang telah dilegalisir (1 lembar). 
    • Pas Foto berwarna 3x3 (2 lembar). 
    • Fotokopi Ijazah dan transkrip D.2/D.3 (1 lembar) (bagi program S.1 Transfer). 
    • Bagi calon pendaftar yang tidak lulus UAN, dapat mendaftar jika sudah mempunyai ijazah Paket C

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi data pendaftaran di alamat http://siakad.iainmataram.ac.id/pmb . Pertama, buka alamat tersebut, lalu pilih menu "daftar PMB" , lalu isi biodata pendaftaran secara lengkap dan benar. Informasi lainnya dapat dibaca melalui lamat tersebut.

D. Pendaftaran Bidikmisi IAIN Mataram

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secaraekonomi yang berkeinginan untuk kuliah di IAIN Mataram, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut Bidikmisi.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Membaca dan mengisi formulir pendaftaran melalui website iainmataram.ac.id
  2. Photocopy SKHU yang dilegalisir 1 lembar
  3. Photocopy  Raport dari kelas 1 s/d 3 dilegalisir
  4. Surat Keterangan prestasi rangking I s/d III sejak kelas 1 s/d  kelas 3 dari kepala sekolah masing-masing
  5. Pasphoto 3×4 sebanyak 4 lembar
  6. Foto rumah tempat tinggal 4 lembar (tampak depan, belakang, kiri dan kanan) ukuran 3R
  7. Surat keterangan tidak mampu dari kepala desa/lurah
  8. Rekening listrik 2 bulan terakhir
  9. hotocopy Kartu Keluarga
  10. Lulusan MA/SMA sederajat tahun ini

Semua berkas persyaratan diikumpulkan di bagian Akademik Rektorat pada saat jam kerja. Untuk informasi lainnya dapat anda tanyakan pada Bagian Akademik Kemahasiswaan IAIN Mataram.

Baca Juga : Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Mataram

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, maka IAIN Mataram bisa menjadi salah satu alternatif pilihan anda. Informasi pendaftaran selengkapnya dapat anda baca melalui alamat www2.iainmataram.ac.id atau pascasarjana.iainmataram.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Mataram yang dapat anda pilih. Silahkan anda pilih salah satu dari beberapa jalur seleksi yang ada tersebut.

Untuk informasi yang belum disampaikan disini maka dapata anda lihat langsung di website resmi IAIN Mataram di alamat iainmataram.ac.id . Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di alamat web tersebut.

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran IAIN Mataram yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat menambah referensi untuk anda semua. Semoga proses pendaftaran yang anda lakukan dapat berjalan lancar.