Pendaftaran UPN Veteran Jakarta 2018/2019

penmaru.upnvj.ac.id 2018 -- PMB UPN Veteran Jakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta, Pendaftaran UPN Veteran Jakarta Online, Pendaftaran Online UPN Veteran Jakarta, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta, Info Pendaftaran UPN Veteran Jakarta, Panduan Pendaftaran UPN Veteran Jakarta, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UPN Veteran Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin kan memberikan informasi tentang Pendaftaran UPN Veteran Jakarta 2018/2019. Informasi ini ditujukan utamanya bisa anda yang ingin kuliah di UPN Veteran Jakarta. Informasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Kota Jakarta adalah kota terbesar di Indonesia yang merupakan Ibu kota Negera Republik Indonesia. Di Jakarta banyak sekali berdiri Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta yang termasuk dalam jajaran Perguruan Tinggi ternama. Salah satu Perguruan Tinggi ternama yang ada di Jakarta yang akan kita bahas kali ini yaitu UPN Veteran Jakarta.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta atau yang disingkat dengan UPNVJ atau UPN Veteran Jakarta adalah salah satu Universitas Negeri yang berada di Jakarta, tepatnya di Jl. RS. Fatmawati, Pondok Labu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

Sekilas sejarah berdirinya UPN Veteran Jakarta yaitu UPN Veteran Jakarta telah didirikan pada tanggal 21 Februari 1967 sebagai Universitas Kedinasan milik Dephankam RI, kemudian pada tahun 1994 statusnya berubah menjadi Universitas Swasta, dan pada 6 Oktober 2014 UPN Veteran Jakarta berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan Peraturan Presiden Nomor 120.

Fakultas dan Program studi yang telah ada di UPN Veteran Jakarta adalah sebagai berikut :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Keuangan Perbankan D-III, Akuntansi D-III, Akuntansi S-1, dan Manajemen S-1.
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Teknik Industri S-1, Teknik Perkapalan S-1, dan Teknik Mesin S-1
  • Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari program studi Sistem Informasi D-III, Sistem Informasi S-1, dan dan Teknik Informatika S-1
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi Ilmu Komunikasi S-1, dan Hubungan Internasional S-1,
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum S-1
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Kedokteran Umum S-1, dan Profesi Dokter
  • Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan terdiri dari program studi Keperawatan D-III, Fisioterapi D-III, Keperawatan S-1, Kesehatan Masyarakat S-1, Ilmu Gizi S-1, dan Profesi Ners
  • Fakultas Pasca Sarjana terdiri dari program studi Manajemen S-2, dan Ilmu Hukum S-2

Dari beberapa program studi yang ada di UPN Veteran Jakarta, mungkin salah satunya ada yang anda minati, untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UPN Veteran Jakarta.

Pada saat anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta, maka anda harus mengetahui informasi penting yaitu jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta.

Pada tahun ini, UPN Veteran Jakarta telah membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan juga jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka oleh UPN Veteran Jakarta terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Informasi selengkapnya mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta, baik jalur nasional ataupun jalur mandiri dapat anda simak selengkapnya berikut ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselengarakan oleh Pemerintah. Jalur nasional ini terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Jalur SNMPTN dikenal dengan sebutan jalur seleksi undangan yang biaya seleksinya gratis, dan jalur SBMPTN dikenal dengan sebutan jalur tertulis yang biaya seleksinya ditanggung oleh peserta.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke PTN yang ada di Indonesia dimana jalur ini hany diperuntukkan bagi siswa berprestasi.

Seleksi didasarkan pada prestasi-prestasi siswa yang dilihat dari nilai report, nilai UN, portofolio, dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui 2 tahapan. tahap pertama yaitu pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa melali alamat pdss.snmptn.ac.id. Tahap berikutnya yaitu Pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat www.snmptn.ac.id , selengkapnya baca disini.

Informasi berupa panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan.

Untuk peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan diri atas rekomendasi Kepala Sekolah untuk mengikuti seleksi Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN

SNMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian soal (CBT/PBT) yang diikuti oleh semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa yang memilih program studi bidang Seni atau Keolahragaan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online oleh calon peserta melalui alamat berikut : pendaftaran.sbmptn.ac.id. Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan hal penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online.

Untuk peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara finansial, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Bidikmisi. Peserta harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk bisa mendaftar Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi

UPN Veteran Jakarta merupakan salah satu Universitas Negeri yang menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Calon peserta Bidikmisi harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah untuk mendaftar Bidikmisi. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya peserta dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id . Selengkapnya baca disini 

Bidikmisi yang bisa diikuti di UPN Veteran Jakarta yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, serta Bidikmisi jalur mandiri jika dibuka.

Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta Jalur Mandiri

Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional, UPN Veteran Jakarta juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri.

Jalur seleksi mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola secara langsung oleh Universitas yang bersangkutan, dalam hal ini yaitu UPN Veteran Jakarta.

Jalur mandiri UPN Veteran Jakarta dikenal dengan nama SMMPTN. Seleksi jalur SMMPTN dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Jalur SMMPTN ini dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana. Untuk penerimaan program Pascasarjana dilakukan tersendiri. Berikut tata cara pendaftaran jalur SMMPTN.

Tata Cara Pendaftaran Jalur SMMPTN / Jalur Mandiri UPN Veteran Jakarta
  1. Calon peserta mempersiapkan identitas KTP/SIM/Kartu Pelajar dan Kartu Keluarga.
  2. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran secara online melalui : penmaru.upnvj.ac.id 
  3. Menginput biodata lengkap sesuai yang formulir pendaftaran online yang tersedia
  4. Setelah selesai menginput data anda, maka akan mendapat Nomor Formulir Pendaftaran dan Password (harap dicatat)
  5. Selanjutnya membayar biaya pendaftaran ke Bank BNI, dengan cara menunjukkan nomor Formulir Pendaftaran yang didapat pada saat mendaftar.
  6. Setelah membayar, kemudian Login Camaru melalui penmaru.upnvj.ac.id menggunakan Nomor Pendaftaran dan Password.
  7. Lakukan upload Foto ukuran 4x6 berwarna dan mencetak kartu ujian

Itulah tata cara pendaftaran jalur mandiri UPN Veteran Jakarta yang dapat anda ikuti. Selanjunya akan dijelaskan masing-masing jalur pendaftaran jalur mandiri.

1. Pendaftaran Program Diploma UPN Veteran Jakarta

Bagi anda yang ingin masuk ke UPN Veteran Jakarta untuk program Diploma III, maka anda bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SM PTN program Diploma. Pendaftaran biasanya dibuka untuk 2 gelombang.

2. Pendaftaran Program Sarjana UPN Veteran Jakarta

Penerimaan mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta selain dilakukan melalui jalur seleksi nasional juga dilakukan melalui jalur SMMPTN. Bagi anda yng telah mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN tetapi telah dinyatakan tidak lulus seleksi, maka anda dapat kembali mendaftarkan diri dengan mengikuti seleksi jalur SMMPTN jenjang Sarjana.

3. Pendaftaran Program Pascasarjana UPN Veteran Jakarta

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UPN Veteran Jakarta juga menerima mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana melalui jalur mandiri. Bagi anda yang berminat kuliah jenjang Pascasarjana di UPN Veteran Jakarta, silahkan daftarkan diri anda.

Penting!!!
Informasi lebih lanjut mengenai Pendaftaran jalur mandiri UPN Veteran Jakarta selengkapnya dapat anda baca di alamat penmaru.upnvj.ac.id dan untuk penerimaan program Pascasarjana dapat anda lihat di pasca.upnvj.ac.id


Dari beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UPN Veteran Jakarta, pilihlah salah satu dengan tepat agar bisa membuat anda lulus seleksi. Jangan lupa untuk belajar dan berdoa agar keingnan anda untuk lulus seleksi bisa terwujudkan.


Itulah informasi mengenai Pendaftaran UPN Veteran Jakarta. Untuk informasi lain yang dibutuhkan silahkan kunjungi alamat web berikut penmaru.upnvj.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Baca Juga :



Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UPN Veteran Jakarta. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua terutama yang ingin kuliah di UPN Veteran Jakarta.

Admn turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang telah meluargkan waktu untuk membaca artikel disini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk semua. Ayo sukai halaman web kami dan turut berbagi (G+1) / share (FB) pada teman anda yang membutuhkan.